Hati-hati ya gaes, cara mandi yang salah bisa menyebabkan beragam akibat negatif lho. Salah satunya penuaan dini.

Wah, ngga mau kan dibilang usia 29 padahal masih 22? Hihi. Makanya, yuk dicek lagi sudah benarkah cara mandi kamu selama ini?

Sembarangan Memakai Produk Mandi

sabun-640x320
sidomi.com

Meski belum konklusif atau menjadi kesimpulan final, beberapa hasil penelitian menunjukkan ada banyak bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam produk-produk perawatan tubuh seperti Bisphenol A (BPA) dan triclosan.

Bahan-bahan itu sering dikaitkan dengan kanker, diabetes bahkan kegemukan. Untuk lebih amannya, sebisa mungkin pilih sabun atau gel mandi dengan sesedikit mungkin bahan tambahannya.

Membersihkan Bak Mandi Dengan Bahan Beracun

Artikel_94_Info-Bahan-Bangunan_Antara-Shower-Bathtub-dan-Bak-Mandi_332963
www.housing-estate.com

Bahan-bahan kimia memang bisa membersihkan bak mandi dari lumut maupun jamur dengan sangat cepat.

Tapi bahan-bahan yang tinggal disemprot lalu bilas tanpa perlu digosok, umumnya mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memicu kanker. Gunakan vinegar atau cuka apel, baking soda atau sejenisnya kalau mau lebih aman.

Mandi Terlalu Sering

mandi
pijatkesehatanjakarta.blogspot.com

Menurut hasil studi University of California, mandi terlalu sering menyebabkan terbilasnya bakteri yang justru menguntungkan dan dibutuhkan tubuh untuk mencegah infeksi.

Pakar Virologi John Oxford mengatakan, selama Anda sering mencuci tangan dan memperhatikan kebersihan di daerah intim, cukup untuk mandi dua hari sekali.

Mencuci Rambut Dengan Air Panas

take-a-shower
theredrangermind.blogspot.com

Saat mandi, perempuan seringnya membilas rambut dengan air yang terlalu panas, karena mengira, dengan demikian rambut akan menjadi lebih bersih.

Ini menurut penata rambut Andrew Barton. “Air yang suam-suam kuku lebih baik untuk folikel rambut. Air panas mengaktifkan kelenjar minyak dan menyebabkan rambut cepat berminyak setelah dicuci.”

Mengarahkan Pancuran Air Ke Wajah

shower kiki widyasari
baltyra.com

“Air pancuran yang panas bisa merusak jaringan kulit yang sensitif pada bagian pipi”, ujar pakar perawatan kulit Kaye Scott. “Cara terbaik membersihkan wajah adalah dengan menggunakan air di wastafel.”

Mandi Terlalu Lama

emmycov
health.detik.com

Ahli dermatologi Dr Anjali Mahto menganjurkan untuk tidak mandi terlalu lama. “Cukup berada di bawah pancuran atau berendam selama 20 menit. Air bisa menyebabkan iritasi. Semakin lama Anda mandi, kulit Anda akan semakin kering dan terancam iritasi.”

 

 

SHARE