Siapa bilang pemandangan alam di luar negeri berhasil mengalahkan keindahan alam Indonesia? Di luar negeri memang banyak pemandangan eksotis namun, Indonesia juga tidak kalah hebat.

Negeri dengan jumlah pulau ribuan ini, memiliki lokasi-lokasi alam menawan yang belum banyak diketahui keberadaannya karena saking luasnya bentang dataran negeri kita.

Barangkali untuk saat ini, karena di beberapa lokasi wisata alam mengalami kerusakan akibat pengunjung yang lalai dan tidak mampu menjaga lingkungan, maka ada baiknya juga tempat wisata lain yang eksotis itu tetap tersembunyi demi menjaga keasriannya.

Kalau kemarin kita sudah mlihat-lihat pantai mana saja yang bisa dikunjungi saat berlibur bersama keluarga, maka sekarang saatnya kita mencoba aktivitas baru di alam bebas. Di alam bebas selain di laut lepas lho ya.

Di mana tempatnya? Danau!

1Danau Toba, Prapat, Sumatera Utara

maritim.go.id

Danau Toba terletak di dataran tinggi Sumatera Utara, bagian selatan dari kota Medan. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia.

Danau Toba terbentuk sejak 73.000-an tahun lalu yang panjangnya 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Kamu memerlukan waktu tempuh kira-kira 2 hingga 3 jam dari Kota Medan menuju daerah Prapat, Toba.

Istimewanya lagi, di tengah Danau Toba ini ada pulau Samosir yang biasanya bisa dikunjungi juga oleh para wisatawan.

Kamu tidak puas hanya melihat pemandangan saja? Tenang, di sini ada beberapa permainan dan olahraga air, seperti perahu genjot berbentuk bebek dan jet ski.

Jet ski bisa kamu gunakan jika ingin memacu adrenalin di Danau Toba, atau hanya ingin menelusuri setiap sudut danau dari atas air.

Tidak cukup hanya berkunjung sehari? Kamu bisa menginap di hotel atau cottage yang siap menampungmu selama berlibur di Prapat.

Untuk wisatawan muslim, jangan khawatir terhadap makanan. Meski mayoritas penduduknya nasrani, rumah makan dengan masakan halal sudah menjamur di mana-mana.

2Danau Sentani, Papua

wisatakerenindonesia.blogspot.com

Danau ini juga tak kalah indah dan luas dengan dananu toba. Letak Danau Sentani yaitu di bagian Timur Indonesia. Danau ini dihiasiĀ  juga dihiasi Gunung Cyclops di bagian utara.

Uniknya, pemandangan di Danau Sentani seakan merepresentasikan bentuk negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Di tengah danau sentani ada beberapa pulau yang tak kalah indah alam. Total ada 22 pulau di sekeliling Dananu Sentani.

Danau Sentani bagi sebagian warga menjadi lahan untuk mengais uang dengan memperdayakan ikan-ikan yang hidup di dalam danau.

3Danau Tiga Warna Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT)

pinterest.com

Setelah berjalan-jalan ke bagian timur Indonesia, maka sekarang kita pindah ke Indonesia bagian tengah, yaitu ke Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di sini ada keajaiban alam lain yang membuat Indonesia terkenal di seluruh dunia. Ada Danau Kelimutu, yaitu danau warna-warni yang merupakan bagian dari Gunung Kelimutu.

Danau Kelimutu terdiri dari tiga danau, yang masing-masing bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Ata Mbupu.

Luasnya sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.229 juta meter kubik. Kemiringan dindingnya mencapai 70 derajat dengan ketinggian 50 hingga 150 meter. Wow!

web-trotters.com
web-trotters.com

Warna tiga danau ini terdiri dari 3 jenis yaitu toska (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai), biru (Tiwu Ata Polo) dan hitam (Tiwu Ata Mbupu). Namun, warnanya bisa berganti-ganti sesekali.

Danau Kelimutu dikenal sebagai danau dengan perubahan warna yang cantik sekali. Para warga asli Flores percaya bahwa danau ini dihuni oleh roh, sehingga tidak bisa sembarangan memperlakukan danau ini (merusaknya).

Oh ya, jika kamu ingin berkunjung ke danau ini maka sebaiknya pilih waktu liburan pada bulan Juli dan Agustus, karena terkait dengan cuaca.

4Danau Batur, Bali

wisataloka.net

Danau Batur terletak di Kintamani, Pulau Dewata, Bali. Danau ini dikenal sebagai danau yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai Geopark Network alias Taman Bumi.

Kalau kamu ingin ke danau ini, kamu harus menempuh jarak 65 km dari Kota Denpasar menuju ke Kabupaten Bangli.

keberadaan danau ini erat kaitannya dengan ajaran agama hindu masyarakat Bali. Jika ada jasad dari warga Bali yang tidak bisa dibakar karena belum ada biaya pembakaran mayat, maka danau batur digunakan sebagai tempat penyimpanan jasad tersebut.

Kamu tidak perlu takut. Mayat-mayat itu berada di tempat tertentu di Danau Batur. Tidak akan mengganggu para wisatawan yang berjalan-jalan di sekeliling danau ini.

5Danau Maninjau, Sumatera Barat

planet.indonesiaz.com

Selanjutnya, Danau ajaib yang tak kalah menawan mata dan hati adalah Danau Maninjau di Sumatera Barat.

Suasana dan kondisi lingkungan di Danau ini yang terkenal tenang dan sunyi sangat cocok sekali untuk dikunjungi, beristirahat sejenak dari kesibukan dan kebisingan kota.

Tertarik berkunjung?

SHARE