Pernahkah kamu mempelajari tentang tata surya? Kumpulan-kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari dan semua objek yang terikat dengan gaya gravitasinya.

Objek yang terdapat dalam tata surya itu termasuk delapan buah planet yang memiliki orbit berbentuk elips.

Planet merupakan benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk mempunyai gravitasi sendiri. Setiap planet memiliki tempatnya tersendiri, mulai dari yang dekat dengan matahari hingga yang terjauh.

Selain itu, planet juga memiliki ciri-ciri yang menggambarkan dirinya. Berikut ini ciri-ciri dari delapan planet yang berputar mengelilingi matahari.

1Merkurius

resepmasakanku.co

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari, planet ini terasa sangat panas jika siang hari dan dingin ketika malam. Langit dari Merkurius berwarna hitam dengan permukaan yang penuh kawah.

Kawah Merkurius disebabkan karena planet ini tidak memiliki atmosfer sehingga banyak meteorit yang dapat menembus masuk.

Planet dengan diameter sekitar 4.880 km ini tidak memiliki satelit dan memiliki periode revolusi selama 88 hari, sedangkan periode rotasinya selama 59 hari.

2Venus

theastralsoul.wordpress.com

Planet terbesar ke-6 ini merupakan planet yang paling dekat dengan Merkurius. Venus adalah planet yang paling panas dengan suhu mencapai 480oC, karena planet ini ditutupi awan tebal karbondioksida.

Arah rotasi Venus merupakan kebalikan dari Bumi, yakni dari timur ke barat, sehingga matahari terbit dari barat. Planet yang memiliki diameter sekitar 12.104 km ini tidak memiliki satelit. Periode revolusi planet ini adalah 225 hari dan periode rotasinya 243 hari.

Planet Venus dapat dilihat dengan mata telanjang, biasanya terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga Venus memiliki julukan sebagai bintang fajar atau bintang kejora.

3Bumi

pasukanpanjihitam.wordpress.com

Planet Bumi disebut juga planet kehidupan, karena Bumi adalah satu-satunya planet yang menjadi tempat tinggal untuk makhluk hidup karena memiliki air dan oksigen. Bumi dilindungi oleh lapisan ozon yang menjaga dari paparan sinar ultraviolet B dan ultraviolet C.

Bulan merupakan satelit yang dimiliki oleh Bumi, selain itu Bumi juga memiliki banyak sekali satelit buatan, salah satunya adalah satelit Palapa. Jika dilihat, Bumi ini berwarna biru karena partikel udara di atmosfer memantulkan cahaya berwarna biru.

Planet dengan diameter sekitar 12.700 km ini memiliki periode revolusi selama 365 hari dan periode rotasi 23,9 jam.

4Mars

en.wikipedia.org

Planet Mars atau planet merah, dijuluki demikian karena permukaan planet ini mengandung batuan besi. Planet ini memiliki gunung tertinggi di tata surya, tingginya mencapai 26.000 meter. Mars memiliki dua satelit yakni Phobos dan Deimos.

Atmofer dari planet yang berdiameter 6.780 km ini tersusun dari karbindioksida yang sangat tipis. Periode revolusi Mars selama 1,9 tahun dan periode rotasi 24,6 hari.

5Jupiter

nevanahartien.blogspot.com

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya, planet ini memiliki cincin yang terbuat dari debu bekas gagalnya pembentukan satelit alam. Planet terberat ini memiliki 63 satelit yang diantaranya Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Planet ini memantulkan 70% cahaya matahari yang mengenai permukaan dan terdiri dari 10% gas helium serta 90% gas hidrogen. Di planet Jupiter terdapat bintik merah raksasa seukuran Bumi yang disebabkan oleh badai raksasa dahulu kala.

Jupiter memiliki diameter sekitar 139.880 km dengan periode revolusi 11,9 tahun dan periode rotasi 9,8 jam.

6Saturnus

www.kaskus.co.id

Planet berdiameter sekitar 116.464 km ini menempati urutan kedua sebagai planet terbesar setelah Jupiter. Planet ini memiliki diameter 10 kali dari diameter Bumi.

Saturnus memiliki cincin dari debu halus, kerikil, dan butiran-butiran es yang mengelilinginya. Tebal cincin tersebut sekitar 10-1.000 meter dan lebarnya 275.000 km.

Satelit yang dimiliki oleh Saturnus berjumlah 22 dan yang terbesar bernama satelit Titan. Periode revolusi dari Saturnus sekitar 29.5 tahun dan periode rotasinya 10.7 jam.

7Uranus

www.youtube.com

Uranus merupakan planet yang beratmosfer tebal yang berwarna hijau karena mengandung metana sehingga sulit untuk diamati. Planet ini dikelilingi 5 buah satelit dengan 2 satelit yang paling besar bernama Titania dan Oberon.

Planet berdiameter sekitar 50.274 km ini memiliki permukaan yang terdiri dari es, air, metana, dan amoniak. Periode revolusi dari Uranus sekitar 84 tahun dan periode rotasinya 15,8 jam

8Neptunus

www.anakcemerlang.com

Planet yang nampak kembar dengan Uranus ini memiliki diameter kurang lebih 48.600 km, suhu permukaannya lebih dingin dari Uranus yang mencapai minus 200oC. Neptunus merupakan planet terbesar ketiga dengan dua buah satelit, yakni Triton dan Nereid.

Periode revolusi dari Neptunus selama 164,8 tahun dan periode rotasinya kurang lebih 15 jam 48 menit. Planet ini memiliki warna permukaan hijau kebiruan dengan atmosfer yang terdiri dari es, air, metana, amoniak, gas hidrogen, dan helium.