Anak merupakan harta yang takkan pernah ternilai harganya karena anak merupakan anugerah dari Allah yang dititipkan kepada sepasang suami-istri. Mereka harus mampu menjaga titipan itu dengan baik.

Untuk mendidik anak, harusnya kita sebagai orang tua juga membekali diri kita dengan ilmu yang mumpuni. Mungkin saja, belajar dari pengalaman diri sendiri yang pernah menjadi seorang anak, bertanya kepada teman, membaca buku, atau ikut seminar.

Tidak ada salahnya memperbanyak ilmu agar bermanfaat untuk diri sendiri juga kepada anak. Karena, mungkin sebagai orang tua kita hanya mengikuti ego untuk mempunyai anak yang terlahir dan langsung menjadi orang yang penurut begitu saja.

Bukankah anak kecil itu lebih baik mengembangkan dirinya dengan baik melalui berbagai tingkah laku yang dibuatnya. Misalkan anak senang berlari, mencoret-coret tembok, dan melakukan hal-hal yang terkadang membuat kamu sebagai orang tua merasa jengkel.

Memang anak yang memiliki rasa penasaran yang tinggi akan membuatmu kewalahan dalam menghadapinya.

Jika kamu tidak menggubris apa yang ditanyakan atau menuruti keinginannya, bisa saja dia kesal dan ngambek atau bahkan dia akan menangis untuk mencari perhatian.

Jika anakmu berbuat seperti itu, ladeni dia dengan sabar, jangan memarahi anakmu yang sedang aktif-aktifnya mondar-mandir kesana-kemari hingga tak terkendali. Mungkin dia ingin mengeksplor lingkungannya.

Tak jarang juga mereka akan membuat berbagai masalah dengan sikapnya itu. Hingga kamu pun akan merasa malu, tapi jangan sekali-kali memarahi anakmu, apalagi jika kamu melakukannya di depan teman-teman sebayanya atau di ruang publik yang cukup luas.

Mungkin beberapa anak akan diam seketika, ada juga yang hanya diam sejenak lalu memulai aksinya kembali, bahkan ada anak yang acuh.

Jangan salahkan juga jika mereka akan membencimu karena melakukan hal itu padanya, mungkin ada ucapanmu yang salah sehingga akan menyinggung dan menyakiti hatinya.

Pikirkan baik-baik jika ingin menegur anakmu. Karena jika kamu memarahinya di depan publik, dampak yang akan terjadi sangatlah besar. Bisa jadi anak-anakmu akan merasakan hal-hal seperti berikut.

1Anak Takut untuk Bersosialisasi

www.psychology-criminalbehavior-law.com

Kamu tahu betul bagaimana sifat anakmu, mungkin dia orang yang ceria dan mudah untuk bergaul, tetapi semenjak kamu memarahinya di depan umum, dia akan menjadi anak yang pemalu dan enggan untuk keluar rumah.

Mereka menjadi takut untuk bersosialisasi dengan teman di lingkungannya, karena takut hal yang telah lalu terulang kembali. Mungkin ada rasa trauma yang membuat anakmu menjadi seorang yang lebih memilih untuk berada dalam dunianya sendiri.

www.huffingtonpost.com
www.huffingtonpost.com

Mereka akan menjadi anak yang kuper atau kurang pergaulan, kamu memarahi anakmu dihadapan teman-temannya sama halnya dengan kamu membuat anakmu menjadi bahan ledekan.

Jika kamu menyadari kesalahanmu itu, minta maaflah segera kepada anakmu, buat mereka kembali pada lingkungannya dan merasa nyaman berada di sana.

2Anak Jadi Kurang Percaya Diri dan Minder

royturner.blogspot.com

Jika anakmu membuat kekacauan ketika berada di ruang publik, lalu kamu memarahi mereka dengan kata-kata yang tak semestinya atau kamu melakukan tindakan fisik yang begitu membekas dalam ingatan, tahukah hal apa yang terjadi?

Sudah pasti anakmu akan begitu malu dan menjadi takut bahkan marah padamu. Karena sikapmu yang tak sewajarnya itu akan membuat anakmu berubah menjadi tidak percaya diri dan minder.

ct.counseling.org
ct.counseling.org

Mungkin orang di sekelilingmu akan menganggap hal itu biasa dilakukan agar si anak berhenti membuat masalah, tapi bagi si anak, ini masalah besar. Anak akan merasa tertekan diperlakukan seperti itu.

3Anak Akan Menjadi Seorang yang Egois

www.dunia-bayi.com

Dampak yang terjadi jika kamu memarahi anakmu di muka umum akan menjadikannya pribadi yang egois dan individualis. Karena kemarahan yang kamu perbuat akan menyebabkan anakmu menjadi seorang dengan kepribadian yang keras.

Sifat alami anak adalah meniru, mungkin saja anak akan meniru dirimu yang kasar dan mempraktekkan hal tersebut kepada orang-orang di sekitarnya.

www.youtube.com
www.youtube.com

Hal ini akan membuat anakmu menjadi pemberontak dan menghilangkan semua kepercayaan terhadap lingkungan sekitar. Jadi dia akan membuat dirinya sebagai seorang yang justru ditakuti dan teman-temannya enggan mendekat.

Apakah kamu mau melakukan kesalahan yang berdampak besar bagi kehidupan anakmu dikemudian hari? Sayangilah mereka dengan lembut dan penuh perhatian, agar mereka mendekat padamu dan tumbuh menjadi pribadi yang baik.