Apakah kamu mengalami wajah berminyak? Memiliki wajah yang berminyak tentu sangat membuat tidak nyaman. Aktivitas sehari-hari di bawah sinar matahari dapat memicu wajah semakin kusam dan berminyak.

Siapapun, baik pria maupun wanita pasti mengiginkan wajah yang bersih, mulus tanpa kilap. Namun, minyak di wajah membuat wajah kita tampak berkilap dan kusam. Selain itu, minyak ini dapat membuat debu, kuman, dan bakteri dengan mudanya menempel.

Tahu kah kamu, bakteri di wajah berminyak merupakan salah satu penyebab jerawat jika tidak di atasi dengan cepat.

Memang di sisi lain, terdapat sisi positif bagi pemilik wajah berminyak, karena minyak di wajah dapat membuat kulit wajah elastis sehingga menjaga keremajaan kulit dari tanda-tanda penuaan.

Minyak yang di produksi di wajah akan menjamin kulit tetap sehat, lembab,dan terpelihara kekencangannya. Akan tetapi, kadar minyak harus tetap dijaga agar tidak menimbulkan masalah lain pada kulit wajah.Karena pemilik wajah berminyak rentan terhadap munculnya jerawat.

Munculnya minyak di wajah disebabkan karena  kelenjar yang memproduksi minyak di kulit menghasilkan minyak secara berlebihan.

Selain itu juga terdapat faktor lain yang menyebabkan kulit berminyak, antara lain pola makan yang mengandung lemak, santan, dan minyak yang tinggi. Pemilihan kosmetik yang salah, pola gaya hidup ataupun hormon juga mempengaruhi penyebab wajah berminyak.

Maka dari itu, wajah berminyak memerlukan perawatan khusus. Bagi kamu yang wajahnya berminyak tentu merasa kurang percaya diri ketika tampil di depan umum.

Selain itu juga merasa risih, sebentar-sebentar ingin berkaca dan mengelap wajah. Nah, bagi kamu yang memiliki wajah berminyak, tak perlu khawatir. Berikut terdapat tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat wajah berminyak.

1Membersihkan Wajah Secara Teratur

caramembersihkanwajah.com

Untuk kaumu yang memilikiwajah berminyak rajinlah membersihkan wajah di setiap pagi dan sebelum tidur. Terutama kamu yang memiliki aktivitas padat di luar rumah dan menggunkan make up seharian. Pastikan sebelum tidur wajah kamu bersih, dan bebas make up.

Bersihakan wajah secara menyeluruh sambil beri pijatan ringan. Kamu dapat menggunakan air hangat agar memperlancar peredaran darah di kulit dan dapat menjadi terapi  efektif untuk mengurangi minyak di wajah.

2Gunakan Kertas Minyak Khusus Wajah

www.seeingsunshine.com

Penggunaan kertas minyak ini bermanfaat untuk menghilangkan minyak di wjah tanpa mebuat kulit kamu kering.

Caranya mudah, usapkan kertaas hisap pada bagian wajah yang beminyak selama kurang lebih 20 detik. Minyak di wajahmu akan meresap ke dalam kertas sehingga kulit bebaa kilap.

3Masker Putih Telur

www.pxlfitness.com

Putih telur terbukti sangat bagus untuk kecantikan kulit. Untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah, putih telur dapat diaplikasikan sebagau masker. Caranya pisahkan putih telur dan kuning, amnil putih telurnya.

Kocok putih telurtersebut lalu oleskan ke wajah dan diamkan hingga 15 menit. Putih telur ini dapat mengurangi minyak diwajah yang menjadi penyebab jerawat.

4Daun Seledri

manfaatnyasehat.com

Selain baik untuk kesuburan rambut, ternayata daun seledri dapat membantu masalah wajah berminyak. Cara menggunakan dau seledri cukup mudah, siapakan daun seledri secukupnya, potong kecil-kecil lalu masu an edalam mangkuk.

Rendamlah dengan air mendidih selama 15 sampai 20 menit. Lalu oleskan rendaman daun seledri tadi ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin 3 kali seminggu.

5Masker Pepaya

www.sukawera.com

Pepaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit dan penuaan dini. Pepaya dapat diaplikasikan sebagi masker wajah. Caranya haluskan pepaya matang lalu oleskan secara merata pada kulit wajah dan leher. Diamkan sampai masker kering dan bilas sampai bersih.

Selain untuk mengatsikulit berminyak,kandungan papain dalam pepaya bermanfaaat untuk menghilangkan sel kulit mati, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah alami.

6Jeruk Nipis

femalist.com

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit. Selain bermanfaat dalam mengatasi jerawat, jeruk nipis dapat membantu mangatasi wajah berminyak.

Caranya peraslah jeruk nipis dan campurkan dengan satu sendok makan gula psir dan gosokkan ke wajah lau diamkan dan bilas hingga bersih.

Baiklah, itulah beberapa cara merawat kulit berminyak yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa harus melakukannya ke salon kecantikan. Selain melakukan perawatan dari luar sebaiknya juga menjaga pola makan dan gaya hidup.

Semoga cara tadi bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak yang sedang kamu alami. Selamat mencoba!