Dalam kehidupan sosial keluarga modern, perceraian adalah hal tabu yang telah menjadi sangat lazim di masyarakat Indonesia. Tentu saja ada dampak perceraian terhadap anak, hal inilah yang harus dipahami betul oleh orang tua yang telah bercerai.

presencia.digital
presencia.digital

Dalam kondisi apapun, perceraian orang tua sebenarnya tidak pernah akan menjadi pilihan anak. Namun, jika berbagai hal telah terjadi dan perceraian adalah pilihan terakhir, maka anak juga harus ikut menghadapinya.

Tetap saja kamu dan pasanganmu yang bercerai harus meminimalisir dampak perceraian terhadap anak. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan demi kepentingan dan kebaikan buah hati tercinta.

1Ajak Anak Berkomunikasi

coparently.com

Komunikasi sangatlah penting dalam perkembangan anak, apalagi ketika anak mendapati fakta yang sangat ‘mengacaukan’ emosinya, perceraian orang tua. Tentu saja orang tua harus hadir untuk memberikan pemahaman pada anak.

Pada titik tertentu, anak pasti akan menolak dengan keras, marah, murka, bahkan yang paling parah tidak akan mau berbicara dengan orang tua. Dalam kondisi semacam ini, kamu harus sabar dan mencoba cara lain.

Cara lain dapat berupa meminta bantuan anggota keluarga kamu lainnya, guru, atau bahkan teman-teman dari anakmu untuk menguatkan dan membujuknya agar mau mendengar penjelasan kamu.

Berat dan sukar memang, tetapi inilah yang harus kamu hadapi kalau kamu tetap bersikukuh untuk menempuh jalan perceraian.

2Jangan Pernah Bertengkar di Depan Anak

huffingtonpost.com

Seberapa pun besar masalah dan ketegangan konflik antara kamu dan pasangan, cukuplah anak tahu bahwa kalian ada masalah dan akan bercerai. Tetapi jangan pernah biarkan anak melihat, mendengar atau merasakan apapun yang kalian pertengkaran.

Anak butuh dukungan untuk tetap tegar dan kuat dalam kondisi broken home semacam ini. Dan cara inilah yang terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mendukung kestabilan emosi anak.

3Dukung Anak Kamu Agar Tetap Bisa Move On

myfamilylaw.net.au

Memang banyak contoh riil dalam masyarakat bahwa anak-anak broken home kerap berulah dan bermasalah. Namun, tidak sedikit juga anak-anak broken home justru melejit dan menjadi generasi terbaik di masa depan.

Kamu harus percaya dan mendukung anakmu untuk itu, untuk tetap berprestasi meski orang tua telah bercerai. Contoh anak negeri terbaik saat ini yang orang tuanya bercerai adalah Ricky Elson.

Kalau kamu belum mengenal Ricky, ia adalah seorang penemu mobil listrik dan kincir angin di Indonesia. Ia memiliki puluhan paten di perusahaan mesin Nidec Corporation, Jepang.

Kini Ricky fokus mengembangkan energi terbarukan di berbagai daerah di Indonesia dengan kincir angin pembangkit listrik miliknya. Ia juga memiliki beberapa site pengembangan pertanian dan pangan lewat Lentera Bumi Nusantara yang ia pimpin.

4Penuhi Keinginan Anak

rothassociates.ca

Anak selalu memiliki keinginan khusus saat orang tua bercerai. Cepat atau lambat anak akan mengerti dan paham bahwa perceraian memang jalan keluar terakhir yang dapat ditempuh.

Bersama dengan pemahaman ini, anak juga akan berpikir logis dan memikirkan berbagai hal yang mungkin bisa ia lakukan. Kamu harus mendorongnya untuk terbuka dan mengungkapkan apapun yang ia inginkan.

coparently.com
coparently.com

Pada beberapa titik mungkin anak akan menginginkan orang tua untuk rujuk. Tetapi pada titik lain, anak hanya menginginkan untuk kembali berkumpul bersama, sekedar jalan bareng, nonton bareng, atau liburan bareng.

Kamu dan pasanganmu yang telah berpisah harus memikirkan ini, jangan bersikap egois dan seketika menolak permintaan anak tanpa pertimbangan. Bahkan kamu haruslah mengupayakan untuk mengabulkan minimal satu dari sekian banyak keinginan anak.

SHARE