Merencanakan rumah impian tentu saja sebuah agenda besar yang harus dipikirkan matang-matang oleh seluruh anggota keluarga. Kamu butuh merancang denah rumah minimalis untuk mewujudkan rumah baru kamu yang sederhana namun nyaman.

Jangan lupa libatkan anak-anak kamu, mereka juga berhak memilih di tempat seperti apa mereka akan tinggal. Ruangan seperti apa yang ia inginkan. Jadi, rumah baru kamu ini benar-benar harus menjadi rumah pilihan keluarga, bukan hanya pilihan kamu dan pasanganmu.

Nah, beberapa denah rumah minimalis ini bisa menjadi pilihan kamu dan keluarga.

1Dua Lantai, Empat Kamar

rightroots.com

Ini adalah denah rumah minimalis yang cukup ‘tidak minimalis’. Tentu saja karena dengan floor plan yang satu ini kamu bisa membagi ruangan di rumah kamu menjadi lebih dari 20 ruangan.

Seluruh kamar diletakkan di lantai atas, ruang keluarga juga berada di atas. Di bawah, garasi mobil memakan ruang sangat banyak, namun kamu tetap bisa membuat ruang tamu yang besar dan bahkan ruang belajar atau bisa kamu jadikan perpustakaan kecil.

2Satu Lantai, Tiga Kamar

rightroots.com

Untuk denah rumah minimalis yang satu ini, kamu akan punya tiga kamar. Dua kamar berukuran kecil dan satu kamar berukuran sedang. Sangat cocok buat kamu dan pasangan serta dua anak kamu.

Kamu juga bisa membuat taman sederhana di sekeliling rumah dan beranda terbuka sebagai tempat bersantai yang menentramkan untuk diskusi ringan bersama keluarga.

3Satu Lantai, Tiga Kamar Sederhana

homedesignlist.com

Bedanya dengan denah rumah minimalis sebelumnya, dunah rumah yang satu ini memiliki tiga kamar dengan besaran yang sama persis. Ruang tamu juga juga ‘satu ruangan’ dengan ruang makan dan dapur, tidak bersekat.

Hal ini karena sebagian besar ruangan telah dijadikan garasi yang memakan tempat cukup besar. Dua kamar mandi sudah sangat cukup untuk melengkapi denah rumah minimalis yang satu ini.

4Satu Lantai – Dua Lantai

rightroots.com

Dengan desain denah rumah minimalis yang satu ini, kamu bisa membuatnya menjadi satu lantai atau dua lantai. Jika satu lantai, berarti kamu hanya akan mempunyai satu kamar di rumah kamu ini.

Namun, jika kamu mengubahnya menjadi dua lantai, satu kamar lainnya bisa kamu tempatkan di bawah. Dapat juga dibuat seluruh ruangan di lantai atas dijadikan kamar, sehingga kamu bisa memiliki tiga kamar dengan ukuran yang kurang lebih sama.

5Rumah Kotak, Dua Lantai

homedesignlist.com

Jika kamu hanya memiliki tanah yang kecil atau sedang dengan ukuran benar-benar kotak, desain denah rumah minimalis yang satu ini bisa jadi pilihan kamu yang paling tepat.

Seluruh kamar akan berada di lantai atas, totalnya sejumlah 3 kamar. Di bawah, kamu akan puya ruang tamu yang besar. Ruang makan dan dapur berukuran sedang sangat cukup untuk kamu dan keluarga. Kurangnya? Tidak ada tempat untuk garasi mobil.

6Dua Lantai, Empat Kamar

staycotswold.com

Nah, desain rumah minimalis yang satu ini sangat pas buat kamu dan pasangan yang berencana mempunyai banyak momongan.

Terdapat 4 kamar di lantai atas, sedangkan di bawah ada ruang yang cukup untuk taman kecil atau garasi mobil, tepat di depan ruang belajar.

7Satu Lantai, Letter L Sederhana

homedesignlist.com

Bentuk denah rumah minimalis yang satu ini memang pas untuk tanah dengan ukuran yang kecil dan sederhana. Namun, kamu masih tetap bisa memiliki 3 kamar tidur dan garasi mobil yang cukup luas di depan rumah.

Bagaimana? Denah rumah minimalis yang mana paling tepat untuk rencana kamu dan keluarga?