boredpanda.com

Beginilah Cara Mendaur Ulang Krayon Agar Menjadi Baru Lagi

Posted on

Krayon, benda yang tidak asing lagi buatmu. Sedari kecil kamu sudah menggunakan benda itu untuk mewarnai segala macam gambar agar terlihat lebih sempurna. Tapi apakah kamu menggunakan krayon itu sampai habis tak bersisa? Jawabannya pasti tidak.

Terkadang ada saja krayon yang patah sehingga kamu enggan untuk memakainya lagi. Lalu kamu gunakan untuk apa sisa krayon yang tak terpakai itu? Apa hanya dibuang?

Seorang ayah yang tinggal di San Francisco mempunyai ide kreatif untuk membuat sisa-sisa krayon menjadi baru lagi dengan bentuk yang lebih tebal sehingga mudah untuk dipegang anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Pemikiran dari Bryan Ware ini muncul pada tahun 2011. Saat itu Bryan sedang merayakan ulang tahun anaknya di sebuah restoran. Ketika di dalam, seorang pelayan memberikan kedua putrinya beberapa krayon, kemudian timbul pertanyaan dibenak Bryan.

Akan dibuat apa krayon-krayon sisa dari anak-anak ini jika tidak terpakai lagi? Akhirnya ia menemukan ide yang sungguh brilian. Ia mengumpulkan krayon-krayon yang dibuang oleh beberapa restoran dan sekolah untuk diolah menjadi krayon yang baru.

Krayon yang telah di daur ulang itu kemudian dia berikan secara gratis untuk anak-anak yang berada di rumah sakit di seluruh California, Bryan menamai krayon barunya ini dengan nama Crayon Initiative.

Tujuannya membagi krayon tersebut agar anak-anak yang berada di rumah sakit itu dapat mengekspresikan diri dan berkreasi sesuai dengan keinginan mereka.

Beginilah cara Bryan Ware mendaur ulang krayon bekas menjadi baru kembali.

Mengumpulkan Krayon Sisa

boredpanda.com
boredpanda.com

Bryan harus mengumpulkan krayon-krayon sisa dari beberapa restoran dan sekolah dulu sebelum dia mendaur ulangnya. Krayon ini akan lebih bermanfaat ketika sudah berada di tangan Bryan daripada hanya terbuang sia-sia.

Melelehkan Krayon

boredpanda.com
boredpanda.com

Hal yang paling pertama dilakukan adalah melelehkan krayon terlebih dahulu. Sudah pasti kamu harus memilah-milah krayon yang akan kamu lelehkan sesuai warnanya, agar tidak tercampur satu dengan yang lainnya.

Menuang ke Dalam Cetakan

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah selesai melelehkan krayon-krayon tersebut. Bryan dibantu rekannya menuangkan lelehan krayon itu ke dalam cetakan yang dibuat secara khusus.

Jangan lupa untuk menyaring lelehan krayon supaya krayon yang masih menggumpal tidak masuk dalam cetakan.

boredpanda.com
boredpanda.com

Cetak krayon sesuai dengan warnanya masing-masing. Setelah dicetak tunggu krayon hingga menjadi dingin dan mengeras.

Mengeluarkan Krayon Dari Cetakan

boredpanda.com
boredpanda.com

Jika krayon sudah memadat, kamu dapat mengeluarkannya dari cetakan secara perlahan, supaya tidak ada krayon yang patah.

boredpanda.com
boredpanda.com

Sekali mencetak, Bryan bisa menghasilkan 96 batang krayon. Kemudian krayon-krayon itu diletakkan ke dalam sebuah wadah sesuai dengan warnanya masing-masing agar mempermudah dalam pengemasan.

Dibagikan ke Rumah Sakit

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah selesai memproduksi krayon-krayon sisa hingga menjadi baru lagi, Bryan pun mengemasnya dalam kardus yang cantik. Lalu Crayon Initiative siap untuk dikirim ke seluruh rumah sakit yang ada di California.

Hingga saat ini, Bryan telah mengirimkan lebih dari 2.000 kotak krayon yang dapat dimiliki dan digunakan oleh anak-anak yang berada di rumah sakit.

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah dikirim ke rumah sakit, maka krayon pun dapat diambil secara gratis oleh anak-anak yang menginginkannya.

Bryan mengatakan bahwa jika krayon buatannya ini mampu membuat anak-anak melupakan rumah sakit barang sepuluh menit saja, maka dia telah melaksanakan tugasnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Lihatlah ekspresi bahagia anak-anak ini. Mereka pasti senang memiliki krayon baru yang dapat digunakan untuk mewarnai semua gambar kesukaan mereka ketika berada di rumah sakit.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *