Merantau menjadikan seseorang berada pada sebuah kondisi dimana dirinya harus keluar dari zona nyamannya. Berbeda saat masih tinggal dengan keluarga yang berlaku banyak toleransi dari orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Contohnya saat kamu tak sempat membersihkan dan merapikan tempat tidur, maka ibu yang biasanya akan membersihkan dan merapikan kamar kita. begitu pula saat sibuk mengerjakan tugas hingga lupa makan. Maka ada sosok ibu yang akan menyiapkan makanan untuk kita.

Hal-hal seperti itu tidak akan kamu dapatkan ketika berada di perantauan. Merantau sama artinya kamu dilepaskan di rimba raya kehidupan. Kedua orang tuamu pun tidak lagi dapat mem-back up kekuranganmu.

Di tanah rantau, kamu akan berjuang diri sendirian. Mungkin awalnya akan terasa asing. Namun setelah itu, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran di perantauan. Beberapa diantaranya seperti dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

1Manajemen Keuangan yang Baik

nehand.hol_.es

Jika kamu sedang berada di rumah dan kehabisan uang jajan, apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu akan minta kepada orang tuamu bukan? Namun bagi yang merantau, hal ini tidak berlaku lagi. Apalagi jika kamu selama ini bertahan hidup dari uang beasiswa.

Maka kamu harus cerdas dalam mengelola keuanganmu. Cobalah untuk membuat anggaran setiap awal bulan dan sesuaikan dengan jumlah pendapatanmu. Anggaran itu akan menjadi pedomanmu dalam setiap aktifitas mengeluarkan uang.

Jangan pula memiliki kebiasaan berhutang pada teman. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka keuanganmu akan semakin tidak sehat.

2Memiliki Pandangan Hidup Lebih Luas

efekgila.com

Selama kamu merantau, tentu akan menemui banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Mereka berasal dari lingkungan serta latar budaya yang bermacam-macam. Di sinilah kamu bisa belajar bagaimana bisa menerima perbedaan dan tidak menjadi orang yang egois.

3Berani Mengambil Resiko

danytrikusuma.blogspot.com

Bagi kamu yang sudah terbiasa merantau, akan sering menemui kondisi dimana harus mengambil resiko agar dapat terus bertahan hidup. Keberanian mengambil resiko itu berkaitan erat dengan banyaknya asam garam kehidupan yang kamu rasakan selama masa perantauan.

4Kamu Bisa Diandalkan

lullaby-of-eve.blogspot.com

Di tanah perantauan, tidak ada lagi yang dapat kamu andalkan selain dirimu sendiri. Setiap masalah yang terjadi, hanya kamu saja yang bisa mencari dan mendapatkan solusinya. Tidak ada lagi bayang-bayang nama besar orang tuamu. Kebiasaan ini akan bermanfaat untuk kehidupanmu mendatang.