Sebuah tempat yang gelap dan lembab disinyalir sering menjadi tempat berkumpulnya para makhluk astral. Bangunan tua yang bersejarah sering juga menjadi tempat angker.

Bangunan tua Belanda dianggap angker karena dulunya bangunan tersebut memiliki sejarah kelam seperti pembunuhan dan pembantaian. Sehingga dianggap arwah-arwah mereka yang mati masih berkeliaran.

Sering orang mendengar suara jeritan atau bahkan melihat sosok yang mengerikan. Bagaimana kamu tertarik dengan cerita horor dan mistis?

Berikut beberapa tempat di Indonesia yang kental dengan cerita mistisnya.

1Stasiun Manggarai

mohammadhabibie.blogspot.co.id

Stasiun Manggarai terkenal karena banyak bangkai kereta yang sudah tidak beroperasi. Bangkai kereta karena kecelakaan atau mungkin karena memang umurnya sudah tidak layak untuk beroperasi.

Tempat ini merupakan tempat kuburan kereta. Tersebar banyak cerita horor dan mistis. Ada saksi yang menuturkan kejadian yang menimpanya naik kereta pada tengah malam namun setelah turun kereta menghilang tidak terlihat lagi.

Ada juga yang menuturkan bahwa kereta KRL yang berjalan tanpa masinis pada dini hari. Bahkan wakil kepala tidak bersedia dimintai keterangan, menurutnya itu kewenangan dari Humas Daop Jabotabek.

Menurut Humas Daop Jabotabek bahwa seharusnya pada jam itu tidak ada jadwal kereta berangkat, dan lebih mengherankan lagi rangkaian kereta berjalan tanpa adanya pasokan listrik.

2Rumah Pondok Indah

ontheworld-5top.blogspot.co.id

Rumah besar yang sudah tidak dihuni tersebut memang sangat menyeramkan dan banyak cerita horor yang beredar. Setiap malam banyak orang yang lewat kemudian melihat sosok wanita di dalam rumah.

Bahkan seorang penjual gulai di sekitar pondok indah pernah melihat sosok bapak-bapak mondar-mandir di halaman depan rumah.

Belum lagi kejadian akhir September 2002 tentang hilangnya penjual nasi goreng di depan rumah kosong ini. Menurut saksi malam sebelumnya, penjual tersebut mengantar nasi ke dalam rumah. Pagi harinya hanya ada gerobak nasi goreng di depan rumah.

3TPU Jeruk Purut

ontheworld-5top.blogspot.co.id

Cerita horor yang sangat terkenal dari tempat ini yaitu hantu berkepala buntung. Menurut saksi seorang penjaga makam pernah melihat seorang pastur berjalan di antara makam.

Pastur ini berjalan tanpa kepala  dengan menenteng kepalanya sendiri di ikuti seekor anjing. Menurut penjaga makam itu kemungkinan dia salah pulang mencari makamnya.

Pastur tanpa kepala ini mencari makamnya yang berada di Unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam.

Konon jika kamu mau bertemu dengan hantu itu, kamu harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil.

4Lawang Sewu

indobackpacking.blogspot.com

Bangunan tua khas belanda yang dulunya pernah menjadi kantor Djawatan Kereta Api pada masa kolonial Belanda. Lawang sewu juga pernah dijadikan penjara oleh tentara Jepang.

Namun, di balik keindahan arsitektur bangunan belanda, ada cerita horor dan bernuansa mistis yang beredar di masyarakat.

Banyak saksi menuturkan sering melihat sosok wanita noni Belanda yang berada di dalam bangunan. Dan seringkali terdengar suara wanita menjerit ketakutan diduga suara jeritan noni belanda yang menyaksikan pembantaian oleh tentara jepang.

5SMA Tugu Malang

sman1-mlg.sch.id

SMA Tugu Malang yang terkenal dengan cerita horor dan mistis ini merupakan kompleks SMA 1, 2, 3, dan 4. Banyak sekali ceri menyeramkan yang beredar tentang kompleks SMA ini.

Lantai Berdarah adalah salah satu cerita menyeramkan yang ada di SMA ini. Lantai SMA di Malang ini dihiasi dengan bercak coklat kemerahan seperti darah. Konon walaupun sudah diganti ubin baru bercak merah akan tetap muncul.

Tentara tanpa kepala sering muncul di aula SMA Tugu ini, sampai sampai aula ini dilarang dikunjungi saat malam hari. Serta pernah ada siswa yang melihat sosok seperti pocong di lantai 2 SMA 1.

6Pulau Kumala

www.panoramio.com

Pulau kumala yang sekarang sudah dibangun menjadi tempat wisata modern dengan berbagai wahana wisatanya. Namun sebelum dibangun, Pulau Kumala dulunya hanya hutan yang berada di tengah sungai.

Di tengah sungai? Ya Pulau Kumala ini berada di tengah tengah Sungai Mahakam. Dulunya pulau ini sering tenggelam saat sungai mahakam meluap.

Menurut beberapa saksi banyak yang melihat sosok tinggi besar yang diyakini sebagai genduruwo. Ada juga yang melihat wanita sedang merenung namun setelah didekati malah menghilang.

gerbangrajatravel.wordpress.com
gerbangrajatravel.wordpress.com

Dahulu sebelum dibangun tempat wisata pernah ada kejadian aneh yang menimpa seorang bernama Amir yang merupakan warga sekitar yang berkebun di Pulau Kumala.

Ketika sedang berkebung Amir melihat goa yang biasanya tidak ada. Amir tanpa ragu memasuki gua dan menelusurinya sampai ke dalam. Di dalam gua seperti sebuah kapal yang mewah lengkap kabin dan kamarnya, ungkap Amir.

Sampai akhirnya Amir tertidur waktu itu dan dibangunkan temannya yang juga berkebun di Pulau Kumala. Amir menceritakan pengalamannya tersebut, namun tidak ada yang percaya.