Trend meluruskan rambut menggunakan metode smoothing saat ini memang menjadi pilihan terbanyak untuk meluruskan rambut selain rebonding.

Jika rebonding menggunakan proses pelurusan dengan di catok dua kali, smoothing hanya menggunakan tangan sebagai upaya meluruskan rambut. Maka cara ini lebih aman dan lebih menjaga kondisi rambut.

Tidak heran jika banyak wanita yang beralih menggunakan metode smoothing untuk menjaga kesehatan rambutnya.

Meski cara tersebut lebih aman, tetap harus ada perawatannya agar rambut tetap terjaga. Nah, kamu harus tahu bagaimana merawat rambut smoothing agar tetap terjaga. Berikut ulasannya :

1Hindari Keramas Setelah Smoothing

www.zwitsal.co.id

Setelah melakukan smoothing, biarkan rambut agar tidak terkena air kurang lebih selama tiga hari. Kamu tidak perlu keramas saat mandi. Hal ini dilakukan agar rambut mengembang dan menghilangkan efek obat pelurus yang digunakan saat smoothing.

2Biarkan Rambut Mengering Secara Alami

kuherbal.com

Setelah mencuci rambut, kamu tidak perlu mengeringkannya secara terburu-buru. Biarkan rambut mu mengering secara alami agar kelembabannya terjaga. Menjauhkan hairdryer dari rambut kamu adalah salah satu cara merawat rambut smoothing agar tetap sehat dan aman.

3Hindari Mengikat Rambut

rumahrajutan.com

Kebiasaan mengikat rambut akan meninggalkan bekas yang tidak bagus pada rambut. Ini juga menjadi salah satu faktor rambut sering mengalami masalah patah-patah. Minimalkan mengikat rambut mulai sekarang, karena ia juga membuat rambut mengembang tanpa sadar.

4Menggunakan Sarung Bantal Bahan Satin atau Sutra

id.aliexpress.com

Ketika tidur rambut akan sering bergesekan dengan bantal. Mulai saat ini gunakanlah sarung bantal yang berbahan satin atau sutra. Bahan satin atau sutra akan mengurangi kusut pada rambut saat tidur. Bonus untuk kamu, bahan satin atau sutra juga dapat mencegah keriput pada kulit.

Wah, sambil menyelam minum air dong! Hehe.

5Menggunakan Masker Rambut

www.sukawera.com

Setelah 3 hari maka kamu sudah bisa keramas, untuk itu cobalah melakukan perawatan terhadap rambut mu. Kamu bisa menggunakan masker khusus rambut.

Hal ini dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak rontok dan tetap lembab serta dapat memberikan nutrisi dan vitamin agar rambut tetap awet.

6Gunakan Lidah Buaya

www.1000macammanfaat.com

Jeli lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut. Lidah buaya memang sudah sangat terkenal dengan khasiatnya dalam perawatan rambut agar tetap sehat dan indah alami.

Melakukan pengolesan jeli lidah buaya pada rambut secara rutin akan membantu mu dalam merawat rambut smoothing agar tetap sehat.

7Menggunakan Sisir Bergigi Lebar

laatansamart.com

Sisir yang mempunyai gigi lebar atau jarang akan membantu merapikan rambut tanpa membuatnya menjadi kering dan ikut rontok saat disisir.

Beralihlah pada siri bergigi lebar atau jarang agar rambut smoothingmu tetap terjaga dan aman.

8Jangan Langsung Membersihkan Rambut Menggunakan Shampo

id.aliexpress.com

Ini adalah hal yang paling penting. Kamu tidak boleh melupakan tips yang satu ini.

Pantangan bagi rambut smoothing adalah membersihkannya menggunakan shampo. Ini berlaku hanya di hari pertama hingga hari ketiga pasca smoothing. Ini akan menyebabkan rambut mengembang serta lunturnya obat pelurus yang ada pada rambut.

9Hindari Pewarna Rambut

truebeautysalonspa.ca

Ini juga adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Hindari mewarnai rambut saat kondisi rambut sedang smoothing. Jika ingin melakukannya, maka lakukanlah minimal 3 bulan setelah kamu melakukan smoothing.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan tentang bagaimana merawat rambut smoothing agar tetap terjaga dan sehat alami. Kamu bisa mencobanya dirumah. Bagaimana? Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba ya.

SHARE