Apa itu keberkahan hidup?

Barangkali diantaramu ada yang berhasil mengukir banyak prestasi atau kesuksesan dalam karir. Namun merasa selalu  kurang dan tidak pernah puas sama sekali.

Atau telah memiliki penghasilan yang sangat cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan. Sayangnya, masih saja tidak merasa cukup. Seperti ada kehampaan dalam relung hatimu. Lalu apa yang terjadi pada dirimu? Bisa jadi Allah telah mencabut keberkahan dalam hidupmu.

Keberkahan hidup adalah suatu keadaan dimana Allah menjadikanmu merasa dekat dengan-Nya. Hatimu penuh dengan ketenangan, ketentraman dan kedamaian walau apapun yang terjadi padamu. Lalu, bagaimana agar keberkahan senantiasa berada di kehidupan kita?

Ibnul Qayyim pernah mengungkap kunci sukses meraih keberkahan. Beliau berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya”. Artinya kita diminta untuk menjemput keberkahan sejak pagi hari dan melakukan hal-hal seperti berikut ini.

1Berdzikir

dakwatuna.com

Allah bersabda dalam Al Qur’an Surat Al Ahzab ayat 41-42, “Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang”.

Berarti, kita diminta untuk berdzikir di pagi hari itu agar keberkahan hidup senantiasa kita dapatkan. Dan banyak orang yang telah membuktikan bahwa dengan banyak mengingat Allah, maka jiwa menjadi tenang dan menjalani hidup pun terasa mudah.

2Tilawah Al Qur’an

madinatuliman.com

Salah satu dzikir yang diperintahkan oleh Allah yaitu tilawah Al Qur’an atau membaca Al Qur’an. Selain berguna untuk mendekatkan diri kepada Allah, dalam suatu riwayat disebutkan bahwa orang yang banyak tilawah Al Qur’an, urusannya di dunia pun akan dimudahkan oleh Allah.

3Mulailah Beraktivitas di Waktu Pagi

deviantart.com

Memulai aktivitas di pagi hari sedini mungkin akan membuat energimu berlimpah dan kamu akan merasa lebih produktif di hari itu. Coba saja kalau tidak percaya. Berbeda halnya bagi orang-orang yang memulai pagi dengan bermalas-malasan. Hingga akhir hari pun, akan malas untuk beraktifitas.

4Segerakan Mandi

intisari-online.com

Biasanya, sesaat  setelah bangun tidur, keinginan untuk kembali menarik selimut begitu kuat. Karena udara di luar masih terlalu dingin. Nah, agar kamu bisa menghindarkan hal itu, cobalah segera beranjak dari tempat tidur, ambil peralatan mandi, kemudian mandilah.

Cara ini akan membuat rasa kantuk enggan mengikutimu. Badan pun siap untuk diajak memulai aktifitas dengan penuh gairah.

5Beramal

nashclothing.wordpress.com

Selain amalan ibadah di atas, ada banyak amalan yang bisa kamu lakukan. Seperti menegakkan sholat dhuha saat matahari mulai naik. Beramal kepada lingkungan sekitar juga bisa kamu lakukan. Paling tidak menebarkan senyum kepada tiap orang yang kamu temui.