Siapapun diantara kamu pasti mendambakan wajah yang bersih terawat. So pasti banget ya guys, secara wajah bersih dan terawat merupakan salah satu ciri pria atau wanita dambaan.

Kini, paras wajah yang cerah bersinar tidak hanya menjadi dambaan kaum perempuan saja lho, para laki-laki pun mulai banyak yang peduli dengan kesehatan dan kebersihan wajah agar selalu terlihat bersih, cerah bersinar.

Memang jaman sekarang penampilan adalah yang utama, jadi wajar banyak sekarang para pria yang melakukan perawatan wajah, mereka tidak hanya datang ke klinik perawatan wajah, tapi banyak juga yang mulai bisa atau tahu cara merawat wajah sendiri.

Sebelum kita bahas tentang bagaimana cara merawat wajah ada baiknya kita tahu tentang jenis kulit, karena ini penting banget lho guys, bagaimana mungkin merawat wajah kalau tidak tahu jenis kulit, gak mungkin kan merawat dengan sembarangan, yang hasilnya pasti tidak maksimal atau malah merusak.

Karena setiap kondisi atau jenis kulit itu berbeda dalam merawatnya, adapun jenis kulit itu yaitu

1Jenis Kulit dan Cara Perawatan Secara Alami

health.kompas.com

 

Kulit berminyak

Jenis kulit yang pertama yang harus kamu tahu adalah jenis kulit berminyak. Kamu pasti pernah tahu ya, kalau ada orang yang wajahnya berkilauan banget, mengkilap seperti ada minyak di wajah gitu, nah itu tandanya jenis kulitnya kulit berminyak.

Jenis kulit berminyak ini ditandai dengan banyaknya cairan keluar di wajah, cairan ini bukan cairan seperti air, hanya seperti minyak menempel di wajah .

Minyak ini akan terlihat sekali ketika seseorang itu aktif beraktivitas di siang hari tapi tidak akan terlihat ketika malam hari.

Cara merawat kulit berminyak ini bisa dengan beberapa bahan alami, dimana perawatan ini mampu menghilangkan atau paling tidak mengurangi minyak yang terdapat di kulit.

Lemon dan jeruk nipis

Perlu kamu tahu ya,bahwa jeruk nipis dan lemon termasuk jenis buah jeruk yang kaya akan senyawa asam. Kandungan asamnya inilah yang dapat meringkas pori, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol keluarnya minyak berlebihan di wajah kamu.

Cara merawat wajah dengan jeruk nipis dan lemon yaitu siapkan 1 buah jeruk nipis atau lemon, sebaiknya pilih satu jenis saja.

Peras kedalam sebuah wadah, kemudian oleskan seluruh bagian wajah yang udah bersih. Lakukan perawatan wajah berminyak ini setiap selesai mandi atau beraktivitas di luar ruangan.

Lakukan secara rutin paling tidak 1 hari sekali agar mendapat hasil yang maksimal.

Dengan buah mentimun

Perawatan kulit berminyak berikutnya bisa dengan mentimun. Yup, mentimun juga diperkaya dengan kandungan vitamin C dan mineral tinggi yang baik untuk merawat muka secara alami.

Khasiat timun untuk wajah antara lain mengontrol minyak berlebih, meringkas pori, menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan masih banyak lagi.

Cara merawat kulit wajah dengan timun secara alami yaitu haluskan mentimun segar yang sudah kamu kupas bersih. Tambahkan sedikit perasan lemon, kemudian oleskan keseluruh bagian wajah hingga merata

Pijat sebentar dengan lembut supaya meresap kemudian diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Lakukan itu secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal, jika kamu ingin cara yang lebih enak, bisa dengan cara makan mentimun secara rutin, cara ini agak lama untuk mendapatkan hasilnya tapi lumayan untuk perubahan dari dalam.

Sebenarnya banyak cara bahan alami lagi untuk merawat kulit atau wajah yang berminyak, tapi kedua bahan di atas, yang paling mudah di cari dan hasilnya juga maksimal.

Kulit kering dan kusam

Jenis kulit berikutnya yang perlu perawatan adalah kulit kusam dan kering, kulit ini termasuk jenis kulit yang banyak tidak disukai banyak orang karena tidak nyaman di kulit tubuh ataupun di wajah.

Jenis kulit ini ditandai dengan kulit terasa kasar, pecah-pecah, dan kadang meradang, tentu itu yang bikin tidak nyaman seseorang untuk beraktifitas, memang sich bisa di atasi dengan pelembab, tapi tidak mungkin kan seterusnya dalam sehari-hari memakai pelembab terus menerus.

Dalam keseharian saat kita kehilangan kelembaban di permukaan kulit, apalagi ketika berada di tempat yang dingin seperti ruangan ber-AC dan pengunungan yang hawa dinginnya cukup membuat kulit berubah.

Kamu tidak perlu terlalu khawatir guys, ada cara untuk mengatasinya kok, cara ini juga menggunakan cara yang alami, jadi aman bagi wajah dan kulit kamu.

Masker madu dan alpukat

Yup, untuk merawat wajah yang kulit nya kering dan kusam bisa menggunakan buah alpukat dan madu.

Alpukat dan madu bisa dibilang merupakan pelembab alami yang dapat merawat kulit kering. Bahkan bila kamu bisa menggunakan secara rutin dan konsisten, wajah kamu akan semakin cerah berseri.

Tidak perlu bingung denga caranya, caranya seperti ini, haluskan daging buah alpukat sebanyak satu cangkir kecil lalu tambahkan madu alami sampai membentuk adonan mirip pasta.

Pastikan wajah dalam keadaan bersih, lalu oleskan merata masker tadi, diamkan kurang lebih 30-60 menit supaya meresap sempurna. Jangan dibilas air hangat, melainkan bilaslah dengan air dingin atau air biasa saja.

Lakukan itu secara teratur dalam sehari minimal 1 kali agar kamu mendapat hasil yang maksimal.

Minyak zaitun dan pisang

Cara berikutnya untuk mengatasi wajah kering dan kusam dapat menggunakan minyak zaitun dan buah pisang.

Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno sebagai bahan yang ampuh untuk merawat kulit secara alami dan pisang merupakan buah yang kaya dengan vitamin dan bagis untuk perawatan kulit. Kombinasikan minyak khas Timur Tengah tersebut dengan buah pisang agar hasilnya semakin mantap.

Begini cara merawat wajah dengan minyak zaitun dan pisang

Siapkan 1 buah pisang jenis apapun bisa dan 3 sendok makan minyak zaitun kemudian haluskan buah pisang tadi, lalu campur dengan minyak zaitun sampai membentuk pasta.

Oleskan merata keseluruh bagian wajah yang sudah dalam keadaan bersih, lalu pijat lembut selama 10-15 detik, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Akhiri dengan membilas memakai air dingin sampai bersih.

Lakukan itu secara rutin, minimal 1 hari sekali agar kamu mendapat hasil yang maksimal.

Kulit berjerawat dan berkomedo

Yang berikutnya jenis kulit yang perlu perawatan adalah kulit berjerawat dan berkomedo. Jenia kulit ini seperti ini merupakan jenis kulit yang sangat tidak disukai oleh wanita.

Secara jerawatan dan komedo memang sangat mengganggu, bikin tidak percaya diri dan tentunya mengurangi kecantikan wajah, apalagi kalau jerawat itu sampai parah, tentu akan bikin minder, malu jika dilihat orang, akhirnya banyak mengganggu aktifitas dan pekerjaan.

Ciri-ciri wajah berjerawat dan berkomedo selain adanya jerawat yang berwarna merah juga ada benjolan-benjolan kecil di area wajah, terutama hidung dan dahi.

Bagi kamu yang mempunyai kulit wajah yang berjerawat dan berkomedo ada cara alami dan recomended yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini.

Putih telur dan madu

Yup, putih telur dan madu merupakan campuran yang oke banget buat wajah kamu, campuran putih telur dan madu bisa menjadi obat jerawat yang paling mujarab.

Campuran keduanya mengandung nutrisi lengkap yang dapat mengusir bakteri dan sel kulit mati penyebab jerawat di wajah, bagi kamu bisa coba dengan cara seperti di bawah ini

Kocok putih telur seperlunya, kemudian campurkan dengan madu.Oleskan merata keseluruh bagian wajah sambil dipijat lembut, jangan terlalu kasar, secara lembut dan pelan saja.

Kemudian kalau sudah diamkan selama kurang lebih 30 menitan supaya meresap. Jika sudah, sekarang bilas dengan memakai air hangat.

Lakukan itu secara rutin, minimal dalam sehari 1 kali agar kamu mendapat hasil yang maksimal.

Pasta gigi

Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berkomedo, gunakan pasta gigi saja. Mungkin terdengar aneh dan gokil banget ya guys, tapi pasta gigi ini terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo membandel, terutama bagian hidung dan dahi kamu lho, gak percaya coba aja.

Caranya cukup mudah kok, sediakan pasta gigi secukupnya, usahakan yang herbal mint ya. Setelah selesai mandi, oleskan ke area komedoan  secara merata.

Diamkan sampai mengeras dan kaku.

Setelah di bahas di atas tentang jenis kulit dan cara perawatan secara alami, mungkin bagi kamu yang suka atau sudah terbiasa dengan cara kimia atau produk kecantikan atau mungkin juga yang tidak punya waktu untuk buat bahan-bahan alami seperti di atas kamu bisa gunakan produk kecantikan, tapi tetep hati-hati ya.

Di bawah ini akan dibahas bagaimana memilih produk kecantikan yang tepat.

 

2Memilih Produk Kecantikan

health.kompas.com

Nah bagi kamu yang perawatan dengan produk kecantikan ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, jangan sampai kamu salah pilih produk kecantikan, apalagi ini untuk wajah, haduh kudu banget extra hati-hati.

Secara produk kecantikan sudah mahal, belum lagi kalau efek buruk pada wajah, haduh jangan dech, perlu kamu perhatikan hal-hal yang penting di bawah ini

Sesuaikan dengan gender

Hal yang pertama yang harus diketahui tentu saja soal gender ya guys, kalau jaman dahulu itu sebelum teknologi berkembang, produk kecantikan atau produk untuk merawat wajah itu untuk para wanita saja, tapi sekarang sudah banyak merambah untuk pria.

Jadi teliti sebelum membeli, jangan samapai salah kliru beli produk untuk pria, inget ya, kulit wanita dan pria itu agak beda lho, makanya produknya pun juga dibedakan.

Perhatikan usia

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah adalah usia, layaknya seperti sabun mandi anak, harus di bedakan dengan sabun mandi orang dewasa atau sabun mandi remaja.

Menurut para ilmuwan wajah atau dokter wajah, alam produk perawatan wajah itu baiknya di bedakan, karena ketika usia sebelum 25 ke atas masalah utama rata-rata adalah wajah berminyak.

Sedangkan usia di atas 25 tahun adalah penuaan dini, jadi pilihlah produk yang manfaatnya sesuai usia kamu, agar hasil yang kamu dapatkan juga maksimal.

Perhatikan jenis kulit

Yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah jenis kulit kamu, kalau masih belum tahu jenis kulit kamu, sebaiknya cek ke dokter, setelah tau belilah produk yang sesuai jenis kulit kamu.

Jangan sembarangan beli produk karena jika kamu memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit kamu, ada kemungkinan besar kulit akan ditumbuhi jerawat, mengalami iritasi, gatal-gatal, kemerah-merahan, dan bahkan terkena kanker kulit.

Lihat izin produksi dan tanggal kadaluarsa

Kamu harus hati-hati ya guys, karena maraknya produk-produk perawatan kulit palsu di pasaran sudah banyak dan tersebar dimana-mana, kamu harus teliti dalam membeli produk. Selain melihat kemasan produk untuk mengetahui kualitas produk, lihatlah izin produksinya.

Pastikan izin tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk. Bisa bahaya jika kamu sampai menggunakan produk kadaluarsa!

Cek bahan-bahan produk

Hal terakhir dalam memilih produk adalah cek bahan- bahan produk. Kenali dulu bahan-bahan yang berbahaya.

Pastikan bahwa tidak ada bahan-bahan kimia berbahaya, seperti parabens, phthalates, merkuri, triclosan, propylene glycol, dan petroleum yang terkandung di dalam produk. Memilih produk dengan bahan dasar alami sangat disarankan.

Setelah kamu tahu tentang jenis kulit dan bagaimana cara memilih produk yang tepat dan aman, alangkah baiknya kamu tahu juga bagaimana merawat wajah yang sudah bersih ataupun cerah.

Karena percuma sekali ketika kamu bisa mengatasi masalah pada kulit tapi tidak tahu cara menjaganya dan apa sebabnya kulit menjadi rusak.

Yuk sama-sama disimak, berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan agar wajahmu senantiasa terawat.

Tips Tambahan Merawat Wajah

 

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Pastikan Tanganmu Bersih Sebelum Menyentuh Wajah

Tangan kotor yang telah terkontaminasi kuman,bakteri dan virus seringkali menjadi faktor utama wajah berjerawat. Apalagi jika kamu memiliki wajah yang berminyak.

Jerawat menjadi ancaman yang selalu membayangimu setiap saat. Cucilah tangan sebelum menyentuh wajah, khususnya saat akan menggunakan make up.

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Apakah kamu memiliki kebiasaan menunda membersihkan wajah sesaat setelah aktifitas? Jika iya, maka kebiasaanmu itu perlu dirubah.

Cobalah untuk selalu membersihkan wajah ketika kamu telah selesai beraktifitas. Baik setelah aktifitas di luar rumah atau aktifitas fisik yang membuatmu berkeringat.

Membersihkan wajah tidak harus menunggu saat mandi. Sehingga wajah dapat senantiasa bersih terawat.

Kamu juga harus membersihkan wajah setiap kali menjelang tidur dengan air, lebih bagusnya lagi dengan air hangat. Karena jika saat tidur kotoran tidak dibersihkan maka akan mengakibatkan  munculnya jerawat, flek hitam, dan bahkan iritasi berbahaya.

Apalagi bagi kamu yang sering keluar malam, udara malam itu banyak yang tidak bersih, maka dari itu setelah keluar dari rumah, cucilah muka kamu, jangan sampai tidak, minimal cuci pakai sabun mandi.

Gunakan Sun Screen Atau Sun Block Ketika Aktivitas di Luar

Berikutnya untuk menjaga kulit kamu agar tetap bagus gunakan sun block.

Sun screen maupun sun block bermanfaat untuk melindungi kulit wajah terpapar langsung sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit wajah.

Buat kamu yang berusia remaja dapat menggunakan sun screen dengan kandungan SPF yang lebih rendah.

Sedangkan untuk kamu yang telah berusia dewasa, sun block menjadi pilihan yang lebih tepat.

Jangan Memakai Bedak Saat Berkeringat

Terkadang kamu yang terbiasa membawa bedak, menggunakannya untuk menghilangkan kesan berminyak pada wajah.

Bahkan di siang hari dalam kondisi suhu tinggi dimana saat itu kulit wajah sedang berkeringat. Penggunaan bedak saat berkeringat dapat berakibat pada iritasi pada kulit wajah.

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun muka. Baru setelahnya kamu dapat mengaplikasikan bedak tanpa khawatir akan merusak kulit wajah kamu.

Gunakan pelembab yang sesuai kulit kamu

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit dan wajah kamu agar tetap cerah adalah menggunakan pelembab, dimana pelembap ini berbeda dengan sun block seperti diatas.

Memang sama fungsinya yaitu melindungi kulit, bedanya sun block hanya melindungi kulit dari sinar matahari, sedangkan pelembab bisa melindungi kulit kamu saat panas dan dingin.

Gunakan pelembab yang cocok dengan kulit kamu, terutama bagi kamu yang mempunyai kulit kering, kulit kering akan sangat tidak nyaman jika tidka dikasih pelembab.

Gunakan masker alami

Perawatan wajah yang dapat dipilih untuk kamu gunakan di rumah adalah masker berbahan alami seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kamu dapat menggunakan beberapa jenis buah, madu,susu, atau coklat sebagai bahan utamanya.

Menggunakan masker alami sesuai dengan jenis kulit wajahmu dapat menjaga kesehatan wajahmu tanpa efek samping.

Sekiranya kamu tidak bisa menggunakan produk alami atau tidak punya waktu dan menggunakan produk kecantikan, setidaknya kamu pelajari hal-hal yang penting yang sudah disebutkna di atas.

Mengkonsumsi Vitamin E

Menjaga kesehatan kulit wajah tidak hanya dari luar ya guys tapi juga dari dalam tubuh, tentu itu tidak dapat kamu dikesampingkan. Hal ini sama pentingnya dengan merawat kulit wajah dari luar seperti masker dan facial.

Menjaga kulit wajah dari dalam justru dapat menjaga kulit wajah secara jangka panjang. Kamu dapat mengkonsumsi kapsul vitamin E yang mudah kamu temukan di apotek di sekitar tempat tinggalmu.

Tapi alangkah baiknya jika kamu rajin mengkonsumi buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin E tinggi, untuk buah sendiri seperti alpukat, mangga, pepaya, kiwi, paprika, pisang dan lainnya.

Untuk sayuran seperti bayam, asparagus, brokoli dan yang lainnya, buah dan sayuran itu selain mudah di dapat, juga harganya murah, jadi kamu tidak perlu bingung ketika ingin mendapatkannya.

Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak

Yup, hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit cerah kamu adalah air putih. Tahukah kamu? Air putih memiliki manfaat yang banyak bagi tubuhmu. Salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit. Termasuk kulit wajah.

Air minum yang cukup dapat memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh sehingga kulit akan senantiasa lembab dan segar.

Bagi remaja dan dewasa minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari, itu normalnya, tapi jika kamu sedang capek, sedang letih atau saat merasakan mau sakit, kamu bisa menambah per gelas dalam per harinya.

 

 

news.vanderbilt.edu
news.vanderbilt.edu

Hindari makanan berlemak

Yang berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah hindari mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, berkolesterol, terlalu manis, dan makanan cepat saji.

Karena makanan-makanan seperti itu memiliki kandungan yang buruk bagi tubuh dan tentu saja itu hanya menyebabkan kulit kamu rusak bahkan membuat penuaan dini.

Kadang memang sulit sekali melepaskan makanan-makanan yang seperti itu, tapi jika benar-benar ingin berwajah cerah harus niat betul untuk menghindari.

Stop kebiasaan buruk

Berikutnya untuk menjaga wajah agar tetap cerah lebih baik mulai sekarang hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sudah sering kamu lakukan seperti konsumsi alkohol, merokok, begadang, dan konsumsi obat-obatan terlarang.

Karena kebiasaan buruk itu tidak hanya mempengaruhi tubuh tapi juga wajah kamu.  Kamu bisa lihat orang perokok berat atau orang yang suka minum minumam keras, wajah mereka menghitam dan menua sebelum waktunya.

Olahraga

Hal berikutnya untuk menjaga wajah kamu agar tetap cerah adalah olahraga secara rutin. Yup, olahraga dapat melancarkan peredaran darah kamu . Lakukan kebiasaan sehat setiap hari seperti jogging 15 menit, senam, yoga, dan olahraga lain.

Lakukan itu secara rutin walau tidak menimbulkan keringat, asal tubuh kamu bergerak itu sudah lumayan bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit kamu.

Jangan sering menyentuh wajah

Usahakan jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah ya guys, bila tak terlalu penting. Kadang dengan tidak sadar kita sering mencet pipi, mencet hidung bahkan dalam kondisi tangan yang tidak jelas bersihnya.

Karena kita tidak tahu kondisi tangan kita lagi bersih atau tidak. Jika kondisi tangan kita kotor dapat membuat kulit iritasi, bahkan bisa saja kuman yang ada di tangan akan menempel ke wajah kamu.

Pijatan untuk memperlancar peredaran darah

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan pada wajah kamu adalah pijat. Sudahkah kamu mengetahui teknik pembersihan sederhana muka yang benar?

Yup, kamu bisa membersihkan bagian muka dengan air yang mengalir kemudian bisa memberikan pijatan pada wajah secara perlahan. Dalam memijat ini juga jangan terlalu kasar, cukup pijat secara lembut dan teratur serta menyeluruh ke semua wajah kamu.

Tujuan dari pijat adalah untuk membantu memperlancar peredaran darah pada bagian wajah, karena darah yang berada dalam wajah kadang tidak lancar, hal itulah yang menyebabkan beberapa masalah di wajah.

Selain itu dengan melakukan pembilasan secara benar, kamu juga bisa mengakhiri dengan pengeringan memanfaatkan bahan handuk bersih dan lembut agar terhindar dari goresan.

Jangan memencet jerawat

Yup, yang seperti ini sudah sering banget dilakukan para pemuda yang gak tahan dengan jerawat. Kalau bisa jangan pernah memencet atau sembarangan menyentuh jerawat pada muka, karena itu hanya akan mengakibatkan jerawat infeksi yang akhirnya menjadi luka di wajah akhirnya jadi menghitam.

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa jerawat ini juga perlu kesabaran, mereka yang tidak sabar dan tidak tahanm pengen hilang secara instan akhirnya di pencet dan jadilah luka.

Gunakan penyembuhan yang tepat menggunakan bahan alami atau mungkin kamu dapat menggunakan produk pembersih jerawat yang aman, karena dengan cara aman inilah jerawat kamu tidak menjadi luka dan menjadi hitam yang mengganggu penamilan kamu.

Menghilangkan rambut atau bulu di wajah dengan aman

Berikutnya yang bisa kamu lakukan agar wajah aman adalah menghilangkan rambut atau bulu. Rambut yang tumbuh di wajah bisa menjadi masalah bagi wanita dengan rambut yang gelap, namun untungnya ada cara yang aman dan mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk menjaga kulit kamu halus dan bebas rambut atau bulu.

Kamu bisa menggunakan krim gabungan bahan pelembab dengan tanah liat yang kaya akan mineral untuk menghilangkan rambut di wajah dan membuat kulit lembut dan halus.

Yup itulah pembahasan lengkap mengenai perawatan wajah, mulai dari jenis kulit yang perlu perawatan dan cara merawatnya, bagaimana memilih produk kecantikan yang sesuai dan aman serta tips tambahan menjaga wajah agar tetap cerah.

Memang untuk merawat wajah tidak mudah, banyak orang mengeluarkan banyak uang demi wajah yang cerah, demi penampilan yang sempurna.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat bagi kita semua.