Saat buah hati dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, kamu mungkin akan dapat mengamati bahwa si kecil memiliki banyak permasalahan belajar. Barang kali salah satunya berkaitan dengan daya ingat anak yang kurang tajam.

Pendidikan anak yang terbaik sebenarnya haruslah langsung dari orang tua. Pengalaman belajar bersama orang tua akan membawa anak menuju keterjalinan hubungan batin dan perasaan dengan orang tua.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam bimbinganmu kepada si kecil untuk meningkatkan daya ingat anak.

1Biarkan Anak Mencoba

kidsatthecreek.com

Hal yang paling mudah membuat anak mengingat sesuatu adalah membuatnya mencoba sendiri. Anak akan mengerti dengan sangat teknis bagaimana melakukan hal ini dan itu.

Bagaimana hasilnya jika begini, bagaimana hasilnya jika begitu. Secara otomatis hal itu akan menjadi pengalaman dan tentu saja pengalaman itu adalah sebuah daya ingat anak.

Jadi, kamu dan pasangan jangan terlalu banyak melarang hal ini itu yang tidak terlalu berbahaya bagi anak anak. Biarkan si kecil belajar dengan kehendak dan tindakannya sendiri.

2Visualisasi dan Daya Ingat Anak

dyhengya.en.alibaba.com

Segala bentuk visual yang bersifat inderawi seperti gambar, suara, atau sentuhan akan memudahkan anak untuk mengingat sesuatu.

Tentu saja secara berkala hal ini akan diproses sebagai sesuatu yang ‘identik’ oleh otak anak. Muaranya? Tentu saja akan meningkatkan daya ingat anak.

3Repetisi

whatsupfagans.com

Nah, untuk membangun moral dan karakter anak, kamu harus melakukannya secara langsung. Misalnya kamu mengajari anak tentang kebersihan, maka sekali dua lakukan kegiatan membersihkan rumah yang menyenangkan bersama anak.

Dengan cara ini, daya ingat anak tentang sesuatu yang baik dan buruk akan terbangun sedikit demi sedikit. Repetisi atau pengulangan pada hal-hal moril semacam ini sangat penting untuk perkembangan si kecil.

4Hal-hal Baru

goingplacesmagazine.com

Ajak anak menemui hal-hal baru selama liburan panjang. Kamu bisa mengajaknya ke kebun binatang, aquarium, pantai penangkaran penyu, dan banyak lagi hal baru yang baru pertama kali dikenali anak.

Hal ini selain meningkatkan daya ingat anak juga akan menambah rasa ingin tahu anak pada hal-hal baru. Otomatis anak akan belajar banyak hal baru lebih detil dan lebih teknis.

5Talk the Walk

moms.ae

Hal penting yang mesti kamu biasakan saat memulai pembicaraan dengan anak adalah memancing ia bercerita tentang pengalaman yang ia dapat hari ini. Apapun pengalaman itu, baik, buruk, lucu, atau menakutkan harus kamu biasakan anak untuk bercerita.

Daya ingat anak akan terbentuk dari sini, dari hal-hal yang ia dapatkan setiap hari. Jika pengalaman itu sebuah masalah, maka kamu harus memancingnya untuk berdiskusi hingga tercapai penyelesaian yang tepat.

Jika pengalaman tersebut sebuah pencapaian, kamu harus bersikap antusias terhadap apapun dan sekecil apapun pencapaian anak kamu. Biarkan ia berproses menjadi pribadi yang berkembang secara kontinu.

6Main Game

blog.metagames.co.uk

Jangan sepelekan efek bermain game untuk meningkatkan daya ingat anak. Tentu saja bisa game apa saja, namun untuk mengantisipasi agar anak tidak kecanduan game, lebih baik kamu memainkan game sederhana seperti permainan kartu.

Kartu bergambar yang mempunyai banyak hubungan antar kartu lainnya akan memudahkan daya ingat anak dalam membaca pola hubungan benda. Terutama dalam proses recall memory atau memanggil ingatan tentang sesuatu yang pernah anak alami.

Bagaimana? Semua cara sederhana ini dapat kamu lakukan kapanpun di rumah bersama si kecil. Selamat belajar bersama anak dan meningkatkan daya ingat anak secara drastis dan fantantis.

SHARE