Kemajuan teknologi informasi memang menuntut banyak sektor kehidupan beradaptasi mengikuti kemajuan itu. Dan tentunya yang paling terus berpacu dengan perubahan adalah pada sektor perdagangan.

Jual beli online memang menjadi trend yang diramalkan akan terus berkembang. Banyak situs online yang menawarkan kemudahan jual beli, baik itu toko online, marketplace, maupun e-commerce.

Kalau dulu orang hanya menjajakan barang yang simpel dan murah, sekarang jual beli online juga menjajakan properti dan mobil yang harganya tentu ratusan juta.

Tentu barang seperti mobil, apalagi mobil bekas nggak mungkin dong transaksi secara online. Situs jual beli mobil di sini hanyalah toko online atau wadah jual beli online untuk mempertemukan penjual dan pembeli.

Tanpa melibatkan pemilik situs dalam transaksi. Tidak seperti marketplace yang juga memfasilitasi transaksi kedua belah pihak, atau e-commerce yang memang merupakan penjualnya langsung.

Kini orang tidak perlu lewat para makelar atau showroom untuk mendapatkan mobil bekas. Karena relatif lebih murah untuk langsung membeli dari pemiliknya.

Berikut ini adalah urutan situs jual beli mobil bekas yang terbaik dan paling populer di Indonesia.

1Mobilbekas.co.id

mobilbekas.co.id

Situs ini pernah direkomendasikan oleh viva.co.id sebagai rujukan dalam jual beli mobil bekas di internet. Berarti situs ini memang bukan ecek-ecek. Terbukti lebih dari 100 ribu listing mobil bekas ada di mobilbekas.co.id.

Situs ini adalah start-up yang didirikan pertama kali pada tahun 2009, dan langsung melejit menjadi situs jual beli mobil terbesar di Indonesia.

Domain profesional yang langsung tertera ‘mobilbekas’, adalah keunggulan utama mereka. Selain itu, desain sederhana dan pengoperasian website yang mudah makin memikat penjual dan pembeli.

2Otosia.com

otosia.com

Tahu situs ternama KapanLagi kan? Nah, otosia ini awalnya adalah sub-domain dari situs kapanlagi.com.

Karena traffic pembaca Otosia semakin tinggi, membuat petinggi KapanLagi bermanuver untuk menjadikan Otosia menjadi portal tersendiri dengan alamat Otosia.com.

Walaupun konten utama Otosia adalah informasi dan serba-serbi dunia otomotif, tetapi situs ini memiliki sub-direktori yang berfokus pada jual beli mobil bekas.

3Olx.co.id

olx.co.id

Memang sih ini bukan situs yang fokus dan khusus untuk jual beli mobil online. Tapi, siapa sih yang bisa mengabaikan situs terbesar sedunia dan se-Indonesia dalam jual beli segala barang dan kebutuhan manusia ini.

Boleh dibilang walaupun bukan spesialisasinya, tapi total listing dan transaksi lewat olx bisa melebihi situs mobil bekas paling top lainnya. Lihatlah listingnya yang berjumlah ratusan ribu, menggambarkan magnet situs ini.

4Rajamobil.com

rajamobil.com

Rajamobil dalah pengembangan dari toko offline atau showroom resminya Toyota bernama Plaza Toyota. Namun dengan pengelolaan yang baik, situs ini terus berkembang.

Bukan hanya menjual mobil Toyota, tapi semua merk menjadi listing dagangan situs ini.

Dan juga bukan hanya mobil jualan sendiri yang ada di showroom, tapi juga kumpulan listing semua orang yang mem-posting mobil bekasnya di situs ini.

Rajamobil.com benar-benar menu komplet, dari mulai mobil baru dealer resmi, lalu dealer mobil bekas, dan juga mobil bekas milik perorangan.

5Carmudi.co.id

carmudi.co.id

Setelah sukses mengorbitkan situs jual beli properti lamudi.co.id, perusahaan asal Jerman Rocket Internet kembali membuat situs serupa namun dengan memperdagangkan mobil bekas.

Sebagai start-up yang didukung dana melimpah, carmudi.co.id sangat yakin dapat menjadi yang terbesar di Indonesia.

Apalagi setelah bekerjasama dengan dealer lokal dan showroom mobil bekas terkenal seperti Sky Moto dan Galeri Mobile.

Untuk makin meluaskan pasar dan memudahkan pelayanan, pada Juli 2015, carmudi.co.id telah meluncurkan aplikasi mobile yang tersedia pada playstore (android) dan app store (iphone).

Keunggulan Carmudi sebagai situs global, tentu referensi jual beli mobil makin luas hingga seluruh cabang Carmudi seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar, dan Filipina.

6Mobil123.com

mobil123.com

Boleh dibilang, inilah situs terbaik dalam hal jual beli mobil bekas di Indonesia. Mengikuti jejak ‘saudaranya’ rumah123.com yang menjadi situs jual beli properti terbaik, rumah123.com juga tak kalah tentunya.

Saat ini ada lebih dari 200.000 mobil bekas yang menjadi listing. Situs ini didirikan pada tahun 2008 sebelum akhirnya dibeli oleh iCar Asia (ICQ:ASX) asal Australia pada tahun 2012.

Selain di Indonesia, iCarBisnis juga memegang jaringan situs sejenis di negara ASEAN seperti ThaiCar.com dan Autospinn.com di Thailand, serta Carlist.my dan LiveLifeDrive.com di Malaysia.