Apakah kamu ingat dengan beberapa tontonan di masa kecil dahulu? Beberapa bunga matahari di padang Teletubies, atau kelas bunga matahri-nya Crayon Shin-chan?

Selain itu juga ada si Hamster bernama Hamtaro yang sangat suka menyantap kwaci atau biji bunga matahari.

Apakah kamu juga salah satu yang di masa kecil dulu suka menyantapnya?

Hmm, rasanya bunga matahari memang sangat dekat dengan anak-anak. Namun banyak juga orang dewasa yang menjadikan bunga ini sebagai kesukaan.

Nah, sebenarnya apa sih manfaat dan bagaimana cirri-ciri dari bunga matahari ini? Yuk simak artikelnya berikut ini!

4Ciri-ciri Bunga Matahari

www.digaleri.com

Beberapa ciri-ciri yang merupakan suatu tanda khas atau pengenal dari bunga matahari adalah batangnya yang mampu berdiri kokoh, tegak dan tidak berbulu.

Kemudian batang ini bisa mencapai tinggi sekitar satu sampai tiga meter. Tinggi seklai bukan?

Namum umumnya bunga matahari ini memiliki umur yang relatif pendek, dia hanya bisa bertahan hidup dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Batang dari bunga ini bisasnya basah, memiliki daun tunggal berbentuk hati yang amat manis, serta bunga besar berkelopak kuning cerah yang menarik.

Di tengah-tengah kelopak bunga kuningnya tersebut, ada bunga kecil-kecil yang membuatnya semakin manis.

Itulah mengapa bunga yang dalam bahasa Jepang bernama Himawari ini disebut sebagai bunga matahari. Karena bentuknya yang bulat besar dan berwarna kuning cerah, seperti matahari.

3Beberapa Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

eharmony.co.uk

Nah, setelah kamu mengenal beberapa ciri-ciri dari bunga matahari ini, saatnya kamu tahu beberapa manfaat bunga ini bagi kesehatan.

Beberapa penyakit yang biasanya bisa diobati dengan cara herbal menggunakan bunga matahari ini antara lain adalah hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, reumatik, nyeri lambung, dan sebagainya.

Bunga matahari sendiri adalah tanaman herbal yang bisa dijadikan obat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

Selain bunganya, akar dari bunga ini juga bisa menjadi obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit seperti infeksi saluran kencing, radang saluran nafas, dan sakit kepala.

Selain itu biji bunga matahari juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati lesu atau lemah tubuh, disentri berdarah, dan merangsang nafsu makan.

Nah, disini kamu yang suka sekali ngemil kwaci patut berbangga, karena kwaci kesukanmu yang adalah biji bunga matahari ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat bagus.

Dan untuk daunnya, bunga matahari ini menyumbangkan gizi pengobatan herbal dari daunnya untuk menyembuhkan kanker lambung, kanker esophagus, dan malignan mole.

2Beberapa Manfaat Bunga Matahari Untuk Hiasan

id.aliexpress.com

Bunga matahari biasanya amat diminati kaum hawa untuk menghiasi pekarangan rumah.

Selain itu beberapa kebun atau taman bermain juga bisa diisi dengan pemandangan kebun bunga matahari.

Selain nuansa kuningnya yang menyegarkan, karena batangnya yang tinggi-tinggi, maka orang-orang bisa merasakan keteduhan dari bunga-bunga matahari tersebut.

1Beberapa Manfaat Bunga Matahari Untuk Kecantikan

www.youtube.com

Bagi para wanita, kecantikan wajah atau kulit adalah sesuatu yang patut untuk dijaga dan dirawat.

Nah, bunga matahari ini adalah salah satu tanaman herbal yang dapat membantu mereka merawatnya.

Beberapa manfaat bunga matahari adalah sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengusamkan kulit dan menyebabkan hadirnya penuaan dini berupa keriput-keriput halus pada kulit.

Hal ini karena dalam bunga matahari terutama pada bijinya, terkandung vitamin E yang mampu berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Selain itu tanaman ini juga mampu menyamarkan noda gelap pada kulit dan wajah. Serta juga dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

Nah, menarik bukan? Selain cantik ternyata bunga ini amat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tak rugi kok jika kamu berniat untuk membudidayakannya.