damai9.blogspot.com

Inilah Ciri-Ciri Burung Murai Batu Medan

Posted on

Hey, Guys! Buat kalian para kicau mania pasti sudah tidak asing lagi dengan burung murai. Ya, burung murai banyak sekali jenisnya, hampir tiap daerah mempunyai ciri-ciri berbeda. Mulai dari murai batu jawa, murai batu Bali dan murai batu Malang semuanya berbeda.

Salah satu keunikan yang tersendiri dari burung murai batu adalah kicauannya, karena kicauannya burung menjadi terkenal dan banyak diburu oleh para pecinta kicau burung.

Salah satu keunikan tersendiri dari burung murai batu adalah burung murai batu yang berasal dari Medan. Burung batu murai Medan memang begitu populer untuk saat ini dan sulit sekali untuk mendapatkannya.

burungkicau.net
burungkicau.net

Burung murai batu Medan hanya berasal dari kota Medan, dimana burung ini mempunyai kicauan yang sangat bagus, karena itu tidak heran harga burung ini sangat mahal. Apalagi yang ekornya panjang, harganya bisa mencapai lima ratus juta guys, bayangkan!

Bukan hanya kicauannya, tapi dari segi ciri-cirinya, burung murai batu medan juga punya karateristik yang unik lhoh Guys. Mau tahu ciri-ciri burung murai batu medan? Disimak yuk!

Bentuk Tubuh Burung

widodo.com
widodo.com

Burung murai batu medan ini mempunyai bentuk badan yang besar Guys. Meskipun begitu namun tetap proporsional kok. Why? Yups, karena badannya relatif panjang sehingga terlihat atletis.

Warna Tubuh Burung

tokopedia.com
tokopedia.com

Warna hitam di bulunya terlihat legam dan mengkilat namun di daerah kepala terlihat berwarna hitam yang bersemburat warna kebiru biruan jika terkena cahaya bahkan akan tampak lebih jelas bila terkena sinar matahari siang.

Di badannya terdapat tanda bercak bercak berwarna putih yang bentuknya seperti bulatan, biasanya bercak putih tersebut terdapat di sekitar daerah pangkal ekor dan pangkal paha kaki yang mendekati pangkal ekor.

Sedangkan warna kakinya merah gelap jika masih muda. Semakin menua, warna sisik kakinya akan cenderung berwarna hitam.

Selain itu bentuk kakinya murai batu medan bila dewasa dan tua akan menyerupai seperti lekuk sisi buah belimbing sering di sebut kaki belimbing dan terlihat gepeng.

Kebiasaan Burung

bursaburung.web.id
bursaburung.web.id

Umumnya murai batu medan memiliki kemampuan untuk membuka tutup ekor putihnya seperti kipas namun dengan gerakan yang dinamis serta cepat namun masih dapat terlihat dengan mata manusia yang memandangnya secara fokus.

Gerakan tersebut biasa dikenal dengan gerakan “ngipas”.

Konon, murai batu yang dapat melakukan gerakan ini dinilai memiliki kelebihan dan mental petarung. Nah, murai batu medan lah kebanyakan yang mempunyai kemampuan ini Guys. Jagoan lah ya kalau kita nyebutnya.

Must you know Guys, ketika murai batu mulai memainkan ekor putihnya itu berarti adalah saat awal emosinya mulai merasa terpancing dan kemudian biasanya akan diikuti dengan kicauan marah.

Yang juga terkadang kemudian diikuti dengan membusungkan dadanya yang terkadang menyerupai seperti bentuk kepala ular.

Kicauan Burung

muraibaturing.com
muraibaturing.com

Murai batu medan rata rata memiliki vokal suara dasar yang besar dan keras. Biasanya terdengar dari alunan kicauannya saat mengeluarkan suara suara alam dan hutannya.

Namun murai batu ini terkenal pintar meniru suara burung lain sehingga terkadang walau suaranya besar dan ngebas namun saat dia mampu meniru suara yang lain akhirnya bunyi tembakan serta crecetannya menjadi nyaring sekali dan terdengar sangat bagus.

Ini dapat kita perhatikan dan kita amati saat murai ini mengalunkan suara alamnya seperti suara tembakan air terjunnya yang panjang dan terkesan bergulung.

Bagaimana Guys tentang ciri-ciri burung murai tadi? Jika kamu memang kicau mania sejati tentu kamu akan tertarik dengan burung ini, hehe. Semoga bermanfaat ya!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *