Tanpa harus periksa lebih dulu ke dokter, sebenarnya kamu bisa mendeteksi sakit yang diderita lewat warna tinja lho.

Bahkan ketika kamu ke dokter, jika penyakitnya cukup serius, biasanya akan menggunakan bantuan deteksi warna tinja.

Deteksi warna tinja tersebut digunakan untuk mengumpulkan data observasi sebagai penentu kondisi tubuh dan obat apa yang harus dikonsumsi pasien.

Umumnya, warna tinja ini sangat sensitif dan menunjukkan kondisi organ di dalam perut. Bila warnanya kuning kecokelatan, tandanya tubuhmu normal.

Nah, kamu bisa cek sendiri di rumah dengan mencermati beberapa kondisi berikut ini sebagai patokan kondisi kesehatanmu;

1Warna Tinja Hijau

aliexpress.com

Tandanya kamu mengunyah makanan tidak lembut. Makanan terlalu cepat masuk ke dalam pencernaan, tapi prosesnya belum sempurna.

Dalam kondisi ini, kamu bisa mengalami diare bila kondisi terus menerus dibiarkan. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang warnanya hijau atau mengandung pewarna hijau.

2Warna Tinja Putih atau Pucat

id.aliexpress.com

Tandanya, kamu kekurangan cairan penting di dalam empedu. Kondisi ini bisa sangat berbahaya apabila selama berhari-hari warna tinja tidak berubah.

Jika warna tinja belum juga berubah selama lebih dari 3 hari, maka kamu harus segera mengecek kondisi kesehatan pada dokter, karena organ empedumu mungkin bermasalah.

Ada kemungkinan lain yang juga menyebabkan hal ini terjadi. Pada beberapa kasus medis, sebagian obat kimia dapat menyebabkan warna tinja menjadi putih atau pucat.

3Warna Tinja Kuning

ragamobat.com

Bila warna tinja kuning dan berbau tak sedap, tandanya tubuh sedang kelebihan asupan lemak. Maka kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang terlalu berlemak.

Kondisi ini juga bisa saja terjadi apabila asupan protein terlalu berlebihan.

4Warna Tinja Hitam

health.kompas.com

Tandanya, ada pendarahan di organ perut bagian atas ketika tinja yang keluar berwarna hitam.

Namun, hal ini juga bisa terjadi apabila tubumu kelebihan zat besi atau usai makan makanan yang berwarna hitam.

5Warna Tinja Kemerahan

health.kompas.com

Berhati-hatilah, sebab ada pendarahan di organ perut bagian bawah. Mungkin pendarahan di saluran kencing, atau karena ambeien.

Penyebab lainnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berwarna merah seperti buah naga merah, jus tomat, sup merah, dll.

SHARE