pixabay.com

Cerdas Itu Ada Ciri dan Gejalanya Lho! Ini Buktinya

Posted on

Setiap manusia sejak lahir telah Tuhan anugerahkan berbagai kemampuan dan bakat. Mulai dari bakat menggambar, menulis, olahraga, serta bakat lainnya yang berbeda-beda. Tentu saja, bakat tersebut jika dilatih secara rutin akan menghasilkan kemahiran pada diri kita.

Jadi kita perlu mengetahui bakat apa saja yang kita miliki dan mencoba melatihnya untuk dapat dimanfaatkan untuk kebaikan diri dan lingkungan sekitar kita. Itulah yang sebenarnya orang sering menyebutnya sebagai kecerdasan.

Lalu bagaimana mengetahui sejauh mana kecerdasan kita? setiap orang cerdas rupanya memiliki ciri-ciri dan tanda serta gejala tertentu. Berikut  ini ulasan singkatnya.

Mau dan Mampu Mengakui Kesalahan yang Diperbuat

pixabay.com
pixabay.com

Salah satu kunci sukses dalam hidup adalah mengetahui dan mengakui kesalahan. Dengan melakukannya, berarti kamu mencoba untuk mencari jalan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Berbeda halnya dengan orang bodoh yang sering melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Sebagaimana pepatah mengatakan, hanya keledai saja yang terjerembab pada lubang yang sama dua kali.

Menyukai Hal-hal Berbau Seni

pixabay.com
pixabay.com

Orang yang cerdas juga menyukai keindahan. Dan seringkali keindahan itu bisa mereka dapatkan dari sebuah karya seni. Baik dalam bentuk lagu, tarian, pahatan, film, lukisan dan jenis karya seni lainnya.

Seperti halnya ketika orang awam harus berpikir keras untuk mencoba memaknai dan menikmati sebuah lukisan abstrak, orang yang cerdas bisa segera memahaminya dengan menggali keindahannya begitu mendalam.

Tak Jarang Begadang atau Aktif di Malam Hari

imgur.com
imgur.com

Pepatah mengatakan, “Orang sukses memanfaatkan waktu yang biasa disia-siakan orang lain”. Hal ini berlaku juga bagi orang-orang cerdas. Mereka memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Juga memperluas pertemanan.

Rata-rata orang sukses memiliki waktu tidur yang sedikit. Hampir sama halnya dengan orang-orang cerdas. Mereka sama-sama menyukai aktifitas produktif hingga sering begadang.

Tidak Pernah Merasa Pintar

pixabay.com
pixabay.com

Kemanapun mereka pergi, orang cerdas selalu “mengosongkan gelasnya”. Maksudnya mereka tidak akan pernah puas untuk terus mencari pengetahuan dan wawasan di lingkungan sekitar mereka. Inilah yang menjadi alasan kenapa para pribadi cerdas jauh lebih maju daripada lainnya.

Memiliki Kecerdasan Emosi yang Baik

pixabay.com
pixabay.com

Diantara perbedaan antara orang cerdas dengan orang pintar terletak pada kecerdasan emosinya. Walaupun keduanya memiliki wawasan dan pengetahuan yang relatif sama, orang cerdas memiliki kecerdasan emosi yang lebih baik daripada orang pintar.

Dengan kecerdasannya itu, mereka dapat mengatur dan menahan emosinya sesuai pada tempatnya. Sehingga mereka bisa menjaga hubungan dengan siapapun tanpa ada masalah berarti. Itulah kenapa, tak jarang orang cerdas juga memiliki banyak teman dan jaringan.

[td_smart_list_end]