Coba hitung, sudah berapa hari sejak pernikahan kamu? Bagaimana kehidupan pernikahan di awal-awal ini? Namun, pastinya jika kamu merasakan berbagai ciri ciri hamil muda di artikel ini, kamu dan pasangan pasti akan lebih bahagia bukan?

Jika kamu dan pasangan adalah pengantin baru berusia muda, selamat. Mulai sekarang akan banyak hal baru yang lucu, aneh, menjengkelkan dan tentu saja harus selalu dipenuhi rasa cinta.

healthymouthhealthybody.org.in
healthymouthhealthybody.org.in

Nah, jangan sampai hal ini jadi momen yang biasa saja, kamu harus menyiapkan suasana yang tepat untuk memberitahukan ciri ciri hamil muda yang kamu alami kepada suami.

Hal itu akan jauh menambah romantisme rumah tangga kalian bukan? Berikut ciri-ciri hamil muda yang mungkin kamu alami.

1Gejala PMS?

gulalives.com

Pre mestrual syndrome atau yang lebih populer disebut dengan singkatan PMS di Indonesia adalah gejala non-fisik yang lazim terjadi pada perempuan menjelang masa menstruasi.

Gejala non-fisik ini berupa berubahnya kondisi emosional yang dirasakan perempuan pada waktu sekitar satu atau dua minggu menjelang periode menstruasi kamu.

Tentu saja kamu akan segera ngeh bukan kalau sedang PMS? Atau paling tidak sahabat atau pasangan kamu yang akan merasa bahwa kamu memang sedang PMS dan selalu bad mood setiap waktu.

Nah, tumben saja kok bulan ini kamu atau pasangan kamu belum juga merasakan kalau kamu mengalami PMS? Kamu tidak harus bingung, malah justru kamu harus gembira, mungkin itu ciri ciri hamil muda.

Untuk memastikannya lebih jauh, kamu harus coba mengukur suhu basal tubuh kamu.

2Suhu Basal Tubuh

newkidscenter.com

Suhu basal tubuh adalah suhu terendah yang dapat dicapai tubuh manusia selama beristirahat, dalam keadaan tidur. Kamu bisa melakukan pengukuran suhu basal tubuh kamu saat baru saja bangun tidur.

Suhu basal normal berada di kisaran 35-36 ⁰C, saat terjadi ovulasi, suhunya akan meningkat pada kisaran 37-38 ⁰C. Ciri-ciri hamil muda ini disebabkan karena produksi hormon progesteron yang meningkat.

Keadaan suhu 37-38 ⁰C akan berlangsung selama 3-4 hari, masa ini disebut masa subur. Kamu harus mengamati suhu basal ini secara terus-menerus selama satu bulan.

Jika dalam 1 bulan suhu basal tubuh kamu tetap berkisar 37-38 ⁰C, kemungkinan besar saat itulah ovulasi sel telur terjadi. Artinya? Itu ciri-ciri hamil muda, selamat!

3Sembelit

hellodoctor.co.id

Kalau kamu merasakan sembelit, itu bisa jadi ciri-ciri hamil muda. Hal ini disebabkan karena hormon progesteron yang meningkat. Selain mengendurkan otot rahim, progesteron juga berpengaruh pada mengendurnya otot usus.

Terjadilah sembelit yang membuat kamu agak susah untuk buang air besar. Kamu bisa mengatasinya dengan meminum banyak air putih 8 gelas per hari (sekitar 2 liter). Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan.

4Perut Kembung

kawaiibeautyjapan.com

Selain menyebabkan sembelit, meningkatnya hormon progesteron juga akan membuat kamu kembung. Rasa kembung ini disebabkan karena pencernaan melambat. Dan inilah ciri-ciri hamil muda.

5Ptyalism

youtube.com

Ciri-ciri hamil muda yang satu ini juga kerap disebut hipersalivasi yang artinya air ludah berlebih sehingga kamu akan sering meludah. Penyebabnya adalah perubahan keasaman atau peningkatan produksi enzim ptyalin.

Perubahan hormonal pada ibu hamil mungkin menyebabkan terjadinya ptyalism ini. Biasanya kondisi ptyalism ini juga akan menyebabkan gejala muntah-muntah pada ibu hamil.

Cara mengatasinya, kamu harus mengurangi makanan yang mengandung tepung dan perbanyak minum air putih. Lama kelamaan ptyalism akan berkurang pada akhir trimester pertama.

SHARE