Apa kamu memiliki beberapa barang tak terpakai di rumah? Jangan berfikir untuk langsung membuangnya guys. Siapa tahu barang-barang tersebut masih bisa kamu manfaatkan kembali.

Mungkin awalnya mereka hanya tergelak di gudang bersama dengan tumpukan-tumpukan benda lain yang sudah usang. Nah, kamu bisa mulai memilah-milah barang yang sekiranya masih dapat didaur ulang menjadi sebuah benda baru.

Selagi mencari-cari, kamu bisa memikirkan beberapa ide kreatif untuk mengubah benda-benda lama itu menjadi sesuatu yang lebih berguna. Seperti beberapa barang berikut ini guys.

1Tempat Paku

architecturendesign.net

Mungkin kamu memiliki beberapa wadah kosong yang sudah tak terpakai lagi. Bisa banget lho kamu memanfaatkannya kembali. Seperti foto di atas. Kamu bisa menyimpan sekrup atau paku ke dalam wadah tersebut.

Kemudian, wadah berisi sekrup atau paku itu bisa kamu simpan bersama dengan alat-alat pertukangan yang lain. Memudahkanmu bukan?

2Gantungan Topi

architecturendesign.net

Terkadang memiliki banyak topi juga bisa membuat seseorang bingung. Kebingungan utama adalah “bagaimana cara menyimpannya”. Nah, ada ide bagus nih, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah gantungan baju dan beberapa gelang tirai shower.

Koleksi topi yang kamu miliki pun bisa tergantung rapi di gantungan khusus yang baru saja kamu buat.

3Botol Bumbu

architecturendesign.net

Botol selai yang sudah kosong biasanya hanya akan dibuang. Tapi tunggu dulu guys. Kamu masih bisa lho menggunakan mereka kembali. Botol-botol itu bisa kamu pakai untuk menyimpan bumbu-bumbu rempah.

Kamu hanya perlu memasukkan rempah-rempah ke dalam botol. Untuk mempermudah, kamu beri nama saja rempah-rempah apa yang ada di dalam botol tersebut. Selanjutnya, manfaatkan kulkas milikmu untuk menjadi rak penyimpanannya.

Botol bumbu itu tidak dimasukkan ke dalam kulkas ya guys. Tapi, kamu menempelkannya di pintu kulkas. Jadi, dalam tutup botol itu kamu rekatkan sebuah magnet agar si botol bisa menempel dengan aman di pintu kulkas.

4Tempat Gelang

architecturendesign.net

Coba tengok kembali gudang penyimpanan yang ada di rumahmu. Mungkin kamu menemukan beberapa botol bekas yang bisa kamu sulap menjadi tempat koleksi gelangmu yang sudah banyak dan tak teratur.

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu mencuci bersih botol bekas itu dan keringkan. Setelah itu, masukkan satu per satu gelang ke dalam botol tersebut agar lebih rapi.

5Gantungan Sepatu

architecturendesign.net

Untuk menyimpan sepatu yang jarang kamu pakai, gunakan saja beberapa gantungan pakaian. Sehingga sepatu-sepatu yang tadinya tak tertata dengan baik bisa diletakkan dalam lemari khusus yang kamu buat untuk menyimpan sepatu.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Begitu juga dengan sandal-sandal kesayanganmu. Ciptakan sendiri gantungan sandal cantik ini degan beberapa langkah saja. Siapkan beberapa gantungan baju yang terbuat dari kawat tebal. Kemudian potong bagian bawah kawat pas di tengah-tengahnya.

Lalu, kamu tarik potongan itu ke masing-masing sisi hingga menjadi seperti bentuk di atas. Gantungan sandal pun sudah bisa kamu gunakan.

6Tempat Alat Kebersihan

architecturendesign.net

Awalnya benda ini adalah sebuah tempat untuk menyimpan sepatu. Namun tak ada yang salah jika kamu membuatnya menjadi tempat untuk menyimpan beberapa alat kebersihan rumah tangga seperti di atas.

Setelah kamu tata dengan baik, kamu bisa menyimpan di satu sisi dapur maupun kamar mandi di rumahmu.

7Wadah Plastik

architecturendesign.net

Daripada menyimpan plastik yang begitu banyak sampai berhamburan tak jelas di dalam sebuah keranjang, lebih baik kamu gunakan tempat tisu basah yang sudah tak terpakai ini.

Kamu bisa mengorganisasi semua jenis kantong plastik dalam wadah tersebut. Lebih praktis dan simpel.

8Tempat Hair Clips

architecturendesign.net

Ukuran dan bentuk jepit rambut memang kecil, kalau suatu saat terselip pasti susah untuk dicari. Tapi, kamu bisa menggunakan magnet untuk menyimpannya mulai sekarang. Jadi, kamu bisa menatanya jepit rambut itu dengan lebih rapi dan baik.

9Rak Majalah

architecturendesign.net

Daripada bingung untuk menyimpan benda-benda dengan bentuk yang panjang seperti aluminium foil, plastik wrap, atau kertas lilin, gunakan rak majalah bekas yang hanya menganggur di dalam rumah. Benda-benda itu akan tersimpan lebih baik disana.

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Rak majalah tua yang sudah tak digunakan itu juga dapat menyimpan beberapa makanan kaleng lho.

SHARE