Pernahkah kamu mendengar tentang anak indigo? Yang biasanya sering digambarkan sebagai sosok anak yang mampu menerawang masa depan atau lebih dewasa daripada anak seumurannya.

Lebih dari itu, sebenarnya kondisi indigo pada anak merupakan keistimewaan yang harusnya bisa disadari sejak dini dan kelola dengan baik oleh para orangtua atau pengasuh anak.

Agar tak ada lagi kasus anak dengan tumbuh keistimewaan yang salah dalam pengasuhan sehingga sangat berpengaruh pada kejiwaan atau psikis mereka yang tentunya sangat menentukan masa depannya.

Istilah indigo sendiri pertama kali ditemukan oleh Nancy Ann Torp, seorang konselor pada tahun 1970-an. Saat itu dia sedang meneliti warna aura manusia dan menghubungkannya dengan kepribadian mereka.

Menurut Ustadz KH Abid Marzuki, Lc., dalam harian Pikiran Rakyat, “Anak-anak indigo memiliki kesadaran yang lebih tinggi daripada kebanyakan orang mengenai siapa diri mereka dan tujuan hidup.”

Dari penjabaran tentang kondisi indigo pada anak tersebut, memang benar bahwa anak yang mengalami kondisi indigo dalam tumbuh kembangnya sangat memerlukan perlakuan yang khusus.

Pertama, para orangtua atau pengasuh anak perlu memahami dulu ciri yang ditimbulkan oleh seorang anak dengan kondisi indigo pada dirinya.

Biasanya anak indigo secara psikis mempunyai jiwa atau karakter yang lebih dewasa disbanding anak seusianya. Mereka lebih mampu memahami kondisi sekeliling secara cepat di luar kemampuan umur yang seharusnya.

Secara fisik, anak indigo akan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan anak sebayanya. Jika anak autis mengalami keterlambatan, justru anak indigo memiliki pertumbuhan yang lebih cepat.

Gigi mereka akan muncul sebelum waktunya, dan bahkan mereka bisa berjalan atau berbicara juga sebelum waktunya.

Selain itu juga secara fisik tubuh mereka lebih besar dibanding rekan-rekannya, umumnya terlihat pada lingkar kepala, kening, gigi, serta bentuk wajah yang lebih lebar.

Secara kemampuan, anak indigo memiliki kemampuan telepati yang lebih, mampu memprediksi peristiwa yang akan terjadi, serta mampu membaca kejadian di masa lalu.