Kamu penyuka burung? Atau penikmat kicauan burung? Nah, pasti kamu sudah kenal dengan burung yang bernama kenari.

Secara umum, beternak burung adalah aktifitas yang menyenangkan juga menguntungkan, apalagi bagi para pecinta burung. Ketika berternak burung, selain hobimu tersalurkan, kamu juga akan mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga serta keuntungan dari hasil penjualan burung tersebut.

Lumayankan? Hobi yang memberikan keuntungan harus dipertahankan ya gaes!

Burung kenari akhir-akhir ini memang menjadi idaman. Why? Kaarena harganya yang mahal dan cenderung stabil membuat banyak orang ingin membudidayakannya. Did you know, Guys?

Burung kenari sebenarnnya termasuk salah satu burung yang mudah untuk dikembangbiakan namun ternyata ada beberapa orang yang masih mengalami kesulitan dan kegagalan karena belum mengetahui cara ternak kenari yang baik dan benar.

Bagi para pemula, disarankan untuk beternak kenari lokal yang kecil terlebih dahulu, karena burung lokal relatif lebih mudah dibanding langsung burung kenari besar seperti rokshire, F1, F2 dan F3. Namun, kalau kamu memang sudah memiliki pengalaman dan dana, tidak masalah untuk langsung memulai ternak kenari besar seperti kenari gacor dan kenari merah.

Banyak faktor-faktor yang perlu Kamu ketahui sebelum Kamu memulai membudidayakan burung kenari, karena Kamu tidak bisa sembarangan dalam menjodohkan burung kenari meskipun burung kenari merupakan burung yang mudah dikembangbiakkan.

Buat Kamu yang ingin belajar membudidayakan kenari baik untuk usaha sampingan ataupun hanya sekedar menekuni hobi saja mungkin ulasan ini dapat memberi sedikit tips untuk Kamu dalam mempersiapkan ternak kenari ini.

Sebelum memulai berternek kenari sebaiknya Kamu harus memperhatikan faktor-faktor berkut diantaranya:

1Usia Burung Kenari

sekolahsitta.blogspot.com

Usia burung kenari menjadi salah satu faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulan.

Usia adalah salah satu poin penting yang wajib diperhatikan jika kita ingin berhasil beternak kenari. Sebaiknya usia ideal kenari siap ternak adalah tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya.

2CIRI-CIRI KENARI BIRAHI:

JANTAN: Sering berkicau sambil menabrakkan diri ke jeruji sangkar serta melompat-lompat ke kanan dan kiri di dasar sangkar.
BETINA: Sering bercuit yang bermakna memanggil kenari jantan, kerap merobek kertas atau koran di sangkar dan sering mengeleperkan sayapnya.
Jadi kamu harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan karena bila usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

Jadi kamu harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan karena bila usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

3Jenis Kelamin Burung Kenari

kenariyorkshire.com

Perbedaan jenis kelamin merupakan hal yang wajib diketahui bagi setiap peternak. Apa yang terjadi nanti kalau ternyata yang dikumpulkan nanti ternyata sama-sama betina atau sama-sama jantan, hehe.

Dalam berternak kenari Kamu harus wajib mengenali jenis kelamin kenari. Mungkin untuk para master kenari sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina tapi untuk seorang pemula saya yakin Kamu pasti akan kerepotan dalam hal ini.

4Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

kenaribali.wordpress.com

Nah, ini juga termasuk hal penting lho Guys kalau kamu mau ternak kenari. Kamu harus bisa membedakan mana kenari jantan dan mana kenari betina.

Pada saat masih anakan, sekitar 1 bulan atau lebih, burung kenari jantan biasanya sudah sering berbunyi, sedangkan yang betina jarang berbunyi.

Inilah beberapa ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung kenari dewasa.
JANTAN:
•    Dubur yang menonjol ke atas.
•    Bunyinya sangatlah nyaring dan ngerol.
•    Badan dan lehernya cenderung ramping dan memanjang.
BETINA:
•    Duburnya datar tidak menonjol.
•    Bunyinya tidak nyaring dan terkadang putus-putus.
•    Tubuhnya cenderung lebih bulat dan lehernya pendek.

5Sangkar Untuk Kenari

usahaternak.com

Eits, jangan sembarangan lho Guys kalau mau meletakkan sangkar. Sebaikya tempatkan sangkar burung kenari menempel di dinding hal ini bertujuan agar sangkar tidak goyang-goyang.

Tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian agar saat kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu.

Tempatkanlah sangkar di daerah yang aman dari gangguan semut atau pun serangga serta tempatkanlah burung kenari pada sangkar yang cukup luas dan tidak terlalu sempit.

Langkah berikut nya adalah menyiapkan sangkarnya. Tips memilih sangkar kenari ternak, pertama pilihlah sangkar box khusus ternak, alternatif kedua menggunakan sangkar yang bagian tengahnya ada penyekatnya sehingga memudahkan saat proses penjodohan.

Untuk sangkar kenari jantan sebaiknya menggunakan sangkar gantung yang agak besar seperti sangkar kos-kosan lalu letakanlah sangkar tersebut ditempat yang aman dan tenang. Simak juga: Tips memilih sangkar kenari yang baik.

Kebutuhan makanan kenari yang baik perlu diperhatikan, supaya proses ternak kenari berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Makanan Kenari ialah berupa biji-bijian seperti canary seed, biji sawi, millet, sayuran berupa sawi ijo, sawi putih, mentimun dan buah apel, tidak lupa air minum selalu tersedia di dalam sangkar. Sebagai tambahan diberikan telur rebus. Telur rebus yang diberikan telur puyuh atau telur ayam bila perlu tambahkan juga multivitamin khusus ternak kenari.

6Proses Perjodohan Kenari

trendburung.blogspot.com

Dalam proses ternak kenari tidak lepas dari proses penjodohan. Proses yang satu ini memang agak rumit dan sulit karena tidak semua kenari yang kita jodohkan akan berhasil.

Jika Kamu merawat anak kenari dari kecil dan mempunyai jenis kelamin yang berbeda kemungkinan besar anakan kenari ini akan sangat mudah untuk dijodohkan.

Tapi jika kamu membeli burung kenari eceran atau misalnya kamu sudah mempunyai burung kenari jantan di rumah dan membeli lagi burung kenari betina di pasar tentunya burung kenari tersebut tidak akan langsung berjodoh.

Jadi kamu harus menjodohkan dahulu dengan cara ,tempatkan kenari jantan dan betina di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar tersebut di letakan saling berdekatan.

Biarkan proses perjodohan kenari ini berlangsung hingga beberapa hari sampai sang betina mengelepar leparkan sayapnya dan terus mendekati kenari jantan sementara si jantan juga akan merespon kenari betina.

Dengan adanya proses tersebut kamu akan tau kesiapan kenari tersebut untuk kawin.

Idealnya proses penjodohan ini 3 hari. Selama proses penjodohan sebaiknya kenari jantan dan betina dijemur dalam sangkar terpisah (07.00 – 09.30) sebaiknya kedua kenari dijemur berdekatan.

Kenari diberikan makanan bergizi seperti telor puyuh, sayuran, apel dan multivitamin. Pemberian sebaiknya selang seling agar kenari tidak bosan. Pastikan kenari tidak gemuk, Bila kenari gemuk akan menghambat proses penjodohan.

Cara mengetahui kenari yg gemuk bisa dilihat dibagian leher dan perut, bila kegemukan akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Jika kegemukan sebaiknya pakannya ditakar, tambahkan mentimun dan kenari dijemur setiap hari.

CIRI-CIRI KENARI BERJODOH:

Kenari jantan akan meloloh kenari betina walau dari luar sangkar.
Pejantan akan berbunyi keras merayu kenari betina, lalu kenari betina mengeleperkan sayapnya, ada kalanya kenari betina akan menungging itu pertanda minta kawin.
Kedua kenari akur dan tidak berantem.

Bila kenari sudah terlihat berjodoh seperti ciri-ciri diatas, selanjutnya ialah menyatukan kenari jantan dan kenari betina dalam satu sangkar. Karena sebelumnya sudah dilakukan proses penjodohan, sehingga saat disatukan bisa mengurangi resiko kanari bertarung yang hebat.

Adapun cara menyatukan kenari jantan dan betina adalah tangkap kenari jantan yang ada pada sangkar gantung lalu masukan ke sangkar box (kenari betina), jangan terbalik ya. Menyatukan Kenari jantan dan betina sebaikya dilakukan sore hari, setelah disatukan lalu perhatikan perilaku kedua kenari tersebut.

Jika kenari sudah berjodoh maka kenari jantan dan kenari betina akan saling meloloh yang biasanya terlihat seperti sedang berciuman. Jika kedua kenari memang sedang birahi maka pejantan dan betina akan segera melakukan perkawinan.

Namun jika diawal tidak terjadi perkawinan jangan khawatir karena umumnya begitu apalagi jika kenari betina masih perawan. Hehe.

Bila kedua Kenari tidak segera kawin sebaiknya biarkan dalam satu sangkar hingga malam hari, biasanya di pagi hari setelah mereka terbangun dari tidurnya mereka akan melakukan perkawinan. Sekitar jam 07.00 pagi baru kenari jantan ditangkap dan ditempatkan pada sangkar gantung kembali.

Pada sore hari kenari jantan dimasukan kembali ke dalam sangkar betina, begitu seterusnya. Proses ini bisa berlangsung beberapa hari hingga kenari betina bertelur. Cara ini sangat ampuh khususnya untuk kenari betina yang belum pernah bertelur.

Untuk kenari betina yang sudah pernah berproduksi beda lagi cara mengawinkannya yaitu kenari jantan hanya disatukan paling lama 1 jam. Jangan lupa setelah menyatukan kedua kenari tersebut untuk menyiapkan sarang lengkap dengan serat nanas.

Ciri Kenari betina akan bertelur bisa dilihat pada sarang nya, biasanya kenari betina yang siap bertelur sarang akan dibuat rapih berbentuk bundar, tak lama jika sarang sudah demikian sekitar 1 mingguan kenari mulai bertelur. Jumlah telur kenari rata 3 atau 4 butir, telur akan dierami selama 14 hari dan telur akan menetas berselang 1 hari.

Kenari yang sudah bertelur tidak dianjurkan dijemur karena akan merusak telur kenari sehingga gagal menetas.

Lakukan hal tersebut setiap hari sampai terlihat tanda-tanda sang jantan bila di dekatkan dengan betina akan mengejar atau menabrak sangkar dengan kencang.Dan sang betina menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.

Biasanya pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari jantan dan betina tidur saling berdekatan

7Proses Pengeraman

dompol.blogspot.com

Ini nih Guys proses-proses penantian berhasil tidaknya budidaya kenarimu. Pada masa pegeraman, burung kenari membutuhkan waktu selama 12 hari samapai 14 hari tergantung cuaca/suhu.

Biasanya peternak memakai bantuan lampu watt di dalam sangakar agar suhu hangat relative stabil.

Setelah 12 hari dierami, telur akan menetas satu per satu, biasanya berselang sehari sampai semuanya menetas, pada masa itu kenari jantan bisa distukan atau dipisahkan tergantung karakternya.

Nah tambahan nih Guys, pada masa memberi pakan anakan kenari, Kamu bisa memberinya extra feeding tambahan agar anakan bisa tumbuh cepat dan subur.

8TIPS PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM

www.kenarimania.com

Kamu harus memperhatikan pakan kenari. Pakan biji-bijian dan air minum harus selalu tersedia, tambahkan jika kurang.

Kebersihan kandang juga harus selalu terjaga, sebaiknya saat pembersihan kandang dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi goncangan yang keras, sehingga telur kenari tetap aman.

Berikan sawi dan buah apel, lakukan pemberiannya dengan cara selang seling, ini penting sekali. Terkadang ada kenari betina yang mati kurus karena dia saat mengeram hanya diberi makan biji-bijian.

Jangan lupa juga untuk menambahkan telur puyuh rebus, pemberian bisa 2 kali seminggu.
Lalu kamu tidak perlu menjemur kenari kembali.

Proses Menetas Dan Panen
Pada hari ke 14 telur-telur kenari sudah mulai menetas, saat kamu mulai melihat anakan kenari yang baru menetas mungkin kamu akan berkata mahluk kecil yang lucu baru muncul ke permukaan bumi, sambil mengelus dada seraya berkata oh my god maha besar tuhan yang telah menjadikan ini semua. Hehe.

Ini pengalaman berharga dan menyenankan bukan?

Berikut tips pemberian pakan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas hingga anakan siap panen:

Saat anakan baru menetas pastikan air dan biji-bijian selalu ada, tambahkan telur puyuh rebus sampai anakan kenari berumur 1 minggu. Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya tidak diberikan sayuran dan buah dulu, namun cukup biji-bijian dan telur rebus.

Ini berguna untuk meminimalisir kematian dini pada anakan kenari atau piyik kenari. Karena pada fase ini anakan kenari sistem pencernaannya belum kuat. Jika usia anakan kenari sudah lewat satu minggu, kamu bisa tambahkan buah apel dan sayuran seperti sawi ijo dan sawi putih.

Untuk hasil yang terbaik berikan telur rebus, sayuran dan apel hingga anakan kenari siap dipanen. Tambahkan pula multivitamin, di pasaran sudah banyak beredar seperti multivitamin produk OmKicau, Bnr dan Ebod dsb.

Anakan kenari siap dipanen idealnya jika sudah berumur 25 hari. Pada tahap ini anakan kenari sudah bisa makan sendiri, namun biasaya masih makan telur rebus. Jika sudah berumur 1 bulan anakan kenari sudah bisa makan biji-bijian.

Setelah panen anakan kenari, anakan kenari dipisah dari induknya, nah langkah selanjutnya adalah pisahkan indukan kenari tersebut.

Ambillah Kenari jantan dan kembalikan ke sangkar semula (sangkar gantung). Lalu mandikan kedua induk kenari tersebut dan penting bagi kamu untuk memberikan obat kutu, supaya kutu yang menempel pada bulu kenari bisa mati dan bersih.

Kemudian dijemur sebaiknya ini dilakukan di pagi hari. Sangkar juga perlu dicuci bersih dengan sabun atau antiseptik lalu sangkar dijemur hingga kering. Setelah induk kenari dimandikan sebaiknya induk kenari terus dijemur dalam sangkar terpisah (jam 07.00.- 09.30) selama kurang lebih satu minggu.

Lalu induk kenari siap dikawinkan kembali. Nah kali ini untuk mengawinkan kenari tersebut akan lebih mudah karena sebelumnya kedua kenari sudah berjodoh bahkan sudah menghasilkan keturunan.

Jadi cara mengawinkannya tinggal memasukan kenari jantan ke sangkar kenari batina, tak lama kenari betina akan menundukan badannya lalu terjadilah perkawinan.
Tak sampai satu bulan kamu akan melihat keturunan mereka yang kedua dan seterusnya.

95 Faktor Telur Kenari Gagal Menetas dan Cara Mengatasinya

www.kenarimania.com

Mendapati telur kenari gagal menetas merupakan hal yang sering dialami oleh sebagian besar peternak. Jika menglami hal demikian sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya agar tidak terulang kembali di lain waktu.

Masalah telur kenari yang pada gagal menetas merupakan permasalahan yang cukup menjengkelkan penangkar, bagaimana tidak telur kenari yang sudah ditunggu berhari-hari ternyata tidak menetas pada akhirnya.

Dalam merawat dan beternak kenari ada saja masalah-masalah yang sejatinya tidak diharapkan oleh penangkar misalnya kenari sakit, kenari tidak segera bertelur dan setelah bertelur ternyata tidak jadi menetas.

Memang dalam hal apapun dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar bisa melewati masa-masa sulit termasuk dalam membudidayakan burung kenari ini. Telur kenari gagal menetas bagi para peternak kenari yang masih belum berpengalaman, tentunya ingin tahu apa sih penyebab telur kenari gagal menetas?

Telur kenari tidak isi atau tidak fertile / infertile. Artinya telur kenari yang dierami ternyata tidak fertil karena induk kenari betina tidak dibuahi oleh sel induk kenari jantan. Namun adakalanya walaupun induk betina sudah kawin dengan pejantan tapi sebagian telurnya tidak mengisi.

Jika telur kenari tidak ngisi atau tidak fertile. Maka sebaiknya perhatikan saat proses menjodohkan kenari hingga ke tahap mengawinkan kenari betina dengan pejantan, bila perlu potong bulu-bulu halus yang ada di sekitar kloaka kenari betina dan pejantan, agar tidak menghambat saat proses kawin.

Suhu yang ekstrim juga dapat menyebabkan telur kenari gagal menetas.  Maksudnya kondisi cuaca yang terlalu panas atau bisa jadi terlalu dingin. Jika telur-telur yang dierami kepanasan maka embrio yang ada didalamnya akan dehidrasi lalu mati, jika sudah begini maka dapat dipastika telur kenari tidak bisa menetas.

Bila temperatur udara yang terlalu panas atau tidak menentu. Maka perlu dilakukan penyemprotan dengan air di sekitar lokasi kandang, bisa juga dangan menempatkan kipas angin kecil di loaksi kandang peternakan, agar suhu udara disekitar lebih dingin dan stabil. Maka dari itu penting juga penangkar melengkapi dengan alat termometer di area kandang.

Maka dari itu jangan pernah menjemur kenari yang sedang mengerami telurnya. Dan biasanya pada musim kemarau suhu udara sangat panas begitupun sebaliknya di saat musim penghujan udara akan sangat dingin bagi burung kenari.

Pada musim hujan biasanya cuaca tidak menentu, terkadang mendung kadang kala terang walaupun lebih sering mendungnya. Apabila dilangit terlihat mendung biasanya suhu udara naik namun ketika sudah turun hujan maka suhu sekitar langsung turun secara drastis, inilah yang bisa bikin anakan kenari mati sebelum menetas.

Rawatlah kenari indukan dengan baik, mulai dari memandikannya, penjemuran hingga memenuhi kebutuhan pakannya yang mengandung gizi serta nutrisi yang cukup.

Kemudian, baik induk kenari betina maupun jantan (pemacek) sebaiknya kebutuhan vitamin dan nutrisi harus tercukupi melalui dari pakan kesahariannya, bisa juga dengan menggunakan tambahan multivitamin khusus ternak kenari.

Sekarang ini sangat mudah untuk mendapatkan vitamin khusus penangkaran di pasaran. Apabila indukan kenari yang sedang diternak kekurangan vitamin khususnya vitamin E yang berguna untuk membantu meningkatkan daya reproduksi burung kenari, maka akan berpengaruh ke embrio yang ada didalam telor kenari tersebut yaitu embrio atau calon anakan jadi tidak sehat hingga akhirnya gagal menetas.

Tidak jarang juga lho, kegagalan telur menetas disebabkan oleh induk kenari itu sendiri. Agar telur kenari yang sedang dierami indukannya dapat menetas, seharusnya induk kenari tersebut harus mengerami telurnya setiap saat.

Ada kalanya induk betina yang malas-malasan mengerami telurnya sendiri, seperti sering keluar sarang bahkan ada juga yang tidak mau mengeram. Nah jika sudah demikian maka sudah pasti 100 persen telur kenari pasti gagal menetas. Lalu apa solusinya?.

Apabila penyebabnya dari idukan kenari betina yang sering keluar saat menegerami telurnya. Maka segera ganti indukan tersebut tentunya dengan induk betina yg lebih baik karakternya.

Agar ternak kenari lebih efektif baik dari segi waktu maupun dalam hal teknis, maka perlu dilakukan pengecekan/peneropongan telur kenari. Jika telur sudah ketahuan tidak ngisi maka segera dibuang agar indukan cepat bertelur lagi. Peneropongan telur bisa dilakukan apabila telur kenari sudah dierami selama 7 hari.

Cara Ampuh Mengetahui Telur Kenari Isi Atau Kosong dan Manfaatnya

Bagi kamu yang sedang berternak kenari, ada baiknya beternak dengan metode yang efektif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan mengetahu dan memahami cara mendeteksi telur kenari sejak dini.

Karena ini akan mempengaruhi waktu pembudidayaan kenari. Jika kamu meremehkan manfaat pendeteksian telur kenari sejak dini, maka kamu akan membuang-buang waktu dalam budidaya kenari.

Percaya atau tidak, yuk simak dulu cara mendeteksi telur kenari dan manfaatnya. Agar budidaya kenarimu tidak membuang-buang waktu.

Apabila induk betina sudah mengerami telurnya selama 7 harian, maka kamu bisa mendeteksi telornya dengan cara meneropong telur kenari dengan disenter yang dikenal dengan istilah /candling/.

Cara mengambil telur kenari yang sedang dierami, cara pertama tunggulah induk kenari betina keluar sarang maka pada saat itulah kamu ambil telur kenari untuk segera diteropong.

Cara kedua adalah bila induk kenari tidak segera keluar meninggalkan sarang maka kamu bisa mengusir indukan dengan jari agar ia keluar dari sarang namun harus dengan cara lembut. Cara meneropong telur kenari adalah dengan memeganglah telur kenari dengan jari jempol dan telunjuk lalu sorot dengan lampu senter dari arah samping atau dari bawah. Lalu kamu bisa memperhatikan isi telur kenari tersebut.

Dengan disoroti senter maka isi bagian dalam telur akan terlihat sangat jelas. Jika kamu sudah dapat melihat telor kenari bagian dalamnya, perhatikan apakah ada calon embrio atau anak kenari atau tidak.
Ciri-ciri telur kenari yang isi atau jadi yaitu pada bagian dalam telur akan tampak ada guratan benang merah, gumpalan daging berwarna merah dan tampak seperti ada jantung yang berdenyut, mengembang dan kempes.

Ciri-ciri telur kenari tidak isi maka pada bagian dalam telor kenari akan kelihatan bening, putih dan terang, mengapa? Karena di dalam telur tidak ada perkembangan embrio atau piyik sebab telur mungkin saja tidak dibuahi.

Bila telur kenari yang ngisi atau jadi sudah berumur 11 hari ke atas maka akan tampak gelap pada bagian dalamnya. Itu berarti embrio kenari sudah berbentuk dan akan segera menetas. Nah, setelah kamu mendeteksi telur kenari lalu ternyata hasilnya kosong atau tidak jadi, maka kamu harus membuang telur tersebut segera, lalu kondisikan kembali kenari betina yang sedang mengeram tersebut agar dapat segera dikawinkan lagi sehingga ia pun akan cepat bertelur kembali.

Bila kamu tidak mendeteksi telur kenari sejak dini, maka apabila telur tersebut ternyata tidak ada yang berisi maka kamu pun akan menunggunya hingga hari ke 14. Maka sudah pasti telor kenari itu tidak akan menetas. Dan ini tidak efektif dan efisien namanya.

Yups, itu tadi tips persiapan untuk beternak kenari. Semoga bermanfaat.