Emas, salah satu benda yang dianggap memiliki nilai jual tinggi oleh manusia. Mulai dari zaman dahulu hingga sekarang, emas selalu menjadi rebutan para khalayak ramai. Contohnya suatu peristiwa yang terjadi di tahun 1848.

Dikenal dengan istilah Demam Emas California, peristiwa itu sungguh membuat seluruh dunia menjadi heboh. Ratusan ribu orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan emas sebanyak-banyaknya sebagai bekal kehidupan mereka.

Beberapa orang berhasil mendapatkan emas yang mampu membuat kehidupannya berubah drastis dan sebagian lainnya sama sekali tak merasakan perubahan. Ingin tahu bagaimana asal terjadinya Demam Emas California ini? Yuk, simak bersama.

1Ditemukannya Bongkahan Besar Emas

etfdailynews.com

Bermula dari penemuan sebuah bongkahan emas berukuran besar di California. James Wilson Marshall, tukang kayu yang pertama kali menemukan bongkahan emas itu. Awalnya, ia hanya pergi untuk menebang kayu guna membangun rumah.

Tetapi, ceritanya menjadi berubah, keberuntungan menghampiri dirinya dengan menemukan bongkahan emas yang begitu besar. Berita mengenai penemuan emas ini pun segera tersebar ke seluruh dunia.

Hingga akhirnya, tempat Marshall menemukan bongkahan emas pun dikunjungi banyak orang asing. Beberapa mendapatkan hasil dalam pencariannya dan sebagian tadi tak mendapatkan apa-apa.

2Datangnya Orang Tiongkok

jadechocolates.wordpress.com

Terjadinya konflik dan penerapan pajak di Tiongkok pada tahun 1848 membuat rakyat mendapatkan berbagai macam masalah, khususnya rakyat dengan golongan menengah ke bawah. Hingga berita mengenai Demam Emas California pun sampai ke negara ini.

Banyak sekali warga Tiongkok yang berangkat menuju ke Amerika untuk ikut bergabung dengan ratusan orang lainnya dalam mencari emas di California. Warga Tiongkok pergi menggunakan kapal dan pertama kali tiba tanggal 2 Februari 1848 di San Fransisco.

Mereka kemudian menuju ke California tanpa tahu kebiasaan dan bahasa warga asli sana. Dan peruntungan mereka pun tak sia-sia. Banyak warga yang berhasil dan membagi hasil tambang emas mereka ke sanak saudara di Tiongkok.

3Larangan Warga Tiongkok untuk Datang ke California

www.tumblr.com

Musim panen yang gagal di Tiongkok, semakin membuat California dipenuhi warga negara Tiongkok. Semakin banyak orang Tiongkok yang menggantungkan hidupnya dengan turut menjadi penambang emas di California.

Mencapai 63.000 warga Tiongkok yang berada di California pun membuat pemerintah mengesahkan Chinese Exclusion Act atau aturan yang melarang datangnya warga Tiongkok ke negara tersebut.

4Terciptanya Celana Jeans

quotesgram.com

Berapa jumlah celana jeans yang kamu miliki di rumah? Apakah kamu tahu asal terciptanya celana jeans itu? Ternyata, Demam Emas California lah yang membuat celana jeans itu diciptakan.

Levi Strauss, lelaki New York yang bercita-cita menjadi pedangang sukses adalah orang yang membuat celana jeans itu ada. Awal cerita, Strauss pergi ke California dengan menjual barang daganganya, hampir semua barang yang dibawanya pun terjual habis.

www.thrillist.com
www.thrillist.com

Kemudian, ia tak sengaja mendapatkan ide yang menarik saat melihat tenda kanvasnya. Strauss mengubah tenda kanvas miliknya menjadi beberapa buah celana dan cukup diminati oleh para penambang emas di sana.

Bahannya yang kuat dan tahan lama menjadi alasan utama celana buatanya sangat laris manis. Strauss kemudian membuat desainnya semakin sempurna dengan memesan kanvas dari Genoa.

Kata Genoa yang mengalami perubahan lafal inilah yang membuat celana buatan Strauss itu disebut dengan jeans.

5Kantung Kecil Celana Jeans

kusam.mywapblog.com

Jika kamu perhatikan, pada celana jeans yang kamu miliki pasti terdapat sebuah kantung kecil di saku sebelah kanan. Tahukah kamu guna katung kecil itu untuk apa? Ternyata, ini merupakan ide Strauss untuk para penambang di California.

Penambang-penambang itu pasti membutuhkan tempat untuk mengumpulkan emas-emas yang didapatkan. Kemudian, Strauss pun merancang kantung kecil untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan emas.

Ternyata begitu asal muasal terjadinya Demam Emas California hingga ditemukkanya ide untuk membuat celana jeans yang sangat populer hingga masa kini.