Terdapat beberapa penyakit ginjal yang harus diwaspadai salah satunya adalah gagal ginjal.

Gagal ginjal terjadi karena rusaknya tubulus di dalam orgam ginjal yang bisa jadi disebabkan karena obat-obatan atau larutan organik dan bahkan bisa disebabkan karena penyakit diabetes yang merusak medula dalam ginjal.

Penyakit gagal ginjal ini menyebabkan ginjal tidak dapat bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh.

Nah, salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengetahui ciri-ciri yang muncul pada tahap awal dari gagal ginjal.

Jika kamu mengetahui gejala yang muncul pada tahap awal maka kamu bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.

Ciri yang pertama yaitu perubahan warna dan pola air kencing. Ketika ginjal mengalami gangguan maka akan ada beberapa perubahan pada urine.

Urine yang keluar memiliki banyak busa kecil hingga berat, kamu tiba-tiba memiliki kebiasaan sering buang air kecil terutama pada malam hari.

Selain itu warna urine lebih pucat, tiba-tiba memiliki kebiasaan buang air kecil dalam volume kecil dan merasa tertekan saat buang air kecil.

Ciri yang kedua tubuh sangat lelah. Eritropoietin adalah sebuah hormon yang dibuat oleh ginjal sebagai pemberi sinyal kepda tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah.

Jika ginjal gagal membuat hormon ini maka tubuh akan terasa sangat lelah akibatnya tidak ada sel darah merah yang diproduksi.

Ciri yang ketiga adalah tubuh bengkak. Pembengkakan tubuh bisa terjadi pada bagian kaki, tangan, betis dan wajah.

Hal itu disebabkan karena tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk di dalam tubuh.

Ciri lain adalah bau mulut. Adanya banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan daalm tubuh menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Kondisi itu akan lebih buruk karena bau mulut menyebabkan lidah tidak mampu mengecap rasa sehingga nafsu makan berkurang yang membuat berat bada menurun.

Selain itu adanya gangguan pencernaan seperti mual dan muntah yang akan sering muncul. Sulit konsentrasi juga merupakam indikasi penyakit gagal ginjal.

Ginjal adalah organ yang sangat penting, maka dari itu kita perlu menjaga kesehatannya. Dengan mengetahui ciri-ciri gagal ginjal di atas adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan ginjal.