brilio.net

Daftar Kontroversi Pasha ‘Ungu” Sang Wakil Walikota

Posted on

Wakil Walikota kontroversi alih-alih prestasi. Mungkin gelar itu cocok disematkan kepada Sigit Purnomo alias Pasha Ungu.

Vokalis Band Ungu ini memang berhasil menduduki orang nomor dua di Kota Palu pada pemilukada serentak tahun lalu. Ketenarannya sebagai artis berhasil membuat ia dan pasangannya Wali Kota Palu Hidayat memenangi pemilukada.

Pasha pun mengikuti jejak sesama artis yang terjun ke gelanggang politik. Bermodal keterangan mulai banyak artis yang peruntungan menjadi pejabat lewat jalur politik. Beberapa berhasil meski tak sedikit yang gagal.

Yang berhasil melaju sebagai pejabat pun tak semuanya berhasil. Memang ada yang vokal namun tak jarang justru hal-hal remeh yang menjadi pemberitaan sang pejabat artis. Seperti yang dilakukan oleh Pasha.

Belum genap setahun menjabat Pasha Ungu yang sudah terkenal menjadi lebih terkenal gara-gara berbagai runtutan kontroversi yang dilakukannya. Berikut daftarnya

Marah-marah Saat Pertama Kali Upacara

jendelaindo.blogspot.com
jendelaindo.blogspot.com

Kesan pertama sebagai pejabat publik justru negatif. Saat memimpin upacara di Balai Kota Palu, Pasha justru marah-marah di atas podium.Pemicunya adalah banyak yang tertawa saat ia akan memasuki mimbar upacara.

“Apa motif Saudara-saudara tertawa terbahak-bahak. Saya malu karena ada yang tertawa terbahak-bahak saat saya masuk. Next, saya tidak mau ini terulang lagi. Polisi Pamong Praja harus mengecek yang tertawa itu. Jelas? Jelas? Jelas?” ujar Pasha dengan nada tinggi.

Ia minta agar seluruh pegawai bisa menghargai orang dan bisa menghargai jabatan.

“Attitude harus ada, bagaimana membawa diri dengan baik dan benar. Anda semua memakai baju Korpri. Percuma sumpah Korpri tadi dibacakan kalau begini attitude pegawai,” seru Pasha.

oketekno.com
oketekno.com

Apel kesadaran yang dirangkaikan dengan upacara kampanye kesehatan dan keselamatan kerja (K3) 2016 itu diikuti sekitar 1.500 pegawai di lingkup Pemkot Palu mulai dari Balai Kota, SKPD, sampai pegawai kelurahan.

Upacara itu merupakan pengalaman pertama memimpin upacara bagi Sigit Purnomo setelah dilantik menjadi Wakil Wali Kota Palu pada Rabu, 17 Februari. Sigit masih melakukan kesalahan kecil saat upacara berlangsung, sehingga ajudan di belakangnya harus membisikinya.

Seperti ketika menerima laporan komandan upacara bahwa upacara siap dilaksanakan, Sigit menjawabnya dengan kata ‘laksanakan’ yang seharusnya ‘lanjutkan’. Peserta upacara pun kembali tertawa.

Arogan Terhadap Wartawan

liputan6.com
liputan6.com

Pejabat dan wartawan adalah mitra. Tanpa media, mungkin program-program untuk warga dari pemerintah tidak akan tersosialisasikan dengan baik. Hubungan pejabat dengan media massa harus harmonis.

Apalagi pejabat publik tak boleh menyembunyikan informasi. Namun nampaknya kesan buruk seorang pejabat ditunjukkan Wakil Walikota Palu, Pasha.

Pasha Ungu dinilai melakukan perbuatan arogan terhadap wartawan. Dia menolak wawancara sebuah televisi nasional. Ia juga merendahkan wartawan di Palu hanya wartawan kontributor.”Saya ini sekarang sudah pejabat, bukan lagi artis. Kamu orang cuma kontributor, kan,” kata Pasha.

www.topikterhangat.top
www.topikterhangat.top

Ketua Komisi Informasi Pusat Abdulhamid Dipopramono pun mengkritik sikap Pasha Ungu tersebut. Dalam siaran persnya dia menjelaskan pejabat publik, termasuk kepala daerah dan wakilnya, wajib untuk tidak menutup diri kepada publik, apalagi wartawan.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, Mohammad Iqbal Rasyid, pun sangat menyesalkan sikap Pasha tersebut.

“Jika kejadiannya seperti informasi yang beredar, maka kami sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Karena di era keterbukaan informasi publik saat ini, kok masih ada perilaku pejabat yang seperti itu,” kata Iqbal.

Merokok Saat Pakai Pakaian Dinas

merdeka.com
merdeka.com

Kontroversi selanjutnya adalah saat Pasha kedapatan merokok di depan umum saat bertugas lengkap dengan pakaian dinasnya.

Ia terpergok merokok santai pada sebuah acara bersama sang Wali Kota Hidayat. Foto ini pertama kali beredar saat diungah oleh akun instagram @adeliapashaofficial.

Tak menunggu lama, foto itu pun beredar luas di dunia maya dan memancing kontroversi. Meski ada yang bisa memaklumi, kebanyakan mengecam aksi merokok tersebut karena dinilai tidak pantas dan menjadi contoh buruk.

Kontroversi Lencana dan Tongkat Komando

brilio.net
brilio.net

Sebagai artis, dandanan Pasha Ungu nampaknya terus terlihat modis meskipun kini ia sudah menjadi pejabat. Namun justru dandanannya kembali menuai kontroversi.

Wakil wali kota Palu ini memakai pin Praja Wibawa dari Satpol PP, Wing Marinir, lencana pelopor hingga terlihat menenteng tongkat komando.

Yang lebih menggelitik lagi, Pasha memakai setelan jas hitam namun dipadupadankan dengan jeans dan belt ala penyanyi rocker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *