Sesuatu yang diidamkan bagi setiap keluarga adalah memiliki keturunan. Apalagi bagi kamu pasangan yang baru menikah, pasti ngebet banget pengen punya momongan.

Ada yang cepat dikabulkan, ada yang harus menunggu lama baru bisa mendapat kehamilan. Yang pasti semua harap-harap cemas untuk memastikan kehamilannya.

Wanita sering salah mengartikan tanda-tanda kehamilan. Salah mengartikan perubahan-perubahan fisik pada dirinya.

Yang dianggap hamil ternyata hanya perubahan biasa, yang dianggap perubahan biasa ternyata mengarah kepada kehamilan.

Buat kamu yang ingin memastikan kehamilanmu atau pasanganmu, berikut ciri-ciri kehamilan yang harus kamu ketahui.

1Mual dan Muntah

infopkmpototano.blogspot.com

Ini ciri orang hamil yang sudah banyak diketahui orang. Rasa mual ini terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin).

Sehingga menyebabkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

Saat itu juga indra penciumanmu akan menjadi sensitif, bahkan pada bau makanan yang kamu suka juga bisa menyebakan mual dan muntah.

Menurut penelitian, penciuman yang sensitif ada maanfaatnya, yakni agar sang calon ibu tidak sembarangan dalam memakan makanan dan menghindarkan bayi dari racun yang berbahaya.

Mual juga belum tentu menunjukkan tanda kehamilan dan bisa saja dikarenakan penyebab lainya. Oleh karenanya ciri mual ini harus dibarengi dengan ciri yang lainnya.

2Mudah Kecapekan

www.kaskus.co.id

Tubuh kamu mudah capek dari sebelumnya? Seharian ingin bermalas-malasan saja? Mungkin kamu termasuk dalam ciri kehamilan ini.

Banyak faktor mengapa wanita yang baru masuk masa kehamilan mudah kelelahan. Salah satu penjelasannya karena tubuh yang masih beradaptasi dengan keberadaan si janin.

Dengan keberadaan janin, meningkat juga kerja organ-organ tubuh, diantaranya ginjal, jantung dan paru-paru. Selain itu mudah lelah juga dikarenakan menurunnya kadar gula dalam darah pada tubuh si ibu.

3Payudara Membengkak dan Lebih Lembut

aliexpress.com

Ciri lain kehamilan adalah ukuran payudara lebih besar dari sebelumnya. Selain lebih pembengkakan, ada rasa nyeri juga jika ada sentuhan.

Hal ini bisa dipahami karena tubuh anda sedang mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Tubuh akan memproduksi hormon progesteron dan estrogen yang lebih banyak dibanding sebelumnya.

Namun menurut penelitian, tidak semua wanita hamil mengalami proses ini, terutama jika mereka sudah sering mengkonsumsi pil KB.

4Bentuk Tubuh yang Berubah

hamilplus.com

Selain payudara, bentuk tubuh lain juga mengalami perubahan. Biasanya ditandai dengan pembengkakkan bagian perut, pinggul membesar, serta bagian dada.

Lengan dan paha pun biasanya akan terlihat lebih besar dari biasanya. Jadi sekilas orang hamil akan terlihat lebih berisi dari biasanya akibat pembengkakan tadi.

5Tiba-tiba Ngidam Makanan Tertentu

abiummi.com

Nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba sang istri penget banget nggak ketulungan sama makanan yang susah dicari.

Bayangin aja kalau ngidam buah-buahan yang bukan musimnya. Atau ngidam makanan yang nggak ada ngejual di tengah malam.

Perubahan hormon dalam diri sang istri inilah yang menyebabkan ia tiba-tiba berubah selera dan pola makan. Jadi siap-siap aja bagi sang suami buat keliling kampung dan kota demi nurutin ngidamnya istri.

6Sering Buang Air Kecil

perawat.co

Waktu hamil, janin yang tumbuh dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.

Keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering karena kandung kemih yang lebih cepat dipenuhi urine. Jadi wajar jika ibu hamil bolak-balik ke kamar mandi pada trimester pertama.

7Telat Datang Bulan

klikdokter.com

Bagi kaum wanita, ciri ini yang sering jadi patokan dan dugaan kehamilan. Hitungan haid memang jadi siklus yang setiap wanita pasti memperhatikannya.

Namun bisa jadi keterlambatan datangnya menstruasi dikarenakan hal lain, seperti karena stres, program diet atau gangguan hormonal.