sumber gambar: aliexpressdotcom

6 Gejala Kanker Serviks Yang Harus Diwaspadai

Posted on

 

Seram kalau mendengar kata kanker, apalagi kanker serviks. Iya kan? Karenanya mengenali ciri-ciri kanker servik sejak dini merupakan salah satu langkah pencegahan.

Kanker serviks  penyebab kematian tertinggi wanita di dunia. Ia menyerang bagian mulut rahim. Cara pencegahan paling awal dengan menjaga kesehatan.

 

Penyebabnya adalah infeksi virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Jenis virus HPV yang biasanya menyerang adalah jenis virsus HPV tipe 16 dan 18.

Virus HPV  menyebar dan berpindah-pindah tempat dengan sangat mudah. Virus ini bisa berpindah ke tempat lain melalui perantara cairan, bahkan dengan hanya sentuhan.

 

Virus tersebut bisa bersarang di WC yang tidak bersih dan bisa menginfeksi orang yang menggunakan WC tersebut. Berbahaya sekali ya.

Perokok, orang yang kekurangan asupan vitamin C dan E serta asam folat juga cukup berisiko terkena kanker servik.

Mengetahui ciri ciri kanker serviks stadium awal penting agar bisa menangani penyakit tersebut sejak awal dan tidak makin parah. Berikut beberapa gejalanya:

Pendarahan

sumbergambar: dewieverlastingdotcom
sumbergambar: dewieverlastingdotcom

Terjadi perdarahan  tidak normal pada organ kewanitaan. Bedakan perdarahan menstruasi, perdarahan hubungan suami istri dan perdarahan yang terjadi secara tidak normal.

Jika terasa bahwa perdarahan yang terjadi sudah tidak sewajarnya seperti yang biasa dialami, segera periksakan diri ke dokter.

 

Nyeri Panggul

sumber gambar: disehatdotcom
sumber gambar: disehatdotcom

Nyeri pada bagian panggul tanpa alasan yang jelas, mungkin itu menjadi salah satu pertanda gejala kanker servik. Waspadailah hal ini.

 

Keputihan

sumber gambar: tribunnewsdotcom
sumber gambar: tribunnewsdotcom

 

Gejala keputihan mungkin sering dialami wanita. Tetapi gejala yang berbeda dan berlebihan  terjadi karena kanker. Maka sudah semestinya selalu waspada.

Sering Buang Air Kecil

sumber gambar: pondokibudotcom
sumber gambar: pondokibudotcom

Frekuensi buang air kecil  meningkat ketimbang kondisi biasanya. Jika  sedang dalam kondisi tidak hamil dan tiba-tiba mengalami gejala ini, harus curiga.

Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi sehingga membuat frekuensi buang air kecil meningkat.

Nyeri Saat Berhubungan

sumber gambar: kultwitdotinfo
sumber gambar: kultwitdotinfo

Ciri-ciri kanker servik yang lain bisa dirasakan ketika  melakukan hubungan suami istri. Rasa nyeri muncul saat melakukan hubungan dengan pasangan.

Pencernaan Terganggu

bidankudotcom
bidankudotcom

Kanker ini juga  membuat pencernaan  terganggu. Biasanya ditandai dengan sembelit yang parah dan rasa sakit saat Buang Air Besar.

 

So selalu jaga kesehatan tubuh  supaya kondisi tidak semakin drop. Karena penderita kanker servik akan mengalami penurunan nafsu makan dan turun BB.

 

Sudah tahu beberapa ciri-ciri kanker servik dan betapa berbahayanya penyakit ini?

Maka mulai sekarang harus lebih waspada. Harus lebih peduli dengan kesehatan sendiri dengan melakukan langkah-langkah pencegahan kanker servik sejak dini.

Supaya kita terhindar dari munculnya gejala kanker servik yang berbahaya ini. Selalu konsumsi makanan yang bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian tubuh.

Jaga selalu  kondisi lingkungan dan juga kebersihan tubuh. Terutama kebersihan area kewanitaan. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dll.

Oh ya, untuk mereka  yang sudah berpasangan, sebaiknya setia dengan satu pasangan saja ya. Sehingga hubungan suami istri terjaga dan sehat.

Jika ada yang  merasa sudah mengalami beberapa ciri-ciri kanker servik seperti yang tadi sudah dijelaskan, segeralah periksakan kondisi kesehatan  ke dokter.

Jangan sampai terlambat!

Siapa tahu  gejala-gejala  tersebut ternyata memang mengarah  pada kanker servik yang harus segera ditangani. Tanyakan kepada yang ahli agar bisa diselamatkan

Semoga informasi dan penjelasan ini bermanfaat. Stay save, stay healthy!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *