Inilah Nabi Sulaiman seorang raja keturunan raja, seorang nabi keturunan nabi. Tentu saja ia adalah keturunan Nabi Ibrahim, ayah dari banyak nabi dan rasul. Allah subhanahu wa ta’ala memberikan banyak hal yang tidak akan dimiliki manusia zaman sekarang atas izin Allah.

Mari menyelami cerita Nabi Sulaiman dan memahami kedalaman hikmah yang diajarkan beliau pada setiap jengkal hidupnya. Sungguh, banyak hal yang dapat kita teladani dari Nabi Sulaiman.

1Awal Cerita Nabi Sulaiman

insinyurpenulis.wordpress.com

Nabi Sulaiman adalah anak Nabi Daud, keturunan Nabi Ibrahim dari jalur Nabi Ishaq. Siapa Nabi Daud? Ialah nabi yang dengan izin Allah kembali menyelamatkan Bani Israil dari keterpurukan dan kesengsaraan sepeninggal Nabi Musa.

Dalam kitab bible, Nabi Daud lebih dikenal lewat kisah David versus Goliath, dalam bahasa muslim lebih dikenal Daud melawan Jalut. Sebelum diangkat menjadi nabi, Daud adalah salah satu prajurit Raja Talut.

2Talut, Jalut, dan Daud

ldsscriptureteachings.org

Talut adalah seorang pemuda cerdas dan perkasa keturunan Nabi Yakub. Ia diutus Allah menjadi raja dan memimpin pasukan Bani Israil untuk melawan Jalut. Dengan izin Allah, Jalut akhirnya terbunuh.

Dan ternyata bukanlah Raja Talut yang membunuhnya, namun seorang pemuda bernama Daud, Daud membunuhnya dengan senjata ketapel. Maka dinikahkanlah Daud dengan putri Talut. Saat Talut wafat, Daud mewarisi kerajaan Bani Israil.

Kamu dapat mempelajari lebih jauh tentang kisah Nabi Daud di Al Quran surat Al Baqarah ayat 246 hingga 251. Untuk detil ceritanya dapat kamu baca di tafsir Ath Thabari dan tafsir Ibnu Katsir.

Itulah ayah Nabi Sulaiman, seorang nabi dengan puasa yang sangat istiqomah, sehari berpuasa, sehari berbuka. Bahkan diceritakan bahwa saat ikut berperang dan membunuh Jalut, usia Daud barulah 9 tahun.

3Masa Kecil Nabi Sulaiman

goddessmeca.com

Kamu dapat menemukan banyak kisah tentang berbagai mukjizat Nabi Sulaiman. Namun, mari lebih mendalami pondasi dan pengalaman yang dilakukan Sulaiman muda hingga akhirnya mencapai kematangan pikiran dan perbuatan yang sungguh mulia.

Nabi Sulaiman sejak kecil telah dikader dan dilibatkan oleh Nabi Daud dalam berbagai urusan kemasyarakatan. Kecerdasannya telah diasah secara mental dan sosial untuk disiapkan menjadi raja sepeninggal Nabi Daud nantinya.

4Kambing dan Kebun

pressandjournal.co.uk

Pada suatu ketika terjadilah permasalahan rumit antara dua orang masyarakat kerajaan Nabi Daud.

Perkaranya adalah kambing-kambing milik seorang (Si A) merusak dan memakan kebun milik orang lain (Si B), padahal kebun tersebut telah dirawat sekian lama dan akan dipanen.

Nabi Daud memutuskan penyelesaian perkara ini adalah Si A menyerahkan seluruh kambingnya kepada Si B sebagai ganti kebun yang telah rusak. Tetapi ternyata Nabi Sulaiman memiliki pandangan lain tentang masalah ini.

knightstemplarorder.org
knightstemplarorder.org

Sulaiman muda memberikan pertimbangan lain yang sama sekali berbeda kepada ayahnya sebagai alternatif penyelesaian masalah ini. Pertimbangannya adalah mewajibkan Si A merawat kembali kebun Si B hingga seperti semula.

Sebagai gantinya, Si B harus merawat kambing-kambing Si A dan diperbolehkan mengambil manfaat dari kambing tersebut seperlunya. Selama Si A berusaha merawat dan mengembalikan kondisi kebun Si B seperti semula.

Jika telah sampai saat kebun Si B telah kembali seperti semula, terawat dan siap untuk dipanen, maka Si A berhak mengambil kambing-kambingnya kembali secara penuh dan utuh.

thinkz-black.blogspot.com
thinkz-black.blogspot.com

Penyelesaian masalah ini diterima oleh kedua belah pihak dan sejak saat itu mulai terkenal lah Sulaiman dengan kecerdasannya dan kemampuannya dalam penyelesaian masalah (problem solving).

Kisah teladan lainnya tentang cerita Nabi Sulaiman sangat banyak dan sangat mungkin untuk digali dan dipelajari lebih jauh. Salah satu kisah masa muda Nabi Sulaiman di atas mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang berpikir.

Berpikir dengan bijak dan tenang penuh pertimbangan yang matang untuk kemaslahatan semua pihak. Kita belajar arti kata ‘adil’ kepada Sulaiman muda. Dan itulah yang harus dibiasakan sejak muda. Selamat belajar berlaku adil pada apapun.