Rambut kerap dijuluki mahkota wanita. Keindahan rambut sebagai nikmat dari Tuhan harus dijaga sebaik-baiknya. Selain sebagai estetika, menjaga rambut juga sama saja menjaga kesehatan tubuh.

Rambut yang tidak terawat akan menimbulkan penyakit terutama di bagian kepala. Jika tidak diatasi dengan baik bukan tak mungkin akan menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Selain itu sebagai penunjang penampilan, rambut harus sehat. Rambut kusam tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri. Apalagi jika sudah berpenyakit. Selain sakit fisik, sakit piskis berupa stress juga bisa menyerang.

Agar terus bisa beryukur atas nikmat Tuhan dalam keindahan rambut, ada baiknya kita melakukan perawatan. Namanya perawatan itu ya macam-macam sich, jika rambut sedang tidak sehat tentu harus diperbaiki, rambut sehat pun juga harus dijaga.

Di bawah ini ada beberapa perawatan rambut, mulai dari rambut yang sehat, rambut kurang sehat sampai rambut yang keriting, perlu kamu tahu ya, bahwa perawatan rambut yang berbeda keadaanya tentu beda pula perawatannya, yuuk sama-sama kita bahas .

1Cara Merawat Rambut Sehat

wanita.merahputih.com

Yup, jangan salah ya, jangan dikira rambut sehat tidak perlu perawatan, justru rambut yang sudah sehat itu perlu sekali perawatan, karena sayang banget kan kalau sudah sehat, tidak dirawat akhirnya rontok atau bermasalah, secara membuat rambut sehat itu kadang juga tidak mudah.

Potong Ujung Rambut Sebulan Sekali

Rambut akan terus tumbuh jika dirawat dengan baik. Agar pertumbuhannya sehat, rutinlah memotong ujung rambut minimal sebulan sekali. Beberapa pakar lain menyarankan 6-8 minggu sekali.

Ujung rambut yang dipotong akan tumbuh sehat dan tidak bercabang. Memotong ujung rambut berbeda dengan potong rambut demi penampilan. Memotong ujung rambut lebih bersifat perawatan kesehatan.

Cukup potong setiap ujung yang nampak bercabang dan kering. Agar nanti pertumbuhannya jadi lebih bagus dari sebelumnya.

Konsumsi Air Putih

Sudah banyak diketahui jika air putih memiliki khasiat yang banyak. Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Termasuk yang memerlukan asupan agar tidak kering adalah rambut.

Dengan kondisi tubuh yang tidak dehidrasi maka kebutuhan air untuk kesegaran dan pertumbuhan rambut akan terpenuhi. Minum air putih yang cukup juga akan berdampak bagi wajah yang kencang dan segar.

Sehingga air putih bukan hanya menghilangkan haus semata namun juga berfungsi untuk perawatan tubuh.

Perhatikan Makanan

Selain air putih, kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi. Jika ingin rambut kamu berkilau dan bagus, maka perbanyaklah konsumsi protein.

Protein bisa didapatkan dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Sementara untuk nutrisi lain yang diperlukan rambut, kamu bisa mengonsumsi buah-buaha dan sayuran yang beraneka warna.

Hindari gaya hidup yang suka merokok, minum alkohol, makan junkfood yang berdampak buruk bagi tubuh. Rambut sebagai bagian dari tubuh yang cukup sensitif, bisa terkena imbas buruk makanan tersebut.

Hindari Kondisi Panas

Kondisi panas yang dialami rambut bisa disebabkan beberapa hal. Dalam perawatan sering kita menggunakan alat-alat seperti catok, hairdryer yang menghantarkan panas.

Sebisa mungkin untuk alat-alat perawatan tersebut tidak rutin digunakan. Panas yang berlebih justru akan membuat rambut mati dan kering.

Sementara saat panas dari matahari, jangan terlalu sering terkena khususnya pada siang hari yang terik.

Gunakan payung atau topi. Bagi pengguna topi pun harus hati-hati. Jangan terlalu lama menggunakan penutup rambut karena rambut bisa rusak.

Bersihkan Dua Hari Sekali

Rambut yang sering terpapar kotoran, polusi udara dan pengap saat mengenakan topi atau helm harus dibersihkan. Jika tidak rambut akan penuh kotoran yang menyebabkan rambut kusam.

Pada akhirnya rambut yang kotor akan menjadi sarang kutu rambut, ketombe dan kering. Jadi mencuci rambut adalah kewajiban. Lakukan minimal dua hari sekali. Jika dibersihkan secara teratur, rambut akan segar dan bersih.

Namun ingat, jangan sampai terlalu sering mencuci rambut. Jangan setiap mandi, selalu keramas. Hal ini justru tidak sehat. Pasalnya, minyak alami yang diproduksi rambut tidak akan keluar. Jika tidak ada pasokan minyak rambut, rambut dan kulit kepala akan kering.

Disarankan juga memilih shampo yang tepat bagi rambut kamu. Karena tiap orang kondisi rambutnya berbeda-beda. Usahakan memilih shampo yang aman yang terbuat dari bahan-bahan alami.

2Cara Merawat Rambut Rontok

cosmopolitan.co.id

Berikutnya adalah cara merawat rambut rontok, bagi kamu yang sering rontok rambutnya, sayang banget ya, yuuk disimak.

Tehnik Menyisir Harus Benar

Sudah tentu bagi siapapun yang mempunyai rambut agak panjang terutama pawa wanita, menyisir rambut adalah pekerjaan dan mungkin menjadi kebutuhan setiap hari.

Bagi kamu yang rambutnya mudah rontok, kamu harus hati-hati dalam menyisir rambut kamu, menyisir rambut yang mudah rontok perlu dengan pola, tidak bisa sembarangan yang akhirnya malah menambah rontoknya rambut.

Pada saat menyisir lakukan gerakan menyisir dari bagian bawah rambut terlebih dahulu lalu bagian atas, hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kerontokan akibat rambut kusut.

Tahukan kamu? sisir yang terbuat dari bahan plastik dapat menghantarkan listrik statis? hal ini akan membuat rambut kamu rusak. Maka dari itu, hindari menggunakan sisir bergigi berbahan plastik.

Jangan Sering Ganti Shampoo

Yup, betul sekali, salah satu faktor rambut mudah rontok adalah sering ganti shampoo atau tidak cocok dengan shampoo berbahan kimia. Pilihkan satu shampoo yang sudah terjamin kualitasnya, jika dirasa sudah nyaman kamu bisa meneruskannya dan jangan coba-coba ganti shampoo yang lain.

Membuat Shampo Alami

Salah satu cara alternatif jika kamu tidak cocok dengan shampoo kimia kamu bisa buat shampoo yang alami guys, shampoo alami ini jelas bagus untuk rambut, tidak ada efek samping dan tentu saja harganya terjangkau.

Hanya saja kamu harus merelakan waktu untuk membuat sendiri di rumah, mungkin di sela-sela waktu kamu atau mungkin saat malam menjelang tidur. Ada beberapa shampoo alami buatan sendiri yang recomended untuk rambut kamu.

Lidah Buaya dan Alpukat

Yup, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk rambut dan dengan ditambah alpukat, akan membuat rambut kamu yang mudah rontok akan segera pulih dan kuat.

Tentu kedua bahan ini merupakan bahan yang mudah didapatkan , selain harganya murah, bahkan bisa menanam sendiri dirumah.

Caranya cukup mudah, bisa kamu coba di rumah, yaitu ambil daging lidah buaya dan hancurkan bersamaan dengan buah alpukat, lalu oleskan ke rambut kamu. Lakukan seperti melalukan keramas biasa. Untuk hasil yang maksimal lakuan treatment ini sebanyak 2-3 minggu sekali.

Jus Seledri

Yup, seledri merupakan bahan alami yang perlu kamu coba guys, selain murah harganya dan mudah sekali mendapatkannya.

Daun seledri sangat bagus sebagai salah satu cara merawat rambut agar lembut. Caranya pun cukup mudah, buat jus daun seledri lalu diamkan selama semalam, kamu bisa taruh jus daun seledri di dalam botol.

Keesokan paginya oleskan jus tersebut ke rambut kamu secara merata dan diamkan sekitar 10-15 menit selanjutnya bilas hingga bersih. Cara ini bisa kamu lakukan seminggu 2 kali atau sesuai kebutuhan.

Jus Lemon

Sudah sering kali ya guys, lemon ini sudah menjadi salah satu bahan yang dikonsumsi banyak orang, secara lemon memang segar dan menyehatkan. Yang tidak banyak orang ketahui itu lemon ternyata juga bisa memperbaiki rambut kita yang kusam atau rontok.

Jus lemon bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut yang kusam. Caranya setelah melakukan membilaskan terakhir saat keramas, aplikasi jus lemon pada rambut kamu diamkan sekitar 5-10 menit bilas kembali rambut kamu hingga bersih.

Memamg mungkin agak bagaimana gitu ya rasanya, tapi jika kamu ingin mencoba juga tidka salah kok, manfaatnya pasti akan kamu dapatkan.

Minyak Almond

Yup, minyak almond ini bermanfaat bagi rambut kamu yang mudah rontok atau patah, biasanya penyebab rambut mudah rontok dan patah itu karena rambut kering dan kusam, kondisi itu dikarenakan kurangnya vitamin pada rambut, nah minyak almond ini bisa dijadikan vitamin untuk rambut kamu.

Caranya sangat sederhana, tuangkan minyak almond kedalam mangkuk setelah itu panaskan selama kurang lebih 40 menit, lalu aplikasikan kepada rambut kamu secara merata. Diamkan selama 15-30 menit langkah selanjutnya bilas rambut kamu hingga bisa menggunakan shampo dan conditoner bisa kamu lakukan.

Lakukan itu secara rutin, paling tidak 3 hari sekali agar rambut kamu yang kurang sehat itu segera sehat.

Jus Labu Botol

Bahan berikutnya yang bisa memberi vitamin pada rambut kamu agar tidak mudah rontok atau patah adalah labu. Buat saja jus di rumah saat santai atau di sela-sela waktu.

Ambil beberapa potongan buah labu botol dan blender halus seperti jus. Setelah itu oleskan keseluruh bagian rambut kamu secara merata. Diamkan jus labu botol selama kurang lebih 30 menit agar ramuan jus labu ini meresap kedalam kulit kepala.

Setelah 30 menit bilas rambut kamu hingga bersih dengan air bisa juga kamu menambahkan shampo kepada rambut kamu.

Baking Soda

Bahan berikutnya adalah baking soda, baking soda ini punya banyak manfaat lho, tidak hanya untuk memutihkan gigi dan membuat kue saja, tapi juga bisa bermanfaat bagi rambut kita, apalagi jika rambut sedang kurang sehat.

Caranya larutkan baking soda sebanyak 3 sendok makan ke dalam air lalu gunakan campuran ini untuk membilas rambut kamu. Fungsi banking soda ini adalah untuk mengurangi kandung zat kimia yang berada didalam shampo atau sisa dari produk styling rambut yang kamu lakukan.

Tentu dengan berkurangnya zat kimia yang kurnag baik dalam rambut akan membuat rambut kembali ke sifat atau zat aslinya.

3Cara Merawat Rambut Kering

cantikaku.com

Bagi kamu yang rambutnya kering, jangan khawatir ada cara yang tepat agar rambut kamu menjadi lembab dan indah.

Hindari Keramas Setiap Hari

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan ketika rambut kamu kondisi kering adalah hindari keramas setiap hari, okelah pada prinsipnya keramas itu membersihkan kotoran di kulit kepala dan memberi kesegaran pada rambut.

Tapi perlu kamu tahu ya dengan seringnya keramas, shampoo akan menyerap minyak berlebih bahkan minyak alami pada kulit kepala kamu, sehingga kulit kepala dan rambut dapat terlihat kering dan justru menjadi lebih berminyak dari biasanya karena produksi minyak akan lebih banyak untuk melembabkan kulit kepala yang kering. Ketombe pun dapat mudah terjadi jika kulit kepala kamu kering.

Hindari Pengering Rambut

Berikutnya untuk rambut kamu mending hindari hair dryer atau pengering rambut, memang pengering itu bisa digunakan untuk mengeringkan rambut namun lebih baiknya kamu mengeringkan rambut secara santai dengan handuk kering dan lembut lalu diangin-anginkan sampai kering, baru setelah itu kamu sisir rapi. Jika terpaksa menggunakan hair dryer gunakan dalam posisi tidak terlalu panas.

Pengering rambut memang sangat efektif untuk membantu, terutama bagi kamu  yang beraktivitas di pagi hari dan baru sempat mencuci rambut sebelum pergi. Pengering rambut atau hair dryer dapat menjadi penolong saat kamu sedang terburu-buru di pagi hari, sehingga penggunaannya memang cukup esensial untuk sehari-hari.

Namun tahukah kamu penggunaan pengering rambut yang berlebihan dapat berdampak pada rambut yang kering?

Hal ini karena rambut kamu terpapar oleh panas dari hair dryer, terutama jika berlebihan, dan tidak mendapatkan pelembab apa pun untuk menutrisi kembali rambut yang kering. Jika sudah kering, biasanya akan muncul rambut yang kusam dan kurang berkilau.

Jangan Sering Menggaruk Kepala

Kadang rasanya memang nikmat ya guys, ketika kepala ada yang gatal dan tanpa kita sadari tangan sudah menggaruk-garuk kepala, otomatis rambut juga ikut kegaruk donk.

Usahakan jangan keseringan menggaruk kepala ini ya, soalnya gesekan antara tangan dan kulit kepala akan bikin kulit kepasa mengering, selain itu rambut akan juga kena efek dari garukan tersebut.

Kalau kondisinya rambur lagi sehat ya oke fine sja sich, tapi kalau lagi kurang sehat dan tangan kamu penuh dengan kuman, aduh, bakalan rugi berlipat-lipat, tahan gatalnya, segera keramas aja, itu gatal tandanya kurang lembab atau beberapa hari tidak keramas.

Jangan Tidur dengan Rambut Terikat

Cara berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah ketika rambur kamu kering jangan tidur dengan rambut terikat ya, karena ini akan memperburuk keadaan rambut kamu.

Memang sich rata-rata wanita yang gak betah dengan rambutnya yang panjang, akhirnya tidur dengan rambut diikat, kalau memang tidak tahan, jangan sering-sering ya, paling tidak terikatnya itu pas mengenakan hijab saja, pas tidur di kamr sendiri lepaslah ikatan pada rambut kamu.

Bagi kamu yang berhijab usahakan, jangan seharian penuh mengikat rambut kamu, karena saat dalam keadaan terikat, rambut kamu akan sulit bernapas. Setelah seharian penuh mengikat rambut, jangan sampai rambut kamu pun dalam keadaan terikat saat hendak tidur.

Biarkan rambut kamu bernapas dengan bebas saat tidur, karena rambut dapat terlihat kurang berkilau di pagi hari jika kamu tidur dengan keadaan rambut terikat

4Cara Merawat Rambut Keriting

beritagar.id

Tentu berbeda ya guys, setiap rambut yang berbeda jenisnya tentu berbeda pula cara perawatannya, apalagi bagi para pria yang rambutnya keriting, haduh perlu perawatan khusus agar gak terlihat amburadul.

Berikut cara perawatan yang bisa kamu lakukan bagi kamu yang khususnya yang rambutnya keriting.

Menjaga Kelembapan Rambut

Yup, yang pertama yang harus kamu lakukan jika rambut kamu keriting adalah menjaga kelembapannya, kenapa? Secara rambut keriting itu biasanya tebal banget rambutnya, jarang banget ada yang rambutnya tipis, rambut keriting itu kalau tidak lembab akan terlihat kusam daripada rambut biasa dan pastinya susah diatur atau disisir, secara keriting itu seperti akar, menjalar sendiri tanpa harus diatur.

Nah untuk menjaga kelembapannya kamu  dapat mengaplikasikan kondisioner sehabis keramas, atau menggunakan vitamin rambut saat rambut masih dalam keadaan basah. Gunakan secukupnya saja, jika sudah cukup ya sudah jangan terlalu banyak.

Selain itu, kamu pun dapat menggunakan jelly, pelembab rambut, atau gel rambut untuk melembabkan sekaligus menata rambut agar lebih mudah diatur dan terlihat rapi.

Jika kamu lagi malas kamu juga dapat menggunakan sentuhan air biasa untuk cara yang lebih praktis, paling tidak air akan beri kelembapan sementara.

Cari Gaya Rambut yang Sesuai

Yup berikutnya untuk kamu yang berambur keriting tentu harus siap-siap untuk menata rambut ya atau bisa disebut memilih gaya rambut yang sesuai, tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa rambut keriting ini biasanya gayanya begitu-begitu saja, tapi coba dech diatur dengan gaya yang lebih elegan, pasti terlihat lebih baik.

Memilih gaya rambut untukrambut keriting ini juga penting lho, jangan salah ya, karean jika dibiarkan atau tidak dibentuk rambut keriting ketika panjang akan terlihat semrawaut atau terkesan tidak dirawat

Untuk gaya rambut keriting kamu bisa cari di internet yang banyak banget, sesuaikan dengan bentuk kepala kamu ya.

Rekomendasinya pilihlah gaya rambut yang rapi dan ringkas, seperti controlled chaos yang memangkas bagian samping untuk menjadi lebih pendek dibanding bagian atas. Dengan gaya rambut ini, kamu dapat menonjolkan kesan seksi sekaligus elegan dari rambut keriting kamu

5Cara Merawat Rambut Bercabang

csdnews.com

Yup, guys berikutnya setelah kita bahas beberapa jenis cara merawat rambut sekarang yang terakhir adalah cara merawat rambut yang bercabang.

Rambut kering, kusam dan akhirnya bercabang biasanya dikarenakan seringnya ganti semir rambut, semir rambut ini mengandung bahan kimia yang efeknya kurang baik bagi rambut kamu. Maka dari itu mewarnai rambut memang sebaiknya jangan dilakukan.

Keadaan ini menjadi sangat tidak nyaman dan tentunya juga kurang sehat ya, terlebih saat kamu merasakan tekstur rambut yang cenderung kering akibat banyaknya cabang pada rambut, haduh rasanya pengen motong rambut saja dech.

Ada beberapa cara merawat rambut bercabang sehingga kamu tidak perlu repot-repot potong rambut kesayangan kamu  diantaranya adalah dengan

Hindari Sisir yang Rapat

Yup, hal yang pertama untuk kamu yang punya rambut bercabang adalah hindari sisir yang terlalu rapat, karena sisir yang terlalu rapat akan membuat kamu kesulitan saat menyisir rambut.

Secara sisir rambut rapat itu kecil sekali dan rambut kamu yang bercabang butuh ruang yang banyak, jadi gak sepadan, jika kamu paksakan selain berat saat menyisir, akan terasa sakit di kepala akhirnya timbullah kerontokan rambut, sayang banget kan rambut jadi rontok.

Jangan Gosok Saat Keramas

Ini musti kamu perhatikan ya guys, ketika rambut kamu bercabang saat kamu keramas jangan gosok rambut kamu ya, karena itu justru akan merusak rambut kamu. Hal itu juga berlaku setelah selesai keramas.

Setelah selsai keramas sebaiknya keringkan secara alami saja, jangan memakai pengering rambut, lebih baik lagi gunakan jari untuk merapikannya atau dengan sisir yang tidak terlalu rapat.

Terapi dengan Nutrisi dan Kondisioner

Rambut yang bercabang bisa kemabli ke sedia kala asalkan kamu mau terapi dengan rajin, yaitu sering-seringlah mengkonsumsi buah segar dan banyak air mineral, karena kandungan vitamin A, C, dan E nya berguna untuk menjaga keadaan rambut agar tetap sehat.

Rambut bercabang juga bisa diterapi dengan pemakaian kondisioner setelah keramas secara teratur. Kondisioner memiliki kandungan pelembab yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan kusam.

Rajin Merapikan Rambut

Yup, tentu dong bagi kamu yang rambutnya bercabang harus benar-benar serius dan memperhatikan perkembangan rambut, jika rambut acak-acak kan segera rapikan ya, jangan dibiarkan acak-acakan, karena ketika rambut kamu semakin panjang tentu akan memperburuk penampilan kamu.

Potonglah paling tidak 3 bulan sekali untuk secara keseluruhan dan potong 2 bulan sekali ujung-ujungnya yang bercabang, agar ketika nanti tumbuh tidak bercabang lagi.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Dalam merawat rambut bercabang juga sebaiknya hindari sinar matahari yang terlalu panas, boleh untuk beberapa menit saja tapi jang terlalu lama, kalau pun mengharuskan kamu lama kena sinar matahari sebaiknya gunakan pelembab atau kondisioner.

Jangan Sering Ganti Shampoo

Pasti yang ini sudah menjadi pokok ya guys, rambut dalam keadaan apapun tidak diperbolehkan untuk sering ganti shampo, apalagi dengan keadaan rambut kamu yang bercabang tentu akan bikin tambah rusak jika sering ganti shampoo.

6Tambahan Cara Smoothing Sendiri

tariksaja.blogspot.com

Ini merupakan salah satu cara moderen dalam merawat rambut sehat agar terlihat lebih menawan, begini caranya.

Pertama

Langkah pertama untuk melakukan smoothing rambut adalah keramas menggunakan shampoo (tanpa kondisioner) agar rambut kamu bersih. Kemudian keringkan rambut, kamu dapat menggunakan hair dryer agar rambut tidak terlalu basah. Namun alangkah baiknya jika biarkan rambut kering secara alami. Penggunaan hair dryer akan membuat rambut kamu menjadi rusak dan kering.

Kedua

Setelah rambut kamu kering kira-kira 80 % , bagilah rambut kamu menjadi beberapa buah bagian. Saat membagi dapat sesuai dengan selera masing-masing. Kamu dapat membagi menjadi 2 bagian, 3 bagian, 4 bagian atau yang lain.

Ketiga

Ambillah satu bagian rambut yang telah kamu bagi tadi dengan menggunakan ujung sisir flet sekitar 3 mm. Setelah itu kamu oleskan smoothing cream yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Oleskan smoothing cream ini dengan jarak sekitar 1 cm dari pangkal rambut kamu. Waktu yang digunakan untuk melakukan pengolesan ini biasanya selama 20 menit. Atau sesuaikan dengan panjang dan pendeknya rambut yang kamu miliki.

Perhatian saat mengoleskan smoothing cream, jangan sampai smoothing cream mengenai kulit kepala kamu, karena akan menimbulkan efek gatal dan perih pada kulit kepala.

Oleh sebab itu lakukan secara hati-hati atau kamu juga dapat meminta bantuan orang lain atau teman kamu untuk mengoleskan smoothing cream ini. Setelah smoothing cream teroleskan secara menyeluruh, diamkan selama 20 menit.

Keempat

Sekarang saatnya mengecek apakah proses smoothing telah selesai atau belum. Caranya ikat rambut kamu atau gulung rambut kamu, jika simpulnya tidak longgar makaproses smoothing yang telah kamu lakukan sudah selesai.

Namun jika saat mengikat simpulnya longgar menandakan proses smoothing rambut yang kamu lakukan belum selesai.

Kelima

Setelah proses smoothing rambut kamu selesai (tidak longgar), cucilah rambut kamu kembali dengan memakai air hangat. Namun jika kamu menginginkan air dingin tidak masalah, gunakanlah shampoo saat mencucinya. Setelah selesai mencuci rambut, keringkan kembali rambut basah anda menggunakan hair dryer.

Setelah kering, lakukan pencatokan rambut. Sebelum rambut di catok, bagilah rambut kamu menjadi 4 bagian. Cara mencatok dapat sesuai selera kamu, pastikan suhu alat catok sekitar 180 sampai dengan 200 derajat Celcius. Dan sebelum di catok jangan lupa kamu semprotkan anti frizz. Setelah selesai mencatok, biasanya rambut yang kamu miliki akan terlihat tipis.

Keenam

Langkah terakhir adalah mengoleskan cream neutralizer dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu cuci kembali rambut kamu. Keringkanlah menggunakan hair dryer hingga benar-benar kering. Selamat smoothing rambut yang kamu lakukan di rumah telah selesai.

Yup, itulah beberapa cara merawat rambut kamu yang menjadi mahkota dalam hidupmu, semoga bermanfaat ya

SHARE