Apakah kamu sering membaca cerita rakyat atau menyukai cerita rakyat? Wajar saja sih jika kamu suka. Soalnya cerita rakyat ini menuturkan kisah-kisah yang seolah-olah benar-benar terjadi.

dearbella-bella.blogspot.com
dearbella-bella.blogspot.com

Di Indonesia banyak sekali lho cerita rakyat yang berkembang, mulai dari cerita rakyat yang sangat dikenal oleh masyarakat. Sampai cerita-cerita rakyat yang hampir tidak dikenal atau hanya dikenal di masyarakat tertentu saja.

muitarapustaka.dbp.my
muitarapustaka.dbp.my

Nah, ditulisan kali ini kita akan mengulas beberapa cerita rakyat yang berkembang di daerah Jawa Tengah. Kamu tahu nggak cerita rakyat dari daerah Jawa Tengah ini? Kalau belum tahu langsung kita lihat saja yuk ulasannya.

1Jaka Tarub

deviantart.com

Jaka Tarub merupakan cerita rakyat yang cukup terkenal. Oiya, kamu pun perlu tahu kalau kisah Jaka Tarub ini punya banyak versi lho ya. Jadi jangan heran jika kamu baca dengan judul yang sama, tapi alur-alurnya agak-agak berbeda.

Memangnya Jaka Tarub ini cerita tentang apa sih? Secara umum, Jaka Tarub adalah cerita rakyat yang menceritakan kisah seorang pemuda yang menemukan selendang bidadari yang sedang mandi dan kemudian menyembunyikannya.

Akibat dari perbuatannya menyembunyikan selendang ini, salah seorang bidadari pun tidak bisa kembali ke kayangan dan pada akhirnya menikah dengan Jaka Tarub. Namun, di akhir cerita, sang bidadari pun tahu kalau selendangnya sengaja disembunyikan oleh Jaka Tarub.

2Nyi Roro Kidul

nyairorokidul.com

Cerita rakyat tentang Nyi Roro Kidul pun cukup santer terkenal di telinga masyarakat. Nyi Roro Kidul ini dikenal sebagai penguasa laut selatan. Bahkan akibat dari cerita ini, masyarakat Jawa ada yang mempercayai keberadaannya hingga hari ini.

Inilah dampak buruk dari cerita yang seolah-olah nyata ini. Terkadang bukan hanya permasalahan percaya atau tidak dengan kebenaran ceritanya. Namun berpengaruh juga terhadap akidah masyarakat.

3Ande-ande Lumut

negeri1001dogeng.blogspot.com

Ande-ande lumut merupakan cerita rakyat yang paling banyak dicari oleh anak-anak di seluruh nusantara. Ande-ande lumut berkisah tentang seorang pangeran yang menyamar menjadi seorang pemuda desa.

Saat melakukan penyamarannnya itu, maka ia mengubah namanya menjadi Ande-ande Lumut. Tujuan dari penyamarannya adalah untuk mencari seorang putri yang merupakan tunangannya, karena telah diusir dari kerajaan.

Ketika menyamar, ia pun tinggal di rumah seorang ibu bernama mbok Randa yang kemudian menjadi ibu angkatnya. Untuk mencari sang Putri, maka ia pun mengadakan sayembara mencari seorang istri.

Demikianlah sekilas mengenai alur cerita dari Ande-ande lumut ini. Jika kamu penasaran, kamu bisa browsing cerita selengkapnya atau membeli buku cerita rakyatnya ya!

4Joko Kendil

dongengceritarakyat.com

Satu cerita lagi dari daerah jawa tengah adalah cerita tentang Joko Kendil. Cerita rakyat ini cukup bagus untuk dibaca karena memiliki unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik.

Cerita mengenai Joko Kendil pun beredar di masyarakat dengan banyak versi. Hal ini menjadi hal yang sangat wajar, karena awalnya cerita rakyat ini berkembang dari mulut ke mulut sehingga di tengah perjalanannya terjadi distorsi cerita.

Joko Kendil merupakan cerita rakyat yang berkisah mengenai seorang pangeran yang dikutuk oleh ayahnya karena melanggar aturan. Ia dikutuk menjadi anak yang buruk rupa dan memiliki kepala seperti kendil.

Akibat rupanya ini, maka ia diasingkan dari kerajaan dan dititipkan untuk diasuh oleh seorang janda tua yang sangat mengidam-idamkan kehadiran seorang anak. Namun di akhir cerita, kutukan tersebut pun hilang ketika ia menikah dan dipeluk oleh istrinya di pelaminan.