muslimahcorner.com

Cinta Atau Uang, Mana yang Lebih Penting dan Pantas Diperjuangkan?

Posted on

Ikatan pernikahan adalah pertalian jiwa dan fisik antara dua insan manusia, laki-laki dan perempuan. Namun, dalam banyak hal perkara cinta atau uang menjadi titik balik dan alasan perceraian.

Sebenarnya, manakah yang lebih harus diutamakan? Cinta atau uang? Hal ini adalah pembahasan yang tidak akan pernah habis. Tentu saja karena setiap pasangan memiliki penafsirannya sendiri tentang kehidupan.

Tetapi, setidaknya beberapa hal di bawah ini dapat menjadi pertimbangan alternatif untuk kamu dan pasangan yang sedang dalam masa-masa sulit permasalahan keluarga.

Kesepakatan Tentang Uang

butikdeha.com
butikdeha.com

Pernikahan adalah soal kesepakatan anta dua pihak. Dan tidaklah baik bahkan haram sebuah pernikahan yang dilakukan untuk menyakiti salah satu pihak, baik laki-laki maupun perempuan.

Jadi, kembalilah pada kesepakatan dan keputusan awal dulu mengapa kalian menikah. Sangatlah wajar jika istri menuntut untuk diberikan nafkah materi dalam bentuk uang karena memang itu adalah hak istri.

Wajar pulalah jika banyak istri meminta cerai karena uang dalam keluarga tidak terpenuhi. Hal ini kadang diperparah dengan sikap suami yang ignorant. Merasa bekerja mencari uang ia gunakan uang seenaknya untuk berjudi, mabuk, dan lain lain.

Cinta

ummi-online.com
ummi-online.com

Cinta adalah sebuah perasaan danĀ  perwujudan materi seperti uang tentu saja bisa membuat seseorang senang atau cinta. Namun, tentu saja cinta itu haruslah logis dan terukur.

Jika suami atau istri hidupnya terlalu boros hingga mengabaikan keuangan keluarga, tentulah hal tersebut tidak baik. Pun dalam penghasilan keluarga, istri hendaknya bersikap sabar jika suami telah berusaha sungguh-sungguh namun hasilnya sedikit.

Ada dimensi rezeki dalam kehidupan manusia dan dimensi rezeki itu dipegang otoritasnya secara prerogatif oleh Tuhan. Kamu tidak perlu khawatir karena manusia tidak akan meninggal sebelum seluruh rezekinya diterima selama hidup.

Bekerja Bersama

fimadani.com
fimadani.com

Memang sebenarnya menjadi hak dan fitrah seorang perempuan untuk tidak bekerja dan mengurus urusan rumah. Namun, di Indonesa seorang wanita yang bekerja membantu suami adalah hal yang lazim.

Dan boleh saja seorang perempuan bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Jadi, tidak perlu gengsi atau malu jika kamu sebagai perempuan harus ikut bekerja demi keluarga.

Kamu sebagai istri tentu akan mendapatkan kemuliaan yang lebih besar dengan membantu keuangan keluarga. Sementara suami juga harus lebih perhatian dan berusaha lebih keras agar istri tidak melakukan pekerjaan yang berat.

Bersabar dan Berdoa

muslimah.or.id
muslimah.or.id

Tentu saja muara dari semua perjuangan dalam keluarga adalah sabar dan doa. Kamu dan pasangan harus banyak bersabar dan berdoa. Semua hal duniawi harus dtopang dengan sisi moral agama.

Sikap sabar sangatlah penting dalam permasalahan keluarga, terutama dalam hal keuangan keluarga. Sabar dalam belanja kebutuhan rumah tangga, sabar dalam memberi pemahaman anak tentang kondisi keluarga.

Dan tentu saja sabar dalam bergaul dengan tetangga. Banyak keluarga yang terjebak dalam perilaku hidup mewah hanya karena malu dan berusaha mengikuti yang dilakukan tetangga. Padahal hal tersebut sangatlah salah.

Ibadah

cnn.com
cnn.com

Sekiranya perlulah dipikirkan kembali bahwa dalam sebuah pernikahan. Semua yang dilakukan akan menjadi ibadah. Bekerja itu ibadah, menyayangi pasangan ibadah, mendidik anak-anak ibadah.

Semuanya berada dalam satu kerangka ibadah yang dijanjikan menjadi balasan pahala oleh Tuhan. Maka, selalu niatkan semua yang kamu lakukan dalam keluarga sebagai ibadah.

pusatmuslimah.com
pusatmuslimah.com

Dengan cara terbut, kamu akan ikhlas dan mengerti bahwa cinta atau uang sama-sama bukanlah segalanya. Cinta dan uang hanyalah dua jalan diantara banyak jalan lain untukmenempuh ibadah yang lebih sempurna.

Jadi, setelah berbagai pertimbangan di atas, masihkah kamu berpikir untuk meninggalkan keluarga hanya karena kekurangan uang? Pikirkan lagi, renungi dan mintalah petunjuk pada Tuhan yang kamu percayai.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *