Mendapatkan jurnal ilmiah saat ini bisa dikatakan cukup mudah. Ada banyak cara bisa kita lakukan, baik yang didapatkan dengan cuma-cuma ataupun berbayar. Namun lebih penting lagi menentukan jurnal mana yang akan kita ambil untuk kemudian membuat ulasannya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari dan mendapatkan jurnal.

1Mesin Pencari

google.co.id

Cara ini tentu sudah dapat diprediksi sebagai langkah awal yang sangat mudah. Namun, kebanyakan orang masih saja mengalami kesulitan. Salah satunya karena memasukkan kata kunci yang tidak tepat.

Di samping itu, masalah terbesar lebih disebabkan tidak efektifnya dalam penggunaan mesin pencari.

Tipsnya, jangan hanya menggunakan kata kunci pdf. Hasilnya akan dicampur dengan link lain yang bukan file pdf. Sebagai gantinya, gunakan perintah “filetype:pdf” (tanpa tanda kutip dan spasi).

Letakkan setelah kata kunci yang ingin dicari. Misalnya, “Small and Medium Enterprise filetype:pdf”.

Query ini akan meminta google untuk menampilkan hasil yang hanya file pdf. Dikarenakan hampir seluruh jurnal yang ada di internet dipublikasikan dalam format pdf, maka cara ini akan sangat bermanfaat.

Disamping itu, cara ini akan memudahkan kita mendapatkan file yang dicari dengan cepat. Karena format file pdf bisa langsung ditampilkan atau diunduh.

2Google Scholar

scholar.google.co.id

Pada dasarnya, apa yang ditampilkan di google scholar hampir sama dengan cara pertama. Hanya saja, google scholar memang diciptakan khusus untuk mencari karya ilmiah.

Secara prinsip, langkah-langkah untuk mencari jurnal sama persis dengan cara pertama. Namun pada kolom situs pencarian, ketikkan http://scholar.google.co.id/

3Memanfaatkan Sosial Media

academia.edu

Ada dua sosial media yang sangat relevan untuk melakukan pencarian jurnal, yaitu Academia.Edu dan ResearchGate.Net. Selain gratis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Pada Academia.Edu, selain dapat digunakan untuk mencari research paper, dapat juga sebagai sarana promosi hasil publikasi sendiri. Salah satu kelebihannya, penulis dapat memonitor impact dari paper yang dipublikasikan.

Saat ini, lebih dari 19 juta orang sudah bergabung, dengan lebih dari 5,7 juta pengunjung setiap bulannya.

Sedikit berbeda dengan Academia.Edu, pada ResearchGate.Net, penulis atau peneliti dapat bertanya masalah penelitian dengan para peneliti lainnya yang telah bergabung. Bahkan dapat dimanfaatkan untuk menemukan pekerjaan di bidang yang diminati.

Banyak topik penelitian dibahas di website ini. Penulis atau peneliti juga dapat berkolaborasi dengan sesama peneliti di bidang yang sama melalui sosial media ini.

4Akses Melalui Pustaka Nasional

e-resources.pnri.go.id

Saat ini pemerintah telah berlangganan beberapa jurnal yang cukup berkualitas melalui pustaka nasional. Memang, fasilitas dari pemerintah ini belum sepenuhnya mencakup jurnal-jurnal populer.

Bagi penulis atau peneliti yang akan mendaftarkan dirinya menjadi anggota Pustaka Nasional, kini pendaftaran dapat dilakukan secara online. Caranya, mendaftar terlebih dahulu di http://keanggotaan.pnri.go.id/daftar.aspx untuk  mendapatkan nomor keanggotaan PNRI.

Kemudian masuk ke e-resources.pnri.go.id untuk mendaftarkan username dan password dengan menggunakan nomor keanggotaan PNRI yang telah didapat. Terakhir, pihak Pustaka Nasional akan mengirimkan email aktivasi akun penulis untuk diaktifkan.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa jurnal yang dapat diakses melalui situs website Pustaka Nasional.

Antara lain seperti SAGE, Taylor and Francis, Proquest,  Gale, Cengage Learning, @My Library, Ulrichs, Periodicals Directory, EBSCO Host, IGI Global, Westlaw, ISEAS dan ALA Publishing.

5Minta Langsung ke Penulis

usim.edu.my

Setiap jurnal berbayar seringkali menampilkan abstrak dan kontak koresponden penulisnya. Kontak ini dapat diakses oleh siapa saja. Jika penulis sangat membutuhkan jurnal yang bersangkutan.

Solusi lainnya yang cukup efektif adalah dengan meminta langsung ke penulisnya.