ragamobat.com

Waspadai Ciri-ciri Usus Buntu Sekarang Juga!

Posted on

Siapa sich yang pengen sakit guys, secara sakit itu tidak enak dan tidak nyaman, apa-apa susah, ribet, gak boleh ini dan itu, gak bisa begini dan begitu, tentu dunk semua orang gak pengen sakit dan hidup sehat trus.

Tapi namanya sakit juga tidak bisa diprediksi ya, kadang menjaga tubuh dengan baik dan teratur saja masih bisa sakit, masih kena penyakit lain atau tertular dari orang lain, apalagi mereka yang acuh tak acuh dan tidak peduli, tentu peluang sakitnya lebih besar.

Namanya menjaga dari sakit juga tidak mudah ya, butuh ilmu pengetahuan, butuh kesigapan dan kesiapan dalam melakukan sesuatu, tidak hanya sekedar makan dan minum teratur saja, tapi juga butuh kesigapan jika ada tanda-tandanya walau tanda itu sedikit.

Salah satu yang perlu harus kita ketahui dan kita pahami yaitu tanda-tanda sakit usus buntu guys, yup kenapa kok usus buntu? usus buntu ini merupakan penyakit yang berbahaya lho, karena letak sakitnya di dalam tubuh kita.

Banyak orang menyepelekan atau salah paham tentang penyakit ini, penyakit usus buntu sering disangka sebagai penyakit lain, seperti keracunan makanan, sindrom iritasi usus yang parah, konstipasi biasa, dan infeksi saluran kemih.

Usus buntu itu sendiri adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar (tempat tinja terbentuk). Tidak ada yang tahu kenapa kita memiliki usus buntu dan pengangkatannya pun tidak mempengaruhi kesehatan.

Usus buntu yang juga memiliki nama apendix ini secara normal terletak di bagian perut kanan bawah, penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis. Ketika terjadi radang, usus buntu akan membengkak, penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi.

Jika usus buntu ini mengalami peradangan dan tidak segera diobati, maka akibatnya bisa meledak atau pecah.

Kemudian terjadi infeksi yang akan menyebar ke lapisan perut (peritonium). Pada lapisan perut tersebut terdapat banyak pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan infeksi mudah menyebar ke seluruh aliran darah.

Tapi kamu tak perlu khawatir jika penyakit ini menyerang secara tiba-tiba tanpa diketahui gejalanya. Tidak. Gejalanya sangat mudah dikenali. Kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter apabila timbul ciri-ciri usus buntu.

Deteksi dini lebih baik dilakukan sebelum kamu ke dokter. Dengan mengetahui apa saja tanda-tanda usus buntu, kita akan lebih mudah melakukan pertolongan pertama. Inilah 7 ciri-ciri terserang usus buntu.

Sakit Perut Kanan Bawah

hariansehat.com
hariansehat.com

Ciri-ciri yang pertama yang harus kita tahu adalah sakit perut kanan bawah, dimana sakit perut ini sakitnya terletak di kanan bawah saja, tidak semuanya. Mungkin saat pagi hari atau malam hari tak ada angin, tak ada makanan masuk, tak ada air masuk, tiba-tiba kamu sakit perut sebelah kanan, nah itu bahaya lho, harus segera di cek.

Tapi berbeda ya guys, ketika sakit perut saat lapar atau saat pengen buang air besar, sakit perut ini melilit kayak linu di bagian kanan bawah saja.

Banyak sekali organ dalam tubuh yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Misalnya saja ada organ dalam perut, ginjal, liver, sampai salah otot pun dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan

Sakit perut ini termasuk gejala utama usus buntu lho, jadi jangan disepelekan atau dibiarkan begitu saja. Biasanya, pada awal mula, sakit perut akan dirasakan di daerah sekitar pusar lalu dalam hitungan beberapa jam sakit akan berpindah ke perut kanan bawah.

Sakit perut tersebut akan terasa semakin hebat saat berjalan, bersin, batuk, dan semua bentuk gerakan yang dilakukan oleh tubuh, saat itu mau tidak mau jika kamu mengalaminya, kamu harus segera konsultasi ke dokter, jangan sampai tidak, karena akan lebih bahaya lagi jika dibiarkan atau kita acuh tak acuh.

Sakit perut itu sendiri secara medis, nyeri perut dapat digolongkan berdasarkan letaknya. Ada yang terletak hanya di satu titik, misalnya pada bagian perut kanan bawah atau di tengah perut atau juga di perut kiri bawah. Namun kadang sakit perut terjadi merata di seluruh perut sehingga kita sulit menggambarkan lokasi nyeri perut yang tetap.

Perlu diketahui juga kenapa kamu ketika mendapat sakit semacam ini perlu segera ke dokter, karena mungkin saja sakit perut kanan bawah ini tidak cuma gejala usus buntu, tapi juga bisa penyakit lain yang lebih parah dari usus buntu, seperti batu kantung empedu, batu ginjal dan hernia.

So jangan sepelekan ya, jika sudah merasa sakit seperti itu.

Sakit Perut Cepat Memburuk

holisticwellness.ca
holisticwellness.ca

Ciri-ciri yang berikutnya adalah ciri khas lainnya  dan yang masih berkaitan dengan sakit pada bagian perut yaitu rasa nyeri yang berkepanjangan. Mungkin biasa ya sakit perut dan  nyeri sekali atatu dua kali, tapi nyeri yang satu ini berkepanjangan, terus-terusan, hitungannya tidak hanya dalam menit tapi juga jam bahkan ada juga yang sampai sehari penuh merasakan sakit nyeri.

Jika kamu sudah terserang rasa nyeri ini, maka akan semakin cepat bertambah sakitnya seiring hitungan jam, semakin lama semakin terasa sakit, seperti semakin parah sakitnya dan kamu tidak akan tahan dengan rasa sakit itu.

Meskipun saat itu, kamu tidak mempunyai riwayat penyakit perut sebelumnya. Rasa nyeri ini bisa datang tiba-tiba dan dengan frekuensi yang cukup panjang, sehingga para penderita usus buntu  rata-rata memang sangat tersiksa jika sudah kambuh.

Badan Panas atau Demam Ringan

nbcnewyork.com
nbcnewyork.com

Gejala lain dari usus buntu yaitu beberapa di antaranya mirip dengan penyakit lain, yaitu demam atau meriang. Demam ini terjadi dalam tubuh secara mendadak tanpa ada penyebab yang biasanya menjadi penyebab demam.

Demam itu sendiri adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam juga merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.

Ketika mengalami sakit perut di bagian kanan bawah dimbangi rasa nyeri yang berkepanjangan, maka tubuhmu juga akan mengalami kenaikan suhu. Jika demam kamu sudah mencapai suhu yang tinggi maka itu sebuah pertanda ada sesuatu yang sudah infeksi yang ada di dalam tubuh kamu.

Kamu bisa saja menjadi tidak enak, menjadi sulit berdiri tegak dan bergerak leluasa seperti biasanya. Hati-hati, bisa jadi itu merupakan ciri-ciri peradangan usus buntu, jangan disepelekan dan jangan beli obat warung untuk mengatasi demam dan sakit perut, segera konsul ke dokter terdekat.

Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan

sains.me
sains.me

Gejala tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya hanya terjadi  bagi para ibu yang sedang hamil muda, tapi gejala ini juga terjadi pada pria, biasanya gejala ini terjadi di awal . Ciri-ciri ini muncul sebelum adanya rasa sakit di perut, bagi seorang wanita yang sedang hamil mungkin terlihat sudah menjadi hal yang umum, tapi bagi pria tentu berbeda.

Tapi uniknya gelaja seperti ini banyak terjadi bagi wanita yang hamil saja, tentu ini menjadi kewaspadaan bagi para pria yang istrinya tengah hamil, ketika mengalami gejala itu jangan hanya dipandang biasa umunya wanita sedang hamil, tapi harus benar-benar dicermati apakah ada atau tidak gejala seterusnya.

Biasanya rasa mual yang berakhir muntah ini akan lebih intens terjadi ketika sakit perut datang dan diikuti gejala lainnya yang semakin memburuk.

Sembelit

ragamobat.com
ragamobat.com

Sembelit atau susah buang air besar akan terjadi ketika mengalami sakit usus buntu , gejala ini akan terasa tidak enak sekali, bahkan kamu akan berjam-jam di kamar mandi hanya untuk buang air besar.

Pengertian sembelit secara jelas seperti ini. Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Sembelit mungkin bisa diatasi dengan obat atau yang lain, tapi sembelit ini tidak hanya terjadi satu kali saja, tapi terjadi beberapa kali, padahal kondisinya kamu biasanya lancar-lancar saja, biasanya kamu juga rajin makan makanan yang berserat.

Sembelit yang seperti ini bukan sembelit biasa, harus benar-benar kamu perhatikan betul, karena bisa saja ini salah satu tanda gejala sakit usus buntu yang tidak boleh disepelekan begitu saja.

Sedangkan untuk wanita sembelit punya ciri tersendiri. Sembelit adalah derita tersendiri buat kaum wanita. Berhari-hari tidak buang air besar tentu saja membuat perut jadi begah.

Tak hanya itu saja, perut pun terasa membuncit karena proses pembuangan menjadi tidak lancar selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Perbandingannya empat wanita banding satu pria. Wanita pekerja yang berusia 18-55 tahun lebih cenderung mengalami gangguan pencernaan terutama sembelit.

Diare

wartapriangan.com
wartapriangan.com

Ciri-ciri dan gejala sakit usus buntu adalah diare, yup diare, yang tadinya kamu mengalami sembelit tapi setelah itu kamu diare, sakit perut yang tidak enak atau melilit dan terus-terusan mengeluarkan air besar.

Untuk pengertian diare sendiri adalah merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang hingga berminggu-minggu.

Namun, pada ciri-ciri diare ringan yang mengeluarkan banyak lendir di dalam feses disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter. Pastikan apakah gejala tersebut termasuk radang usus buntu atau tidak.

Jika berkepanjangan (kronis), diare dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat mengancam nyawa sehingga membutuhkan perawatan dokter. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan dan elektrolit – garam kalium dan natrium. Cairan dan elektrolit yang hilang selama diare perlu diganti segera karena tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa cairan tersebut.

Diare pada umumnya bisa berhenti sendiri seiring dengan perbaikan kondisi tubuh. Tubuhlah yang akan melawan infeksi penyebab diare. Penanganan diare pada umumnya adalah mencegah komplikasi diare yang berbahaya yaitu dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan akibat pengeluaran cairan berlebih.

Namun untuk mencegah diare ada beberapa saran yang diberikan oleh pra ahli medis untuk kita seperti mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, oralit / pedialit dll, makan lunak dalam porsi kecil.

Hindari makanan yang terlalu merangsang usus seperti makanan pedas, asam , berminyak dan berlemak, menjaga kebersihan makanan, minuman, alat makan dan tangan, mencuci tangan sebelum makan dan sesudah BAB dengan sabun anti bakteri.
Membersihkan jamban dengan cairan antiseptik.

Minum obat pereda diare seperti loperamid. Loperamid dianggap mampu membuat konsistensi feses lebih padat dan mengurangi frekuensi BAB, minum adsorbent seperti kaolin pektin untuk mengurangi frekuensi diare.

Pemberian antibiotik bila dianggap perlu, pada kasus Kolera dimana diare kadang hanya seperti air cucian beras (berwarna putih tanpa ampas) & disentri, dimana diare disertai lendir dan darah, karena penyebab adalah bakteri / amuba maka penanganan dengan antibiotik dianggap perlu untuk membantu mengeradikasi kuman penyebab diare.

Perut Kembung

dailymoslem..com
dailymoslem..com

Gejala berikutnya yang akan dialami oleh seseorang penderita usus buntu adalah perut akan terasa kembung, kadang susah kentut, perut terasa besar dan kenyang. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala kentut secara berlebihan, bersendawa, serta perut terasa bergejolak.

Perut kembung biasanya berkaitan dengan menu makanan atau minuman dan cara mengkonsumsinya. Sedikit perubahan pada cara makan dan juga menu makanan atau minuman biasanya bisa membantu.

Tapi saat perut begitu serasa tidak mau memasukkan makanan apapun ke dalam perut lagi, apalagi jika kamu merasa bahwa tidak ada masalah lain. Jadi ketika perut kamu kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

Perut kembung sebenarnya diakibatkan hanya karena terlalu banyak menelan udara, tapi menelan udara itu disebabkan banyak hal seperti makan terlalu cepat, minum terlalu cepat (dengan memakai sedotan), bicara sambil makan, mengunyah permen karet, mengisap permen yang keras, minum minuman bersoda dan merokok.

Selain itu ada beberapa makanan yang menyebabkan perut kembung seperti Sayuran: Kol, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, biji-bijian utuh.

Makanan yang digoreng dan berlemak, makanan kemasan yang mengandung laktosa seperti roti dan sereal, minuman bersoda seperti bir dan kola, gula dan pemanis buatan.
Susu dan produk olahan susu pada orang yang bermasalah dalam mengonsumsi laktosa, buah-buahan: Apel, pir, pisang, melon.

Yang menyebabkan perut kembung berikutnya adalah beberapa obat-obatan seperti obat-obatan untuk diare,obat-obatan antasida, obat-obatan opioid – sejenis obat penghilang rasa sakit, obat-obatan untuk diabetes, obat-obatan untuk konstipasi, aspirin, pil multivitamin dan penambah zat besi.

Untuk menangani perut kembung ada 2 cara yang dianjurkan oleh dokter, yaitu yang pertama cara penanganan sendiri dan penanganan dengan obat.

Untuk penanganan sendiri dengan cara meningkatkan jumlah cairan yang diminum, terutama air putih, makan dengan porsi yang lebih kecil dan kunyah secara perlahan-lahan, kurangi makanan yang menghasilkan gas yang banyak ketika dicerna.
Selanjutnya makan atau minum perlahan-lahan, kunyah makanan hingga lembut, kurangi makanan berlemak dan yang digoreng, jangan terlalu banyak mengonsumsi suplemen penambah serat.

Kurangi konsumsi produk olahan susu, setidaknya pilih produk olahan yang rendah laktosa, misalnya yogurt sebagai pengganti susu, hindari minum memakai sedotan.

Hindari merokok, hal ini bisa meningkatkan jumlah udara yang kamutelan, mrokok selalu dikaitkan dengan gangguan perut, nyeri ulu hati, dan masalah pencernaan lainnya dan berolahraga akan membantu membuang gas berlebih di dalam tubuh.

Nyeri Lepas Tekan

deherba.com
deherba.com

Ciri-ciri gejala usus buntu berikutnya adalah nyeri lepas tekan, dimana nyeri ini merupakan nyeri yang unik. Nyeri yang jenis begini tidak bisa disepelekan begitu saja.

Maksud nyeri lepas tekan ini adalah ketika kamu menekan perutmu, rasanya sakit. Tapi begitu kamu melepas tekanan tersebut, justru akan semakin sakit. Nah, gejala yang seperti itu disebut nyeri lepas tekan.

Untuk mendeteksi gejala yang satu ini, sebaiknya kamu ke dokter. Jangan mencoba melakukannya sendiri karena khawatir akan semakin memperparah kondisimu.

Jika gejalanya sudah jelas dan ternyata penyakitnya sudah masuk level akut, maka harus dilakukan penanganan operasi secepatnya.

Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

obatleukimia.web.id
obatleukimia.web.id

Ciri-ciri selanjutnya ketika seseorang terkena penyakit usus buntu adalah meningkatnya sel darah putih dalam tubuh. Peningkatan ini menandakan adanya sesuatu yang infeksi di dalam tubuh. Walau sejatinya sel darah putih ini sangat berguna bagi tubuh manusia, tapi jika kelebihan justru membahayakan.

Pengertian sel darah putih itu sendiri adalah sel yang membentuk komponen pada darah. Sel darah putih disebut juga leukosit. Sel ini memiliki inti, tetapi tidak memiliki bentuk sel yang tetap dan tidak berwarna.

Sel darah putih dalam setiap milimeter kubik darah lebih kurang berjumlah 8.000. Tempat pembentukan sel darah putih adalah pada sumsum merah tulang pipih, limpa, dan kelenjar getah bening. Semua sel darah putih memiliki masa hidup antara enam hingga delapan hari.

Menurut para ahli medis, sel darah putih dapat terjadi karena beberapa hal seperti gangguan Leukimia (seperti Leukemia limfositikakut, Leukemiamyelogenousakut(AML), leukemialimfositik kronis, serta Leukemia kronismyelogenous), reaksi alergi yang parah, efek samping beberapa jenis obat-obatan seperti kortikosteroid dan epinefrin.

Infeksi bakteri maupun virus, peradangan pada sendi, stress, batuk rejan (pertussis), bahaya merokok yang sudah menjadi candu dan beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti TBC, mielofibrosis, serta polisitemia.

 

Perlu diketahui juga dengan meningkatnya sel darah putih juga akan memicu penyakit berbahaya lain hadir dalam tubuh seperti, penyakit kardiovaskular dan kanker payudara.

Itulah ciri-ciri umum yang akan dialami oleh seseorang yang terkena sakit usus buntu, adapun ciri-ciri yang lain khusus untuk seorang ibu yang sedang hamil di bawah ini

Kontraksi Rahim

dailysocial.id
dailysocial.id

Bagi wanita yang sedang hamil memang mempunyai gejala yang tak lazim layaknya orang pada umumnya, selain mereka akan mual, muntah dan kurang nafsu makan, mereka yang sedang hamil akan merasakan kontraksi pada rahimnya.

Kontraksi ini akan terjadi ketika kehamilan sudah memasuki trisemester ketiga, dimana janin sudah dapat bergerak di dalam perut ibunya.

Kontraksi yang terjadi ini mungkin agak sedikit berbeda dengan kontraksi biasanya, karena kontraksi ini adalah kontraksi bayi merespon sesuatu yang berbeda dari biasanya. Untuk itu bagi wanita hamil saat mengalami kontraksi yang aneh dari biasanya segera saja konsul ke bidan atau dokter terdekat, khawatirnya kontraksi itu bukan kontraksi yang biasa terjadi.

Sulit Buang Air Kecil

obatoles123.com
obatoles123.com

Ciri berikutnya vagi seorang wanita hamil adalah sulitnya buang air kecil atau juga saat buang air kecil terasa menyakitkan. Secara kalau buang air kecil terasa sakit berarti memang ada sesuatu yang berbeda, apalagi bagi seorang wanita hamil, tentu akan terasanya banget.

Untuk itu jika sudah mengalami ciri ini segera juga untuk cek ke dokter, karena dengan sulitnya buang air kecil akan berdampak pada organ tubuh yang lain, tentu ini juga akan membahayakan bagi wanita hamil tersebut.

Sakit Perut di Kanan Atas

alodokter.com
alodokter.com

Ciri berikutnya bagi wanita yang sedang hamil adalah sakit perut di kanan atas, hal ini berbeda dengan yang diatas, kalau pada umumnya sakit di kanan bawah, kalau wanita hamil di kanan atas.

Prediksi dokter ini terjadi karena sedang masa hamil, jadi sakitnya bergeser karena kehamilan tersebut.  Boleh saja berbeda posisinya, tapi rasa sakit yang dirasakan akan terasa sama, bahkan mungkin sakit bagi wanita hamil ini akan sangat berpengaruh pada janin yang dikandungnya, untuk itu bagi wanita yang sedang hamil memang harus terus dikontrol dan di cek up ke dokter.

Nyeri Lepas Tekan Kiri Sakit Kanan

tempo.co
tempo.co

Ciri berikutnya bagi wanita yang sedang hamil adalah nyeri lepas, bedanya kalau orang umu nyeri lepas nya ketika ditekan dan tidak, kalau bagi wanita yang sedang hamil adalah nyeri ke kiri dan ke kanan.

Ketika dokter menekan perut sebelah kiri maka rasa sakit akan terasa di perut kanan bawah, rasa sakit itu juga akan sama dengan rasa sakit nyeri lepas pada umumnya, semakin lama semakin sakit, perut semakin melilit, semakin tidak enak dan tidak nyaman, hanya saja yang membedakan ini hanya letak rasa sakitnya.

Tentu hal itu juga disebabkan karena ada janin di dalam kandungan, beberapa bagian perut tidak akan terasa sakit karena perut sudah ditempati oleh janin tersebut.

Sakit Perut Saat Peregangan Otot

dedaunan.com
dedaunan.com

Ciri terakhir sakit usus buntu bagi seorang ibu hamil adalah rasa sakit perut kanan bawah saat meregangkan otot psoas di dekat apendiks. Rasa sakit tersebut tentu berbeda dengan rasa nyeri atau sakit perut diatas, sakit ini sakit yang terjadi ketika meregangkan otot wanita yang sedang hamil.

Ketika kamu mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, maka hindari cara yang instan, yang cepat, cara yang mudah seperti meminum obat nyeri, antasida (obat maag), dan obat-obatan lainnya selain yang disarankan dokter.

Karena hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan, secara gejala dan ciri-ciri di atas bisa menyebabkan sakit usus buntu yang parah dan hanya operasi yang menjadi solusi agara semubh kembali.

Dan jika kamu salah minum obat, usus buntumu akan mengalami peradangan dan menjadi bertambah buruk sehingga nantinya akan mempersulit pemeriksaan dokter, gak mau kan hal itu terjadi.

Maka setelah membaca ini kita tahu betul selain kita tidak boleh menyepelakan sekceil a yang apapun sakit, kita juga mengerti ternyata sehat mahal harganya, tidak bisa dibeli dengan apapun juga, untuk itu kita yang masih sehat, belum terlanjur sakit dan tidak berharap sakit, mari memanfaatkan dan menjaga tubuh dengan sebaik-baiknya.

Jangan mau dan jangan sampai sakit yah, semoga bermanfaat

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *