Ketika seorang wanita menikah, maka satu hal yang sangat diidam-idamkan kehadirannya, yaitu buah hati. Apalagi kalau menikahnya di usia yang sudah cukup matang, bawaannya pasti ingin bersegera punya momongan. Bukankah begitu?

Tapi ternyata, keinginan terkadang berbanding terbalik dengan takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah.

Namun, kita sebagai manusia tetap harus mengikhtiarkannya bukan? Oleh karena itu, banyak dari pasangan yang belum dikaruniai anak melakukan program hamil dan sebagainya.

Pengetahuan untuk mempersiapkan kehamilan ini, tidak hanya dibutuhkan untuk mereka yang sudah berkeluarga saja lho, tapi untuk kamu yang belum berkeluarga pun, kamu tetap perlu tahu.

Langsung kita lihat saja yuk, apa yang perlu kita lakukan agar bisa cepat hamil.

Kurangi Mengonsumsi Minuman Berkafein

weyap.com
weyap.com

Wanita yang dalam sehari meminum 4 cangkir kopi, dapat menyebabkan penurunan kesempatan untuk hamil sebesar 25%. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 9000 wanita di Belanda.

healthtap.com
healthtap.com

Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan transportasi ovum dari ovarium ke rahim terhambat. Penelitian yang lain pun menyatakan bahwa kafein dapat menghambat proses pematangan sel telur.

Meningkatkan Kesuburan Suami Istri

etsy.com
etsy.com

Satu faktor yang mempengaruhi tingkat kehamilan adalah kesuburan suami ataupun istri. Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan ini adalah dengan mengatur menu dan pola makan.

pospopulers.blogspot.com
pospopulers.blogspot.com

Makanlah sumber-sumber makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. Misalnya saja istri dianjurkan untuk makan-makanan seperti kecambah, susu, ayam, dan alpukat.

ummi-online.com
ummi-online.com

Sedangkan untuk suami, cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengonsumsi ikan, daging, telur, dan lain sebagainya. Intinya jika kita makan dengan menu seimbang dan dengan pola yang sehat, maka hal ini bisa meningkatkan kesuburan.

Mencatat Masa Subur

sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Fertilisasi hanya terjadi apabila wanita berada pada masa suburnya. Oleh karena itu, agar kamu cepat hamil, maka kamu perlu memperhatikan masa subur. Masa subur itu adalah masa saat ovum siap untuk dibuahi oleh sperma.

likebiology.blogspot.com
likebiology.blogspot.com

Oleh karena itu, penting bagi setiap wanita untuk mencatat masa suburnya. Masa subur diketahui dari mencatat siklus haid. Bagi kamu dengan siklus haid yang normal, akan lebih mudah mendeteksi masa subur dibandingkan yang tidak normal.

Suhu basal tubuh pun dapat digunakan untuk mengetahui masa subur. Suhu normal tubuh antara 35,5-36 derajat celsius, tapi jika kamu sedang berada pada masa subur, maka bisa mencapai 37-38 derajat celsius.

Tapi solusi bagi kamu yang siklus haidnya tidak teratur, maka kamu bisa mengetahui masa suburmu dengan menggunakan alat tes kesuburan. Alat ini akan mengukur hormon LH yang keluar bersama urin sebelum terjadinya ovulasi.

Gaya Hidup Sehat

Salah satu penyebab seseorang sulit hamil adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja wanita perokok lebih punya kemungkinan sulit hamil dibandingkan yang tidak. Begitupula wanita yang sering mongonsumsi obat-obatan dan alkohol.

Jadi, jauhilah kebiasaan buruk yang akan merugikan diri kamu sendiri. Kamu nggak mau kan, sulit punya anak karena kebiasaan burukmu itu?

Kurangi Olahraga Saat Masa Subur

lighthouse-indonesia.com
lighthouse-indonesia.com

Melakukan olahraga sangat penting bagi tubuh, selain untuk membakar lemak, olahraga pun berfungsi untuk memberi asupan oksigen ke otak. Namun, jika kamu sedang dalam program hamil, maka kurangilah frekuensi olahragamu.

Kenapa kamu perlu mengurangi frekuensi olahraga? Ini dikarenakan olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan kelenjar di bawah otak tidak merangsang sel telur untuk berovulasi.

[td_smart_list_end]