Tanaman hias memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghias pemandangan dan memberikan efek sejuk, rupanya ada beberapa jenis tanaman hias yang mampu menyerap berbagai polutan udara sebagaimana hasil penelitian dari NASA ataupun ALCA.

Bagi kamu yang menyukai tanaman hias di dalam ruangan, berikut ini beberapa tamanan hias yang bisa kamu letakkan di dalam ruangan sekaligus dapat menyerap polutan udara. Seru bukan?

1Lidah Buaya (Aloe Vera)

blog-netizen.com

Lidah buaya kaya akan manfaat. Sebagai penyembuh luka, penyubur rambut, bahan dasar farmasi dan industri kosmetik serta untuk makanan dan minuman kesehatan. Selain itu, lidah buaya juga dapat menetralisir polutan seperti formaldehida, benzena dan berbagai macam bahan kimia lainnya.

2Spider Plant (Chlorophytum comosum)

gemsandstems.ecrater.com

Tanaman hias berwarna kombinasi putih dan hijau ini berasal dari Afrika. Penyebarannya telah sampai di berbagai penjuru dunia. Memiliki ketinggian hingga mencapai 60 centimeter. Acapkali kita menemukan tanaman yang berbentuk mirip laba-laba ini sebagai penghias ruangan.

Tanaman spider plant memiliki kemampuan dalam menyerap berbagai polutan udara seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, xilena dan bahan kimia lain yang sebagian besar berasal dari industri karet dan percetakan.

3Gerber Daisy (Gerbera jamesonii)

freebeautifulpictures.com

Orang Indonesia sering menyebutnya dengan Herbras. Tanaman ini juga bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari Afrika Selatan. Memiliki kelopak warna warni dalam satu rumpun tanaman. Seringkali juga dijadikan sebagai bunga potong bersama anyelir, mawar, dan tulip.

Tanaman yang sangat cocok digunakan sebagai penghias ruangan ini memiliki kemampuan menetralisir racun trichloroethylene. Tepat jika diletakkan di kamar mandi, kamar tidur,atau ruangan mencuci.

4Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

hgtv.com

Namanya cukup gokil bukan? Meski demikian, tanaman hias yang sering digunakan di dalam ruangan ini memiliki kemampuan menetralisir berbagai macam racun yang terbawa oleh udara. Diantaranya seperti nikotin, karbonmonoksida, formaldehida, trichloroethylene, benzena, dan dioksin.

Hebatnya lagi, cukup dengan lima helai daun ‘lidah mertua’ dewasa, cukup untuk menetralisir racun yang ada dalam ruangan seluas 100 m3.

5Dragon Tree (Dracaena marginata)

willowrungrhse.com

Berasal dari Madagaskar dan Mauritius, tanaman berjenis semak ini mampu menyerap racun dalam ruangan. Diantaranya xylene, trichloroethylene, dan formaldehida. Kebanyakan racun ini akibat dari pernis dan bensin.