Did you know? Tubuh kita memiliki kandungan air kurang lebih 75%, maka dari itu kita tidak akan bisa hidup tanpa air. Kita tetap bisa hidup meski tak makan makanan padat, namun kita tidak akan bisa bertahan hidup jika tanpa air.

Begitu pentingnya peran air hingga tubuh juga bisa menunjukkan reaksi buruk ketika kita mengalami kekurangan air atau dehidrasi, seperti berikut ini.

1Bau Mulut

rumahsunatan.com

Kurangnya cairan tubuh menyebabkan berkurangnya air liur yang diproduksi tubuh untuk membasahi rongga mulut. Nah, padahal, ketika mulut kering, inilah kesempatan baik bakteri berkembang biak sehingga menyebabkan bau tak sedap.

2Membuatmu Ingin Makan Makanan Manis

ihdarifkiya.blogspot.com

Seringkali otak salah mendefinisikan rasa haus dengan rasa lapar, terutama ketika kita mengalami dehidrasi saat setelah berolahraga.

Karena saat olahraga, tubuh menggunakan glikogen dalam jumlah banyak, itulah mengapa kamu lebih tertarik makan gula dan segala makanan manis yang bisa memuaskan nafsu makan. Padahal, sebenarnya kamu sedang haus.

3Mudah Lelah Saat Olahraga

sooperboy.com

Yups, olahraga perlu dilakukan dengan benar, jika tidak, kamu tak akan bisa mendapatkan hasil optimal membentuk otot atau membakar kalori tubuh.

Namun, saat dehidrasi, tekanan darah turun Guys, dan detak jantung lebih cepat sehingga kamu jadi mudah lelah dan tidak maksimal bergerak sesuai latihan yang benar. Kamu jadi mudah lelah dan mudah kram otot karena kurang cairan tubuh.

4Kulit Kering

cantikalamiku.com

Bukan rongga mulut saja yang kering Guys, tapi kulit juga jadi kering. Sel-sel kulit jadi menyusut dan kulit jadi kusam. Kulit kering yang terkena matahari bisa mempercepat kerusakan kulit lho.

5Menurunkan Konsentrasi

health.kompas.com

Saat tubuh kurang cairan, hal ini juga mempengaruhi asupan air ke dalam otak, apalagi saat pagi hari.

Kurang minum atau dehidrasi bisa membuat kamu tidak fokus dan kurang konsentrasi saat menyetir dan melakukan berbagai sesuatu.

Bukan itu saja, pasti kalian akan mudah mengantuk jika kurang cairan. Paling tidak, kita sebaiknya minum 1 gelas penuh air pagi hari setelah bangun tidur.

6Merusak Ginjal

obat-ginjal.net

Kurang minum air putih hingga dehidrasi bisa merusak ginjal hingga gagal ginjal karena ginjal jadi bekerja lebih keras menyaring darah yang mengental. Ternyata tidak tanggung-tanggung ya bagaimana dehidrasi itu merusak tubuh kita.

Yups, yang perlu kita lakukan adalah selalu berusaha menjaga keseimbangan caran tubuh agar jauh dari dehidrasi. Manfaatnya banyak kok, mulai dari no stress, kulit tetap segar dan lembab, hingga bebas dari gangguan ginjal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here