Setelah menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar tidak lantas melupakan passion awalnya di dunia seni.

Hal tersebut dibuktikan dengan keterlibatannya setiap tahun di layar kaca pada sinetron religi yang tayang rutin di bulan ramadhan; Para Pencari Tuhan.

Selain terus menggeluti passion, Deddy tidak lupa tugas dan kewajibannya saat ini sebagai pemimpin Jawa Barat.

Dengan potensi yang ia miliki dan kontribusi terhadap dakwah yang memang menjadi salah satu tujuannya bersedia menjabat sebagai wagub, Deddy membuktikan perannya untuk kemajuan wilayah dan masyarakat Jawa Barat.

Pengalaman Politik Deddy Mizwar

kabarrakyat.co
kabarrakyat.co

Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018, Deddy Mizwar diminta untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat dengan pasangan Calon Gubernur incumbent Ahmad Heryawan.

Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar bersaing dengan pasangan Cagub-Cawagub lainnya yaitu Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki, Dede Yusuf dan Lex Laksamana, Irianto MS Syafiuddin dan Tatang Farhanul Ilham, serta Dikdik Mulyana Arief dan Cecep Nana Suryana.

Gebrakan Budaya

nasional.republika.co.id
nasional.republika.co.id

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyampaikan ketertarikannya membuat film animasi “Si Kabayan”. Menurut Deddy, animasi akan menjadi kemasan baru tokoh fiktif tanah Pasundan itu dan bisa menguatkannya sebagai ikon Jawa Barat.

Deddy akan mereposisi tokoh Kabayan menjadi tokoh yang positif dan menginspirasi. Tokoh Kabayan ini akan kembali dimunculkan dengan image baru.

Ide Deddy Mizwar ini tentu tidak lepas dari kreativitas dan inovasi yang memang ia miliki sebagai potensi besarnya pada dunia seni.

Darah seni yang sudah mengalir dan mengakar kuat dalam jiwanya, ia gunakan ke arah kebaikan, sebagai bentuk dakwah kepada orang lain.

Jika sekarang orang-orang mendeskripsikan kesenian sebagai sesuatu yang begitu-begitu saja, cenderung terbatas pada dunia akting, menyanyi, komedi,

maka Deddy seolah menunjukkan bahwa dunia seni juga bicara tentang kecerdasan dan makna yang sangat dalam.

Proyek animasi Si Kabayan ini contohnya. Semoga sukses ya, Pak Wagub!

Jadikan Kabayan sebagai Ikon Jawa Barat

youtube.com
youtube.com

Menurut Deddy, selama ini si Kabayan lebih banyak dikenal sebagai sosok malas dan usil. Padahal, setelah ia menggali informasi dan mengkaji tentang tokoh tersebut, menurut Deddy, sbanyak karakter si Kabayan yang belum terangkat, seperti jujur, rajin dan alim.

Deddy berharap, tokoh Kabayan ini akan menjadi tokoh atau ikon Jawa Barat seperti Naga Bonar yang menjadi ikon Sumatera Utara.

Ketika saat ini Indonesia didominasi oleh berbagai macam tokoh kartun atau animasi dari barat, maka sudah saatnya ada gebrakan dan harus ada yang berani memulai.

Deddy Mizwar tergerak untuk memunculkan kembali kebudayaan daerah dengan cara kekinian, yaitu menjadikan tokoh Kabayan ditampilkan semenarik dan selucu mungkin, tetapi tetap dalam bingkai kebaikan.

Kabayan tidak dicitrakan sebagai seseorang yang malas dan bodoh, tetapi dimunculkan sebagai sosok yang cerdas, baik, dan bisa memberikan tauladan kepada masyarakat, khususnya anak-anak Indonesia.

Inisiasi Pribadi untuk Jawa Barat

kineklubumm.wordpress.com
kineklubumm.wordpress.com

Deddy menjelaskan, film animasi si Kabayan bukan program, Pemprov Jawa Barat. Menurut Deddy, proyek tersebut lahir dari gagasan dan inisiatif dirinya bersama rekan-rekannya sesama sineas, serta para pelaku industri kreatif, khususnya animator.

Menurut Deddy, dalam menggarap film tersebut, pihaknya akan melibatkan para annimator asal Cimahi dan tim yang terlibat dalam serial animasi “Adit dan Sopo Jarwo”.

Deddy dan tim bahkan telah melakukan presentasi di hadapan para investor dan hasilnya banyak investor yang berminat mendanai dan berinvestasi dalam pembuatan film animasi ini.

Deddy menambahkan, rencana pembuatan film tersebut juga sudah dibicarakan dengan pihak stasiun televisi. Komunikasi dengan staisun televisi, hanya tinggal pembicaraan tahap akhir.

Ide pribadinya ini layak mendapat sambutan meriah dan dukungan kuat dari pemerintah Jawa Barat.

Pasalnya, meskipun bukan program pemerintah provinsi, inisiasi menarik ini patut diapresiasi sebab latar belakang akan diciptakan ikon kabayan ini tentu bisa semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan sunda.

Semua orang, khususnya anak-anak, akan tertarik dengan Kabayan, kemudian mencari tahu dan akhirnya mengikuti pesan-pesan kebaikan yang disampaikan dan dicontohkan oleh tokoh Kabayan.

[td_smart_list_end]