eventzero.org

Cara Ternak Ikan Cupang Yang Terbukti Mudah Dan Menghasilkan

Posted on

Ikan cupang atau sering juga disebut dengan ikan guppy merupakan ikan yang hidup di iklim tropis. Bentuknya yang indah dan berwarna-warni membuat banyak orang menggemarinya. Karena itulah ikan cupang dikategorikan sebagai ikan hias.

Ikan cupang memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat baik dan cara berkembang biak yang sangat mudah. Sehingga untuk merawat dan memeliharanya bisa dilakukan oleh siapa saja. Alat yang digunakan pun juga sangat sederhana.

Biasanya, dalam satu kali perkawinan, ikan cupang betina dapat menghasilkan telur hingga 1000 butir. Namun yang dapat menetas dan hidup hingga dewasa hanya sekitar 30 – 60 ekor saja.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakkan ikan cupang atau ikan guppy, bisa mencoba memilih terlebih dahulu ikan yang akan kamu jadikan pejantan dan indukan seperti berikut ini.

  • Pilihlah ikan indukan dan pejantan yang ekor dan seritnya tebal. Karena jika kamu memilih yang tipis akan sangat mudah terserang penyakit. Selain itu seritnya juga akan keriting.
  • Upayakan memilih bibit dengan ekor yang lebar dan bisa mengembang hingga 180 derajat atau yang lebih dikenal dengan nama a half moon.
  • Pilihlah ukuran ikan yang besar bukan memanjang karena bentuk tubuh yang panjang akan mempengaruhi jumlah telurnya kelak.
  • Pilihlah indukan dan pejantan yang suka bermain di dasar air. Karena umumnya ikan yang banyak beraktifitas di permukaan air kemungkinannya memiliki ekor lebar dan urat seritnya akan mudah patah.
  • Pastikan pula memilih ikan yang meiliki serit di bagian sirip serta ekornya tidak transparan.

Setelah kamu memilah dan memilih ikan cupang yang akan kamu jadikan indukan dan pejantan, kemudian lakukan pemijahan dengan cara berikut ini.

  • Pijahkan ikan cupang yang telah kamu pilih menjadi indukan dan pejantan dalam satu wadah.
  • Proses ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 2-3 hari, pada hari pertama ikan jantan akan membuat gelembung untuk nantinya menempatkan telur. Sedangkan di hari kedua akan terjadi proses perkawinan. Setelah indukan mengeluarkan telurnya, kemudian ikan jantan akan memindahkan telur-telur tersebut dalam gelembung yang telah dibuatnya.
  • Memasuki hari ketiga, angkatlah ikan cupang betina dan pisahkan dalam wadah yang berbeda.
  • Simpanlah wadah yang telah berisi gelembung telur beserta ikan cupang jantan dalam tempat yang gelap dan jangan sampai dipindah. Jika dipindah, ditakutkan telur dalam gelembung akan jatuh dan mati membusuk. Penting untuk tidak memberi pakan pada ikan cupang jantan. Proses ini akan berjalan selama 10 hari. Setelah proses ini selesai, pisahkan ikan cupang jantan dan tempatkan anakan dalam wadah yang lebih besar.
  • Anakan ikan cupang yang telah berumur 1 minggu dapat diberi makan berupa air rendaman kol atau sayuran yang telah mengandung plankton.
  • Setelah anakan berusia 1,5 bulan, ikan-ikan cupang tersebut sudah dapat dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke dalam wadah pembesaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *