Kista adalah penyakit yang menyerang alat reproduksi wanita, berbentuk kistik dan berisikan cairan-cairan kental, cairan ini dapat berupa nanah, udara ataupun bahan-bahan lainnya.

Selain itu ditemukan pada beberapa kasus penderita kista yang berbentuk anggur. Kista adalah jenis tumor jinak yang sering ditemui pada wanita yang terbungkus selaput semacam jaringan-jaringan.

Tumor pada reproduksi wanita atau lebih dikenal dengan kista menyebabkan pembengkakan area yang terkena tumor. Pertumbuhannya pun dapat dikategorikan tumor ganas dan tumor jinak.

Pembesaran kista dan jaringan menyebabkan rasa nyeri bagi penderitanya, dalam kasus tertentu terjadinya rasa nyeri dapat ditimbulkan karena pendarahan di dalam kista atau terpuntirnya kista sehingga mengganggu pembuluh darah sekitar.

1Rasa Nyeri

holisticwellness.ca

Nyeri perut pada bagian bawah, seperti nyeri ketika haid. Ada yang rasanya mulas serasa diremas-remas, ada yang rasanya ditusuk-tusuk, dan berbagai macam rasa nyeri yang sulit ditahan.

Bisanya, rasa nyeri ini disertai demam. Ada juga yang terserang nyeri perut hebat dengan disertai mual dan muntah.

Biasanya, perempuan juga merasakan sakit pada perutnya ketika digerakkan. Ini diakibatkan oleh adanya robekan pada kista, pendarahan ke dalam kista itu sendiri atau ketegangan.

Penyakit kista baru dapat diketahui apabila penderita melakukan pemeriksaan USG. Dengan dilakukannya pemeriksaan, maka penanganan dini akan segera dilakukan oleh pihak kesehatan.

Jika ternyata penyakit kista ovarium yang menyerang, maka dokter akan melakukan langkah selanjutnya untuk penyembuhan.

2Sakit Pinggang Belakang

zonabaca.blogspot.com

Sakit pinggang bisa juga disebabkan karena adanya kista ovarium. Selain dapat menimbulkan rasa sakit perut bawah sebelah kiri atau kanan, kista ovarium juga merupakan penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri. Hal ini tergantung ovarium mana yang terdapat kista tersebut.

3Haid

pondokibu.com

Adanya perubahan pada masa haid, contohnya terlambat datang haid atau terjadinya pendarahan diantara periode haid.

Kista atau tumor jinak yang biasanya menyerang wanita adalah kista ovarium. Pada wanita yang mengalami kista ovarium akan menyebabkan gangguan menstruasi, adapula yang mengeluhkan siklus menstruasi terlambat akibat adanya kista folikel.

Ketika mengalami masalah dengan menstruasi yang ditandai dengan nyeri setiap menstruasi kemungkinan kista membesar, untuk lebih lanjut dapat diperiksakan pada ahlimedis.

Kista mempengaruhi siklus haid perempuan karena system hormonal yang terganggu. Secara alami, hormone akan meregulasi pertumbuhan sel telur di ovarium. Medis belum mampu dengan gamblang menjelaskan bagaimana siklus hormonal perempuan penderita terganggu.

4Benjolan di Daerah Perut

suararakyatindonesia.org

Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makin besar. Kista tidak hanya bisa berkembang di tubuh dan indung telur atau ovarium wanita saja.

Tetapi bisa juga tumbuh di otak, usus dan paru-paru. Debu dan polusi udara dapat menyebabkan penyakit kista.

Mengapa demikian? Karena dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas dari kendaraan bermotor bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga kista menjadi lebih mudah berkembang.

Selain itu faktor lingkungan, makanan pun turut ambil andil. Zat – zat lemak tidak mampu pecah dalam proses metabolisme oleh karena makan terlalu banyak lemah atau lemak yang tidak sehat sehingga hormon testosteron menjadi meningkat pada wanita.

5Nyeri Ketiak

galleryhip.com

Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan ada yang bisa sampai pingsan karena tidak tahan saking sakitnya menahan.

6Selalu Ingin BAB/BAK

health.kompas.com

Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seni.

SHARE