Bagi pasangan yang sudah menikah, maka kabar paling membahagiakan yang sangat dinanti adalah anak. Seorang wanita yang hamil merupakan hadiah paling berarti bagi suaminya.

Barangkali akan lebih heboh lagi jika kehamilan tersebut adalah kehamilan anak kembar. Selain karena hamil anak kembar masih termasuk jarang, tentu kabar ini cukup mengagetkan mengingat kesulitan yang akan dihadapi juga jauh lebih banyak daripada hamil satu anak.

Sebetulnya, apa saja faktor-faktor yang dapat memengaruhi seorang wanita mengandung anak kembar? Apakah ada tanda dan gejala kehamilan kembar yang bisa kita ketahui tanpa perlu dibantu oleh ultrasonografi medis (USG)?

Sebaiknya para wanita mengenali gejala tersebut sedini mungkin agar dapat menanganinya dengan cepat dan tepat.

1Garis Gelap pada Tes Kehamilan

bahanalami.com

Bagi kebanyakan wanita, tanda kehamilan dengan test pack ini biasanya ditandai dengan dua garis merah yang tampak samar.

Nah, ternyata lain halnya dengan wanita yang hamil anak kembar. Akan ada kemungkinan besar bahwa hasil uji kehamilannya akan menampakkan dua garis yang lebih tebal dan ebih gelap dari biasanya.

Hal tersebut terjadi karena testpack mendeteksi keberadaan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang ada di dalam tubuh. Hormon ini muncul untuk mengonfirmasi kehamilan.

Maka ketika betul-betul sedang hamil kembar, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hCG yang menyebabkan garis gelap pada test pack.

2Tes Darah

ruangkabar.com

Ada kemungkinan bahwa tes kehamilan sederhana yang dilakukan di rumah terkadang gagal untuk mendeteksi hCG. Maka solusinya adalah melakukan tes darah.

Tanda bahwa seorang wanita sedang hamil kembar yaitu jumlah hCG darah yang bisa mencapai 30 – 50 persen lebih tinggi daripada hamil satu anak.

3Berat Badan

dietherba.wordpress.com

Fakta yang paling jelas ketika seorang wanita telah mengandung yaitu berat badan bertambah. Apalagi ketika mengandung anak kembar. Berat badan akan semakin membuat terkejut, karena angkanya yang di atas rata-rata.

4Gerakan Awal Janin

ibu-hamil.web.id

Inilah momen paling membahagiakan bagi wanita hamil. Gerakan bayi akan terasa jelas, mulai dari tendangan kaki sampai posisi saat bayi bergeser di dalam rahim.

5Sesak Napas

gejalapenyebabsakit.blogspot.com

Diafragma ibu hamil akan terdorong dan membuat terengah-engah. Biasanya, sesak napas menjadi gejala yang umum terjadi pada kehamilan tunggal.

Namun, kehamilan anak kembar akan menimbulkan sesak nafas yang berlebihan. Jika sesak napas terasa lebih sering dari biasanya, dan napas yang terengah-engah muncul terus, maka segeralah hubungi dokter. Jangan anggap sepele.

6Percernaan Bermasalah

deherba.com

Masalah pencernaan yang menyerang ibu hamil anak kembar akan datang semakin intens atu sering pada trimester ketiga.

Gangguan pencernaan tersebut contohnya seperti sembelit, kembung, dan mulas. Mengapa bisa terjadi hal demikian? karena di dalam tubuh tumbuh dua bayi, sehingga sistem pencernaan akan sulit ditekan.

7Sakit Punggung

infomedan.net

Gejala kehamilan yang pada umumnya menyerang para wanita yaitu nyeri punggung. Namun, khusus kehamilan anak kembar, nyeri punggung ini lebih terasa sakit dan membuat tubuh cepat sekali letih.

Hamil bayi kembar cenderung akan membuat para wanita memiliki berat badan yang lebih dari biasanya, hormon menjadi berantakan, dan pusat tubuh akan bergesar. Sehingga sangat wajar apabila ibu hamil anak kembar jauh lebih kesulitan dalam bergerak.

8Insomnia

feed.id

Calon ibu biasanya akan terserang insomnia, sulit sekali untuk tidur malam. Jangan biarkan insomnia ini terlalu lama mengganggu. Maka segeralah mencari strategi untuk mengatasinya yitu dengan memposisikan tubuh ketika tidur malam dengan baik.

Misalnya saja, posisi tidur di sisi kiri atau menghadap ke kiri. Cara inilah yang paling aman bagi ibu hamil. Pakai bantal untuk mengganjal bagian bawah tubuh, khususnya di bawah perut atau di antara kaki.