Belum lama ini publik dihebohkan dengan penyakit radang selaput otak atau meningitis yang menimpa komedian Olga Syahputra. Kabar tumbangnya Olga gara-gara penyakit ini menjadi bahan pembicaraan dan hal yang cukup menakutkan dibidang kesehatan.

Sebenarnya apa sih penyakit meningitis ini? Meningitis merupakan gejala meradangnya lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain itu juga dapat disebabkan oleh jamur, luka fisik, mikroorganisme dan obat-obatan tertentu, juga parasit yang menyebar ke darah kemudian ke otak.

Penanganan serius harus dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Pasalnya, letak penyakit berdekatan dengan otak dan tulang belakang.

Akibatnya, akan terjadi kerusakan gerak, pikiran bahkan terjadi kematian. Pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan karena akan diketahui bagaimana tindakan pengobatannya. 

Baca Juga : 4 Penyebab Penyakit Meningitis yang Harus Kamu Waspadai

Meningitis ini terbagi dua, meningitis viral dan meningitis bakteri. Meningitis viral tidak terlalu berbahaya. Dalam kondisi parah menyebabkan deman berkepanjangan dan kejang. Adapun meningitis bakteri harus mendapatkan perawatan dan pengobatan serius untuk menghindari kerusakan otak.

Lantas, bagaimana ciri-ciri dan gejala awal dari penyakit meningitis ini? Sebagian orang akan kebingungan karena ciri-cirinya yang hampir sama dengan penyakit flu dan infeksi. Gejala meningitis bisa disebabkan oleh bakteri yang berkembang bisa dalam hitungan jam atau selama beberapa hari.

Berikut ciri dan gejala meningitis yang lebih umum:

1Demam dan Kejang

www.petiteelle.asia

Jika bayi deman tinggi hingga kejang-kejang, segera periksakan ke dokter. Meski demikian tidak semua gejala yang sama dialami bayi yang menderita meningitis.

Sementara pada orang dewasa suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh. Segera periksakan ke dokter ya

2Muntah

gigisusu.net

Jika bayi muntah-muntah, jangan menganggap itu hanya gumoh biasa. Segera bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Karena salah satu ciri meningitis adalah demam yang disertai muntah.

3Menangis Bernada Tinggi

www.mom365.com

Perhatikan jika bayi menangis tidak seperti biasanya,  bayi juga terlihat tidak nyaman dengan kondisinya. Nada menangisnya bisa jadi sangat tinggi.

Bayi saat menjadi mudah menangis dan emosi segera periksakan ke dokter. Apalagi jika disertai dengan beberapa ciri meningitis yang lain.

4Sakit Kepala Parah

beritabojonegoro.com

Kamu merasakan sakit kepala parah hingga muntah atau mual. Karena peradangan selaput otak, maka sakit kepala menjadi pertanda yang mudah ditemui.

5Ruam pada Kulit

www.sehatfresh.com

Timbul binti-bintik merah pada kulit berupa ruam, disertai agak gatal. Tanda-tanda tersebut harus diperiksakan jika ikut muncul bersama dengan tanda-tanda yang lain.

6Pencegahan

boredpanda.com

Jika kamu ataupun orang terdekat mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, ada baiknya segera memeriksakan diri sebelum terlambat.

Periksa secara rutin dan jika mengalami kondisi fisik yang tidak biasanya. Makan makanan sehat dan pola hidup teratur dapat membantu diri kamu terhindar dari penyakit.

Untuk mencegahnya penyebaran penyakit ini, tingkatkan kebersihan lingkungan dan tingkatkan kebersihan diantara orang-orang dengan resiko infeksi.

Hal terutama adalah menjaga kebersihan tangan. Pasalnya, tangan media paling beresiko untuk menyebarkan virus dan bakteri. Biasakan mencuci tangan setelah beraktivitas.

Selain itu, hindari berbagi peralatan dengan si penderita seperti piring, gelas, sedotan, handuk dan peralatan lainnya. Juga tutuplah hidung dan mulut saat bersin. Selain itu, konsumsilah antibiotik jika kamu sedang bersama-sama dengan penderita. Hal ini merupakan pencegahan penyebaran virus.

Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit menular. Kuman yang menyebabkan penyakit meningitis ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melaui batuk dan kontak pada jarak yang dekat.

Untuk itu penting sekali untuk segera pergi kedokter jika gejala-gejala meningitis dirasakan oleh kamu dan orang-orang terdekat kamu.

Karena hanya dokter yang dapat menentukan apakah penyebab meningitis yang kamua derita.

Setiap penyebab meningitis mendapatkan penanganan dan terapi yang berbeda. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat mematikan jika tidak segera diobati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu.

SHARE