almarahi.blogspot.com

Dampak Asap Rokok Bagi Orang Disekitarmu

Posted on

Sebagian diantara kamu mungkin masih ingat dengan Robby Indra Wahyuda. Seorang pemuda berusia 27 tahun yang mengkampanyekan gerakan anti rokok atau menolak peredaran rokok. Kampanye ini begitu menyentuh hati kita karena Robby dulunya seorang perokok aktif.

Robby sudah menjadi perokok aktif sejak masih anak-anak. Tepatnya saat dia masih duduk di kelas 6 Sekolah Dasar. Dalam kampanye tersebut keadaan Robby telah kehilangan pita suaranya akibat penyakit kanker laring ganas yang disebabkan terpapar asap rokok.

Bahkan dalam kondisinya yang saat itu sedang sekarat melawan kanker laring yang begitu ganas, Robby tetap menyempatkan diri mengunggah foto-foto yang menggambarkan kondisinya. Semata-mata untuk kampanye menolak rokok.

Setelah melewati perawatan yang begitu intensif, namun akhirnya Robby harus meninggal dunia di usianya yang masih muda.  Tepatnya pada tanggal 23 Juni 2015 pukul 14.00.

Kampanye anti rokok yang dilakukan oleh Robby memang benar. Rokok memang tidak memiliki kandungan yang berpengaruh positif pada tubuh. justru sebaliknya, terdapat puluhan jenis racun yang terdapat dalam rokok yang sangat berbahaya bagi organ tubuh manusia.

9trendingtopic.blogspot.com
9trendingtopic.blogspot.com

Dampak buruk rokok tidak hanya akan dirasakan oleh para perokok aktif. Para perokok pasif pun terancam kesehatannya ketika sering terpapar asap rokok. Bahkan sebagian ahli mengatakan bahwa para perokok pasif lebih terancam lagi jiwanya.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang akan dirasakan para perokok pasif, yaitu orang-orang yang terpapar asap rokok bukan dari dirinya.

Dampak yang Sangat Buruk pada Anak

nosmokingaroundchildren.weebly.com
nosmokingaroundchildren.weebly.com

Jika kamu adalah perokok aktif dan berada di lingkungan dimana terdapat anak-anak. Kamu perlu lebih waspada akan dampak buruknya. Anak-anak yang menjadi perokok pasif sangat rentan dengan berbagai penyakit kronis dan mematikan.

Resiko anak-anak untuk menjadi pengidap penyakit kronis dan mematikan meningkat begitu pesat bagi mereka yang berada di lingkungan para perokok aktif. Mereka bisa saja mendapatkan penyakit bronkitis, radang paru-paru, asma dan infeksi saluran pernapasan akut.

Dampak buruk yang paling ringan bagi anak-anak, bahwa fungsi organ paru-paru mereka akan terganggu.

Masalah Saluran Pernapasan

dokita.co
dokita.co

Banyak senyawa beracun seperti belerang dan amonia yang terbentuk dalam asap rokok yang dibuang. Jika kedua zat tersebut bertemu, maka akan memiliki efek merusak bagi organ tubuh seperti paru-paru, tenggorokan dan mata. Akhirnya muncul penyakit seperti asma dan bronkitis.

Merusak Janin

1

Asap rokok bisa menjadi senjata biologis yang mematikan bagi wanita hamil. Asap tersebut mampu secara signifikan menghambat dan merusak perkembangan janin.

Sebagaimana yang dilaporkan dalam penelitian American Association for Cancer Research di Washington, Amerika Serikat. Bahwa senyawa beracun yang ada dalam asap rokok dapat menyebabkan kerusakan genetika yang permanen.

Kerusakan genetika ini nantinya bisa menjadi bibit munculnya penyakit degeneratif yang sangat sulit disembuhkan seperti leukimia dan jenis kanker lainnya. Mudahnya, bayimu nantinya bisa menjadi cacat.

Kanker Paru-paru

habsa-habbatussauda.blogspot.com
habsa-habbatussauda.blogspot.com

Resiko kanker paru-paru semakin meningkat jika kamu berada dalam lingkungan para perokok aktif. Walaupun kamu tidak memiliki kebiasaan merokok, resiko mendapatkan kanker paru-paru tetap lebih besar.

Orang-orang yang terkena paparan asap rokok juga bisa menghirup senyawa-senyawa beracun yang dikeluarkan oleh para perokok pasif melalui asap rokok yang dibuangnya.

Selain itu, para perokok pasif juga berpeluang mendapatkan resiko penyakit jantung, stroke dan harapan hidup lebih pendek. Hal ini disebabkan semakin mengentalnya darah dalam tubuh sehingga membentuk gumpalan-gumpalan darah yang menyumbat aliran darah di jantung dan otak.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *