Saat penyakit yang menyerang manusia semakin banyak, semakin bervariasi pula penyebab yang menimbulkan penyakit tersebut.

Salah satu yang menyebabkan berbagai penyakit pada manusia adalah virus. Virus pun berkembang menjadi berbagai jenis.

Virus berasal dari bahasa latin, yaitu virion. Virion artinya racun. Didefinisikan demikian karena hampir semua jenis virus menyebabkan penyakit baik untuk manusia, tumbuhan, maupun hewan.

cronodon.com
cronodon.com

Virus sendiri adalah sebuah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis atau makhluk hidup. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup.

Pasalnya virus hidup  dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya.

Virus kadang disebut baik makhluk hidup maupun benda mati. Kenapa demikian? karena virus kerap disebut organisme peralihan antara benda mati dengan makhluk hidup.

Virus dapat dikatakan benda mati karena dapat dikristalkan. Sedangkan virus dikatakan makhluk hidup karena virus memiliki sebagian ciri2 makhluk hidup seperti mampu berkembang biak  dan memiliki salah satu asam nukleat (DNA/RNA) dengan selubung protein.

Nah untuk pengetahuan kamu, kita perlu tahu bagaimana ciri-ciri sebuah virus agar dapat membedakan mana virus dan bakteri.

1Berukuran Sangat Kecil

www.wisegeek.com

Virus berukuran amat kecil , jauh lebih kecil dari bakteri, yakni berkisar antara 20 mµ – 300mµ (1 mikron = 1000 milimikron). untuk mengamatinya diperlukan mikroskop elektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 X.

Ukurannya rata-rata 50 kali lebih kecil dari bakteri sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

Kamu pasti ingat bagaimana percobaan yang dilakukan oleh Iwanovski dan Beijerinck yang melakukan eksperimen dengan menyaring ekstrak daun tembakau yang terkena penyakit mosaik.

Hasilnya ternyata virus tetap lolos dari saringan bakteri, sedangkan bakteri tersaring karena ukurannya lebih besar daripada virus.

2Hanya Memiliki Salah Satu Asam Nukleat

worldofviruses.unl.edu

Virus hanya memiliki hanya salah satu asam nukleat, yaitu DNA atau RNA saja. Materi genetis virus ini dibungkus oleh suatu protein yang disebut kapsid.

Kapsid dibangun oleh subunit-subunit yang identik satu sama lain yang disebut  kapsomer. Bentuk kapsomer-kapsomer ini sangat simetris dan suatu saat dapat mengkristal.

Pada beberapa virus, seperti virus herpes dan virus influenza, terdapat pula sampul atau envelope dari bahan lipoprotein (lemak dan protein).

Pembungkus ini sebenarnya merupakan membran plasma yang berasal dari sel inang virus. Virus yang materi genetisnya terbungkus oleh kapsomer disebut virion atau partikel virus.

3Bentuknya Variasi

viralzone.expasy.org

Bentuk virus yang ditemukan hari ini macam-macam. Memang pada umumnya, virus berupa hablur atau kristal. Namun kini bentuknya sangat bervariasi.

Ada yang berbentuk oval , memanjang, silindris, kotak dan kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan kepala oval dan ekor silindris.

Ada juga yang berbentuk huruf T, dan dapat juga berbentuk bulat. Virus memiliki struktur yang sangat sederhana.

Virus hanya terdiri dari materi genetik berupa DNA atau RNA yang dikelilingi oleh suatu protein pelindung yang disebut kapsid. Secara umum ada empat bagian virus yakni kepala , kulit (selubung atau kapsid), isi tubuh, dan serabut ekor.

4Hanya Ada di Makluk Hidup

www.popularmechanics.com

Virus hanya dapat berkembang biak di sel hidup lainnya. Seperti sel hidup pada bakteri, hewan, tumbuhan, dan sel hidup pada manusia.

Bisa melakukan reproduksi (proliferasi) hanya dalam sel atau jaringan hidup. Virus tidak dapat dibiakkan pada sekerat daging atau pada medium agar-agar seperti bakteri.

Jadi virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel atau jaringan hidup. Mengapa? Karena virus bukan sel. Jadi tidak memiliki organel-organel seperti sel normal lainnya. Itu sebabnya ia hanya bisa hidup dalam sel hidup untuk meminjam organel sel hidup tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here