Dosen senior FEUI yang dikenal sebagai ekonom, peneliti dan konsultan ini pernah menjadi staf khusus Menteri Keuangan dan berperan di G20.

Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional, komisaris di beberapa perusahaan publik, dan konsultan di berbagai lembaga internasional.

Ia lahir di Jakarta, 22 Agustus 1965. Ayahnya, Chairul Basri berasal dari Rao, Pasaman, Sumatera Barat dan merupakan kakak dari sastrawan Asrul Sani.

Siapakah ia?

Back

1. Menteri Keuangan ke-28

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya memilih Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia yang ke-28, dilantik Selasa, 21 Mei 2013.

Ia menggantikan Agus Martowardojo yang terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia. Chatib sebenarnya belum genap setahun menakhodai BKPM.

Namun, ia sudah dilantik menjadi Kepala BKPM pada 14 Juni 2012, menggantikan Gita Wirjawan yang menjadi Menteri Perdagangan.

Dalam pidatonya, SBY mengatakan dirinya telah mempertimbangan berbagai aspek sebelum menugaskan Chatib sebagai pengawal keuangan negara.

Menurut SBY, Chatib Basri adalah seorang ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas. Sekarang yang bersangkutan adalah Kepala BKPM.

duajurai.com
Back