Sampai saat ini sampah merupakan masalah yang masih sulit untuk diatasi. Beberapa sampah yang sulit bahkan tidak dapat terurai dalam tanah terbuat dari plastik dan kaca.

Alangkah baiknya sampah tersebut dapat didaur ulang dan dibuat menjadi sesuatu yang baru dan dapat digunakan kembali.

Daur ulang adalah proses mengolah barang bekas menjadi barang baru yang bertujuan mencegah adanya sampah.

Mengolah sampah menjadi barang baru mampu mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, meminimalisir kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca.

Kamu bisa mencoba mendaur ulang botol-botol kaca yang sudah tak terpakai menjadi sesuatu yang menarik dan bermanfaat.

1Tempat Makan Burung

architecturendesign.net

Jika kamu memelihara burung di rumah, manjakan mereka dengan membuat tempat makan cantik dari botol kaca bekas ini.

Kamu dapat menghiasnya dengan kawat dan dedaunan yang terbuat dari plastik. Burung peliharaanmu tidak akan kesulitan lagi jika mereka sedang kelaparan.

2Tempat Lilin

architecturendesign.net

Tempat lilin dari botol kaca ini dapat memperindah ruangan di rumahmu. Jika kamu ingin membuat tempat lilin tersebut kamu perlu memotong botol kaca terlebih dahulu.

Untuk memotongnya kamu perlu menyiapkan botol kaca bekas, minyak tanah, tali kenur, korek api, amplas untuk menghaluskan, wadah untuk tempat air dan air dingin.

Ikatkan tali kenur ke permukaan botol kaca secara melingkar sesuai tinggi yang diinginkan, kemudian lepaskan ikatan. Lalu rendam tali kenur dalam minyak tanah.

Bakar tali tersebut menggunakan korek api, kemudian botol diputar agar tali terbakar semua. Setelah api hampir padam, masukkan botol ke dalam wadah yang berisi air dingin.

Hatam bagian botol kaca tersebut hingga terbagi menjadi dua. Haluskan permukaan kaca bekas patahan yang akan digunakan memakai amplas.

Pastikan kamu menggunakan pelindung mata dan tangan agar tidak mengalami cedera saat memotong botol kaca tersebut.

Jika botol kaca sudah selesai kamu potong, kamu bisa membuat tempat lilin sesuai dengan keinginanmu.

3Dinding Taman

architecturendesign.net

Dinding taman yang terbuat dari botol kaca bekas ini dapat menarik perhatian banyak orang yang melihatnya.

Kamu perlu menyusun secara rapi dan perlahan dinding botol ini agar lurus beraturan dan tidak pecah. Berhati-hatilah dalam mengerjakannya.

4Gelas

architecturendesign.net

Jika kamu memiliki banyak botol kaca bekas, jangan dibuang! Buat saja botol-botol itu menjadi gelas yang dapat kamu gunakan kembali.

Kamu hanya perlu memotong botol kacamu sesuai dengan ketinggian yang diinginkan. Lalu, kamu akan mempunyai gelas baru dengan memanfaatkan barang bekas.

5Rak

architecturendesign.net

Kamu mempunyai botol kaca bekas yang cukup banyak? Pilah sesuai tingginya dan buatlah rak dari botol-botol itu.

Kamu hanya perlu menyusun botol dan kayu untuk kamu jadikan rak yang akan sangat berguna di rumahmu. Ini akan menghemat pengeluaranmu untuk membeli rak baru.

6Obor Botol Kaca

architecturendesign.net

Halaman rumahmu akan menjadi indah ketika malam datang saat kamu menyalakan api dalam obor yang kamu buat. Obor klasik ini akan menjadi hiasan yang menarik.

Kamu hanya perlu mengisi botol dengan minyak tanah dan beri sumbu, lalu gantungkan botol pada gantungan yang telah dibuat. Dan, jadilah obor cantik dari botol kaca bekas.

7Pot Tanaman

architecturendesign.net

Kamu ingin mempunyai pot tanaman yang berbeda dengan teman-temanmu? Buat saja pot itu dari botol kaca bekas, buatlah lubang pada bagian bawah botol terlebih dahulu.

Kemudian masukkan tanaman yang tumbuh merambat ke dalam botol tersebut. Ketika tanaman itu tumbuh akan terlihat akar yang menjuntai ke bawah dengan cantik.

8Tempat Bahan Makanan

architecturendesign.net

Kamu dapat memanfaatkan botol-botol kaca yang tak terpakai sebagai tempat untuk menyimpan bahan makanan yang mudah dimasukkan dan dikeluarkan dari dalam botol.

Kamu dapat menyimpan oatmeal, susu bubuk, tepung terigu dan bahan makanan lain ke dalam botol tersebut.

Silakan berkreasi dengan botol-botol bekas yang tak terpakai supaya menjadi barang yang bermanfaat.