Rasa ragu seringkali muncul saat kita akan memulai atau di tengah-tengah proses melakukan suatu hal yang baru. Pada umumnya rasa tidak yakin untuk melanjutkan sesuatu yang baru itu benar-benar membuncah dalam hati.

Tentunya hanya kamu saja yang dapat merasakan keraguan itu. Orang lain tidak akan mengetahuinya. Hal ini sering muncul ketika kamu merasa seolah-olah yang kamu upayakan mustahil untuk dicapai.

Nah, bagi kamu yang ingin mengatasi keraguan-keraguan yang sering muncul. Cobalah beberapa tips berikut ini.

1Tanya Kepada Teman Terlebih Dahulu

aybela.com

Cobalah tanyakan kepada orang yang menurut kamu dapat dipercaya dan dapat memberikan masukan secara terbuka dan jujur. Tanyakan kepada mereka tentang keraguan yang nyata dan yang fiktif. Memang seringkali orang lain dapat menilai dengan bijak ketimbang diri kita sendiri.

2Buatlah Daftar Pro dan Kontra Keraguanmu

isigood.com

Cobalah menyusun daftar pro dan kontra atas keraguanmu. Pada kolom pertama kamu bisa menuliskan berbagai keraguan yang muncul. Sedangkan kolom kedua berisi prestasi atau target yang sedang kamu kejar. Gunakan cara ini untuk membandingkan besarnya kesempatan yang ada.

Buatlah analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam mengambil keputusan. Cobalah untuk bercermin keadaanmu sekarang dan putuskan langkah yang akan kamu lakukan selanjutnya.

3Tenangkan Diri Sejenak

belifurniture.com

Terkadang kamu perlu berhenti sejenak, renungi perjalanan aksimu selama ini. Refleksikan apakah dirimu memang benar-benar menikmatinya. Katakan pada dirimu bahwa keraguan lebih baik daripada harus mundur ketika sudah berada di tengah proses perjalanan.

4Galilah Potensimu Lebih Dalam

nutritioustable.com

Dalam situasi persaingan, para pesaingmu pun mengalami permasalahan yang hampir sama dengan yang kamu rasakan. Bisa jadi mereka pun mendapati keraguan yang sama. Langkah yang mestinya kamu lakukan dengan mencoba menggali kemampuanmu lebih dalam dan terus melangkah.

Menggali kemampuan lebih dalam akan membuatmu semakin memahami bidang yang baru tersebut. Dengan begitu, dirimu akan merasa lebih siap. Sehingga dalam menghadapi setiap sesuatu yang baru, kamu memiliki keyakinan diri dari biasanya.

5Bercermin Pada Tokoh Panutan

independent.co.uk

Belajarlah memulai sesuatu yang baru kepada orang-orang sukses. Mereka sama halnya dengan orang kebanyakan. Pasti merasakan keraguan saat merintis suatu keberhasilan. Hanya saja mereka memiliki cara tersendiri untuk mengatasi keraguan yang mereka hadapi.