Kamu pasti pernah membaca atau diceritakan berbagai cerita rakyat asli Indonesia bukan? Nah, seiring berkembangnya teknologi, ternyata cerita rakyat juga menjadi inspirasi para pekerja kreatif untuk dikembangkan.

Salah satu ide kreatifnya adalah mengembangkan cerita rakyat menjadi game interaktif. Bahkan, beberapa game cerita rakyat ini bisa kamu mainkan langsung lewat smartphone kamu.

Penasaran? Berikut beberapa cerita rakyat yang dikembangkan menjadi game interaktif.

1Bawang Putih & Merah

id.techinasia.com

Sebuah studio developer game lokal bernama Qajoo (baca: kayu) Studio telah mengembangkan beberapa game cerita rakyat yang bisa kamu mainkan lewat smartphone kamu.

id.techinasia.com
id.techinasia.com

Salah satunya adalah game Bawang Putih dan Bawang Merah. Game ini termasuk genre game edukasi dan berbentuk buku interaktif. Di dalam ceritanya, terdapat berbagai mini game yang menggambarkan pekerjaan rumah Bawang Putih.

id.techinasia.com
id.techinasia.com

Kamu harus melakukan tap pada objek untuk menyelesaikan beberapa mini game seperti memasak, mencuci piring, membersihkan sampah, hingga menyusun batang kayu.

Semua cara menyelesaikan mini game ini berbeda-beda sehingga tidak akan membuat kamu bosan. Misalnya memasak, memasukkan bahan masakan dengan cara swipe, mencuci dengan cara menggosok layar smartphone dan banyak lagi variasinya.

2Legenda Candi Prambanan

ardisaz.com

Nah, kalau cerita rakyat pembuatan Candi Prambanan yang satu ini diberi nama Temple Rush: Prambanan. Dikembangkan oleh game developer Arsanesia yang berkantor di jalan Bakti No. 35, Sukajadi, Bandung.

dicoding.com
dicoding.com

Dalam game ini kamu berperan sebagai Bandung Bondowoso saat membangun 1000 candi Prambanan dengan bantuan jin. Cara bermainnya adalah dengan menyentuh atau tap pada jin terbang yang membawa batu-batu.

Jin jin yang ada dalam Temple Rush ini juga memiliki berbagai warna yang berbeda. Sehingga harus disesuaikan dengan warna api sihir yang ada di tanah. Jika tepat, maka batu akan jatuh dan membentuk candi.

3Timun Mas

educastudio.com

Game Timun Mas ini adalah adaptasi cerita rakyat yang dikembangkan oleh Educa Studio. Sebuah studio developer game yang berkantor di jalan Gilingrejo, No. 10, Gendongan, Tingkir, Salatiga.

Pendiri studio game ini telah mengembangkan game Marbel dan Shoot Empire pada tahun 2008. Hingga akhirnya memutuskan untuk membentuk Educa Studio pada tahun 2011 yang fokus pada game edukasi.

Seri game cerita rakyat yang dikembangkan oleh Educa Studio ini dinamakan RIRI (Cerita Rakyat Interaktif).

4Cindelaras

educastudio.com

Cerita rakyat Cindelaras ini juga diadaptasi menjadi game oleh Educa Studio. Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Cindelaras dan ibunya yang hidup di dalam hutan.

Cindelaras ini memiliki ayam jago ajaib yang dapat berbicara. Dalam game ini terdapat narasi otomatis dengan animasi yang menarik. Terdapat beberapa mini game yang dapat dimainkan.

5Legenda Danau Toba

educastudio.com

Selain Timun Mas dan Cindelaras, Educa Studio juga mengembangkan game cerita rakyat Legenda Danau Toba. Terdapat banyak sisi edukasi pada game yang dikembangkan oleh Educa Studio.

Misalnya terdapat bagian dalam game ini yang mengajak pemainnya untuk belajar warna, berhitung, puzzle, labirin, dan ketangkasan. Dilengkapi juga dengan musik dan audio yang cocok untuk anak-anak.

6Lutung Kasarung dan Purbasari

imgsdown.1mobile.com

Game cerita rakyat yang satu ini juga dikembangkan oleh Qajoo Studio. Qajoo Studio berkantor di Cyber Building, Lantai 6, Kuningan, Jakarta Selatan. Pengelolanya sendiri ada sekitar 8 anak muda kreatif.

imgsdown.1mobile.com
imgsdown.1mobile.com

Dalam game ini kamu bisa mengeksplorasi kehidupan yang dilakukan lutung Kasarung dan Putri Purbasari di hutan. Misalnya saat mencari berbagai bahan makanan atau membangun rumah.