Salah satu yang menjadi kendala bagi anak sekolah adalah “mengingat” atau “menghafal”. Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu?

Misalnya kamu kesulitan dalam mengingat atau menghafal pelajaran, mengingat rumus, atau belanjaan yang ibumu katakan untuk kamu beli di pasar.

Yup, dalam kehidupan ini sering kita menggunakan otak kita untuk mengingat sesuatu. Apalagi bagi para siswa, banyak kita temui siswa yang mengeluh karena mengalami kesulitan belajar.

Tugas yang banyak dan materi banyak membuat otak terasa “tak muat” untuk menampung semua materi. Banyak diantara mereka mengeluh untuk belajar, sehingga belajar pun terasa malas.

Maka dari itu diperlukan cara mudah dan menyenangkan agar kita dapat menghafal dengan baik. Berikut beberapa tips untuk mempermudah kita dalam mengingat.

1Metode Mnemonics

colango.blob.core.windows.net

Metode Mnemonics atau yang biasa dikenal dengan jemabatan keledai ini merupakan metode menghafal dengan cara mengambil huruf pertama dari suatu hal yang ingin kita hafal atau kita ingat.

Selanjutnya kumpulan huruf pertama tadi kita bentuk menjadi kata baru. Misalnya “MeJiKuHiBiNiU” itu adalah Metode Mnemonics untuk menghafalkan urutan warna-warna pelangi.

Singkatan tersebut merupakan kepanjangan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kamu dapat menerapkan metode ini untuk mengingat sesuatu yang lain.

2Metode Chunking

yuyuntrirahayu1201110020.files.wordpress.com

Metode ini dilakukan dengan cara pengelompokkan. Kamu dapat menghafal dengan cara menglompokkan apa yang ingin kamu hafal menjadi beberapa subkelompok berdasarkan karakteristiknya.

Misalnya kamu ingin mengingat sederet angka, contohnya 14072341945. Kamu dapat mengelompokkan angka-angka tersebut dalam grup yang mempunyai arti.

1407-234-1945, angka 1407 (tanggal dan bukan kelahiran saya), 234 (urutan angka), dan 1945 (tahun kemerdekaan RI).

3Metode Loci

warnetplikwangon.files.wordpress.com

Ketika kamu ingin menghafal dan memahami materi pelajaran yang panjang dan rumit, maka metode Loci adalah pilihan yang tepat.

Metode ini dilakukan dengan cara mencatat ide kunci yang akan kamu ingat secara berurutan. Jadi ide kunci tersebut mewakili informasi yang akan kamu hafal.

Misalnya ketika kamu ingin menghafal suatu teks pidato yang panjang, kamu cukup menghafal susunannya saja. Kamu akan teringat dengan keseluruhan teks tanpa melihat teks.

Beberapa metode di atas semoga dapat membantumu agar dapat mengahafal dengan mudah. Cara-cara tersebut dapat kamu terapakan untuk meningkatkan daya ingat. Selamat mencoba.