Berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta memang tak akan pernah kehabisan stok tempat asik dan menarik yang akan dikunjungi. Dari mulai Utara ke Selatan atau pun Barat ke Timur Yogyakarta, semua tempat recommended banget deh buat kamu datengi.

Berikut ini tempat-tempat menarik yang bakal bikin kamu kangen dan mau balik lagi ke Yogyakarta. Dijamin deh.

1Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)

yogyakarta.panduanwisata.id

 

Berada di Jalan Bantul Km 1/141, Dongkelan, Yogyakarta, surganya aneka satwa dan tanaman hias ini berada. Jadi, buat kamu-kamu yang senang untuk memelihara berbagai macam jenis satwa dan mengoleksi aneka ragam tanaman hias, wajib buat ke sini.

Terlebih lagi jika kamu adalah pecinta burung hias. Pesona burung-burung yang di jual di PASTY akan membuatmu keblinger deh pokoknya. Rasa-rasanya semua burung menarik dan ingin segera kamu bawa pulang.

iwayful.wordpress.com
iwayful.wordpress.com

Nah, tempat ini akan terasa seperti kebun binatang mini dengan macam-macam satwa yang bisa kamu beli, bukan hanya burung saja guys, ada ikan, hamster, reptil, dan binatang lain yang menarik perhatian.

Sedangkan untuk tanaman hiasnya, ada bermacam-maca juga, mulai dari kaktus lucu, jeruk sunkist, tanaman pagar, dan bunga mawar yang cantiknya luar biasa. Tempat ini cocoklah buat kamu yang ingin pulang dengan membawa peliharaan atau koleksi baru.

2Tugu Jogja

wijayarentcar.com

Belum ke Jogja kalau belum menyambangi landmark Kota Gudeg ini, yakni Tugu Jogja. Monumen yang berdiri tegak di tengah perempatan Jalan Jendral Soedirman, Jalan Diponegoro, Jalan Pangeran Mangkubumi, dan Jalan A.M Sangaji ini kece banget.

Sejarahnya yang kental dengan makna filosofis menjadikan Tugu Jogja sangat terkenal dan ingin didatangi oleh banyak wisatawan. Hampir 3 abad ternyata usia dari Tugu Jogja ini guys, tua juga ya.

Jadi, kalau kamu mau pulang dengan membawa kenangan dari Jogja, bisa foto-foto di sekeliling Tugu Jogja ini. Tapi, kamu harus turut serta menjaga keindahan dan kebersihan dari monumen kebanggaan warga Yogyakarta ini ya.

3Kebun Binatang Gembira Loka

gembiralokazoo.com

Kebun Binatang Gembira Loka atau orang Jogja biasa menyebutnya Bonbin, adalah salah satu tempat menarik yang harus kamu sambangi. Beralamat di Jalan Kebun Raya 2, Yogyakarta, Bonbin adalah tempat asik untuk liburan bersama dengan keluarga.

Di Kebun Binatang Gembira Loka ini, kamu bisa melihat berbagai macam jenis satwa yang dirawat dengan baik oleh pengelola. Salah satunya adalah kadal raksasa atau komodo. Jadi, tak perlu pergi jauh ke Pulau Komodo untuk bisa melihat kadal raksasa tersebut.

Di sini, kamu juga bisa melihat pertunjukan satwa yang lucu-lucu lho. Nggak nyesel kalau sudah datang ke Kebun Binatang Gembira Loka ini.

4Taman Pintar Yogyakarta

areeavicenna.wordpress.com

Mau liburan sambil beredukasi? Taman Pintar lah tempatnya. Berada di Jalan Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, kawasan ini sengaja dibangun untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap sains lho.

Jadi di sini, ada berbagai macam permainan edukasi seperti parabola berbisik, dinding berdendang, pipa bercerita, cakram spektrum warna hingga air menari, dan masih banyak lagi yang lainnya untuk sarana belajar anak.

Anak-anak pasti akan senang jika berada di tempat ini. Ada pula zona khusus untuk anak-anak usia 2-7 tahun, kemudian gedung oval dan juga gedung kotak yang bisa kamu masuki.

5Alun-Alun Kidul

ngadem.com

Alun-alun besar yang ada di kawasan Keraton saat malam hari pasti banyak sekali pengunjungnya. Karena disini tersedia hiburan murah yang akan memuaskan hasrat untuk berwisata malam bersama dengan keluarga maupun teman-teman.

Di tempat ini pula, kamu bisa ikut mencoba untuk melewati dua beringin kembar yang sangat hits bagi semua wisatawan. Ada pula odong-odong dengan lampu warna-warni, sepeda tandem, hingga menikmati wedang ronde yang menghangatkan sampai ke tulang.